mungkin rizqi anda :

Selamat Datang ! Selamat Membaca ! jumlah pengunjung dari negara: ...

free counters

Sabtu, 13 Maret 2010

KEWAJIBAN SUAMI UNTUK SABAR


Meneladani sikap Umar bin Khattab

Alkisah di masa Khalifah Umar bin Khattab, diriwayatkan ada seorang menghadap khalifah Umar bin Khattab bermaksud hendak mengadukan perihal perangai buruk istrinya. Sampai di depan rumah yang dituju, orang itu menanti khalifah Umar bin Khattab di depan pintu. Saat itu ia mendengar

istri Umar bin Khattab mengomeli dirinya, sementara Umar bin khattab sendiri hanya berdiam saja tanpa bereaksi. Orang itu bermaksud balik kembali sambil berguman : “ kalau keadaan Amirul Mu’minin Umar bin Khattab saja begitu, bagaimana halnya dengan diriku “.
Bersamaan dengan itu Umar bin Khattab keluar, ketika melihat orang itu hendak kembali, Umar bin Khattab memanggilnya. Katanya : “ Ada keperluan penting ? “ ia menjawab : “ Amirul mu’minin, kedatanganku ini sebenarnya hendak mengadukan perihal istriku lantaran suka memarahiku. Tetapi begitu aku mendengar istrimu sendiri berbuat serupa , maka aku bermaksud kembali. Dalam hati aku berkata : Kalau keadaan Amirul Mu’minin saja diperlakukan istrinya seperti itu, bagaimana halnya dengan diriku “.
Umar berkata kepadanya : “ saudaraku sesungguhnya aku rela menanggung perlakuan seperti itu dari istriku, karena adanya beberapa hak yang ada padanya. Istriku bertindak sebagai juru masak makananku, Ia selalu membuatkan roti untukku. Ia selalu mencucikan pakaian-pakaianku. Ia menyusui anak-anakku , padahal semua itu bukan kewajibannya. Aku cukup tenteram tidak melakukan perkara haram lantaran pelayanan istriku. Karena itu aku menerimanya sekalipun dimarahi “.
Kata orang itu : “ Amirul Mu’minin, demikian pulakah terhadap istriku ? “ Jawab Umar : “ Ya , terimalah marahnya. Karena yang dilakukan istrimu tidak akan lama, hanya sebentar saja.
Demikian riwayat yang bisa dijadikan pelajaran untuk para suami agar memiliki kesabaran dalam menghadapi perangai istrinya, semata-mata demi tercapai keluarga sakinah mawaddah wa rohmah.

Silahkan baca juga artikel di bawah ini...



Widget by Hoctro | Jack Book

Tidak ada komentar:

Posting Komentar