woro woro

mungkin rizqi anda :

Selamat Datang ! Selamat Membaca ! jumlah pengunjung dari negara: ...

free counters

Rabu, 07 April 2010

SEJARAH ISLAM DI INDONESIA


TEORI MASUKNYA ISLAM DI INDONESIA
Beberapa pendapat dari pakar tentang masuknya Islam ke Indonesia :
Hoesin Djajadiningrat
Islam masuk melalui Iran ( Persia )
Bukti : ejaan dalam tulisan arab
Pemakaian gelar syah juga biasa di pakai di Persia, digunakan
oleh raja Malaka pada abad 15
Soejipto Wirjosoeparto
Islam masuk melalui Gujarat, India
Bukti : makam raja islam di Samudra Pasai, Aceh Utara yang ...

yang nisannya
terbuat dari marmer buatan Gujarat
Snouck Hurgronye dan Moquette dari Belanda
Islam masuk melalui Gujarat, India
Bukti : berbagai batu nisan di Nusantara, termasuk makam Maulana
Malik Ibrahim di Gresik mempunyai bentuk sam dengan batu
nisan di Cambay, Gujarat, India
Haji Abdul Malik Karim Amrullah (Hamka)
Islam masuk melalui Mesir dan Mekkah
Bukti : ~ sebagian masyarakat memeluk islam bermadzhab Syafi’i,
seperti yang dianut di Mesir
~ Gelar yang dipakai Samudra Pasai adalah gelar raja- raja mesir,
al Malik
Alwi Shibab
Islam masuk ke Nusantara pada abad pertama Hijriyah (abad 7M )
Dibawa oleh pedagang – pedagang sufi – Muslim
Bukti : berita cina dari periode Dinasti Tang, meyatakan bahwa ada
pemukiman di cina
Jadi jalur penyebaran Islam di Indonesia : Gujarat, Mesir, Persia, dan Arab

Bukti masuknya Islam di Indonesia
Proses masuknya agama dan kebudayaan Islam di Indonesia belum jelas, tapi ada sumber data yang dapat dipakai :
Berita Cina dari Dinasti Tang
Ada serangan orang – orang Ta shih, tahun 674M terhadap kerajaan Holing ( Kalingga ) oleh Ratu Sima
Sebutan Ta shih ditafsirkan sebagai orang – orang Arab dan Persia
Berita Arab
Pedagang Arab yang beragama islam telah mengadakan perdagangan di Sriwijaya, Selat Malaka, sekitar abad 8
Bukti : Sebutan Sribuza, Zaba, atau Zabag dari Sriwijaya
Ditemukan batu tulisan Arab di Leran, dekat Gresik
Memuat tentang meninggalnya seorang wanita, Fatimah binti Maimun, dengan angka tahun 1082M
Berita dari Marcopolo, seorang musafir dari Venesia
Perjalanan dari Cina ke Persia, ia singgah di Peurela ( Perlak ), Aceh, tahun 1292
Marcopolo banyak menemukan penduduk beragama ilam dan pedagang dari Gujarat yang giat menebarkan agama
Adanya makam Sultan Malik Al Saleh ( 1297 , seorang raja dari kerajaan Samudra Pasai
Berita dari Ibnu Batutah ( 1345 – 1346 )
Seorang utusan dari Sultan Delhi ( India ) ke Cina, yang menyatakan bahwa di Sumatra ada kerajaan Islam
Makam Islam Tralaya di Trowulan yang pada nisannya memuat angka tahu 1369 – 1611
Berita dari Ma Huan, musafir Cina beragama Islam
Bahwa tahun 1416 telah ada pedagangIslam yang tinggal di pantai utara Jawa
Makam Maulana Malik Ibrahim di Gresik, yang merupakan saudagar Islam yang mengadakan penyiaran agama Islam di Jawa

Penyebaran agama Islam
Golongan penyebaran agama Islam di Indonesia adalah sebagai berikut :
Pedagang dari Arab
Golongan Mubalig atau guru agama Islam
Golongan Sufi ( Ahli Tasawuf ), abad 13
Para wali penyebar agama Islam, Sunan Tembayat, Sunan Lawu, Sunan Sendang, Dan Sunan Mojo Agung
Para wali luar Jawa, Datuk Ri Bandang dan Datuk Sulaiman penyebar di Sulwesi, Datuk Ribandang dan Tuan Tunggang Ri Parangan di kutai
Para wali yang dikenal dengan Wali Songo
Sunan Maulana Malik Ibrahim, yang diduga berasal dari Persia dan berkedudukan di Gresik
Sunan Ngampel berkedudukan di Ngampel, Surabaya
Sunan Bonang, putra dari sunan Ngampel, tinggal di Bonang, dekat Tuban
Sunan Drajat, putra dari sunan Ngampel, berkedudukan di Drjat, dekat Sedayu, Surabaya
Sunan Giri berkedudukan di Bukit Giri, dekat Gresik
Sunan Kalijaga, putra Tumenggung Wilatikta, Bupati Tuban, berkedudukan di Kadilangu, dekat Demak
Sunan Kudus, putra Raden Usman Haji yang beergelar Sunan Ngandung di Jipang Panolan, berkedudukan di Kudus
Sunan Muria berkedudukan di Muria, Kudus
Sunan Gunung Jati dari Pasai, Utara Aceh, berkedudukan di gunung Jati, Cirebon

Saluran Asimilasi
Proses penyebaran dan perkembangan agama dan kebudayaan Islam selain dengan perdagangan juga melalui :

Perkawinan
Banyak para pedang islam, Gujarat menikah dengan penduduk setempat terutam putri raja / bangsawan karena dengan itu banyak bangsawan dan kerajaan masuk ke Islam
Pendidikan
Para ulam mendirikan pondok pesantren, di situlah para santri mengapdapat pelajaran agama islam, karena dengan cara itu islam terus berkembang di daerah terpecil
Dakwah di Kalangan Masyarakat
Penyebaran islam di Jawa tidak dapat dipisahkan dengan pernan wali songo.
Wali adalah sebutan bagi orang – orang yang sudah mencapai tingkat
pengetahuan dan penghayatan agama Islam yang sangat dalam dan sanggup
berjuang untuk kepenting agama
Kesenian
Penyebaran isalm dilakukan dengan jalan kesenian karena pada waktu itu Hindhu-
Budha masi berakar kuat
Mereka tidak mengganti kebudayaan tersebut, melainkan menggunakan
kebudayaan tersebut sebagai sarana penyebaran islam
Seni yang berpengaruh : seni bangunan, seni pahat, seni ukur, seni tari
Ajaran Tasawuf
Cara meendekatkan diri pada Allah dengan meninggalkan kehidupan duniawi
Istilah tasawuf merupakn bentuk masdar dari kata sufi yang berarti wol, tasawuf
sering disebut sufi karena mengenakan pakaian wol
Tokoh tasawuf : Hamsah Fansuri, Syamsuddin, Nur al-Din ar-Raniri, dan Abdul al-Rauf

Faktor-faktor penyebab Islam mudah diterima di Indonesia
Islam adalah agama yang Demokratis
Islam tidak mengenal perbedaan kasta
Syarat masuk islam sangat mudah hanya dengan mengucapkan 2 syahadat
Islam bertoleransi tinggi pada agama yang sudah ada waktu itu
Islam tidak mengenal perbedaan sosial, warna kulit, dll
Penyebaran dilakukan secara damai

Penyebaran Agama Islam dan Pertumbuhan Kota serta Jaringan Ekonomi
Kaum pedagang Islam melakukan perdagangan di sepanjang pesisir, muncul kota
dagang besar lalu saling berhubungan dan membentuk jaringan ekonomi yang
dikuasai dagang islam
Seiring menyebarnya agama islam di Indonesia, mulainya bermunculan pula kota
– kota yang umumnya berlokasi di pesisir – pesisir dan di muara suangai besar,
contoh : Samudra pasai,Aceh
Pesisir Jawa Utara sampai Maluku sebagian besar ada di tangan Islam
Bupati di pesisir yang pertama merupakan bawahan Majapahit, lama – lama
melepaskan diri dan menjalin hubungan dengan pedagang islam

Pembentukan Jaringan Intelektual pada Masyarakat
Pemikiran yang menonjol pada periode ini alalah pemikiran Tasawuf
Berkembangnya duna pemikiran Islam ternyata berpinda – pindah
Ulama mencari kerajaan yang sedang berkembang untuk didekati dan
menyebarkan Islam
Ulama adalah santri yang sudah lulus dan orang – orang yang pulang haji adalah
para intelektual Islam
Ulama memainkan peran sebagai pe megang kuasa hukum (Yudikatif), penguasa
(sultan), dan memegang Kekuasaan politik (eksekutif)
Sejak hubungan Indonesia dan Mekah sudah berjalan lancar , mereka yang telah
lama bermukim di Mekah akan menyebarkan ajaran – ajaran yang diterima dari
syeikh – syeikhnya setelah kembali ke Nusantara
Selam disan mereka bergaul dengan pernduduk seagama dan banyak membawa
pembaharuan di Indonesia

Perkembangan Pendidikan
Mendidik orang tersebut mengerti seluk beluk orang islam
Melalui pesantren yang diasuh oleh para ulama dan kiai yang memberikan
pengetahuan agama
Campuran dua aspek penting dalam agama islam adalah pendidikan dan dakwah
Para ulama yang telah masuk ke kalangan elite kerajaan mempunyai pengaruh
besar dalam bidang politik melalui raja dan kaum bangsawan

Perkembangan Kesenian
Seni Bangunan
Kehadiran Islam telah mendorong lahirnya ciptaan baru dalam seni bangunan
yang disesuaikan dengan kebutuhan, contoh : mesjid dan makam
Seni Ukir
Untuk memperhias mesjid di bagian mimbar saja dan bangunan makam dibagian
jirat, nisan, cungkupnya, dan tuang cungkupnya. Daun, bunga teratai, bukit
karang, dan pemandangan
Kaligrafi
Seni menulis indah dengan merangkaikan huruf – huruf Arab atau ayat suci al
Qur`an sesuai dengan berntuk yang diinginkan
Seni Tari
Banyak di Indonesia terdapat bentuk – bentuk tarian yang berkaitan dengan
bacaan shalawat
Seni Pertunjukan
Berupa pagelaran wayang campuran kebudayaan Jawa dan unsur Islam

Perkembangan Kesusastraan
Hikayat (sejarah – dongeng)
Dongeng yang biasanya berisi tentang keajaiban, bangak hikayat berpangkal dari tokoh sejarah atau peristiwa yang benar – benar terjadi
Babad (dongeng – sejarah)
Dongeng yang sengaja diubah menjadi sejarah, dalam babad tokoh, tempat, peristiwa hampir semua ada dalam sejarah, tapi pengambilan gambarnya terlalu berlebihan
Suluk
Kitab yang menguraikan tentang tasawuf. Kitab Suluk bersifat Pantheisme, menjelaskan tentang bersatunya Tuhan dengan manusia
Ada juga pujangga Kerajaan atau para wali menghasilkan karya Suluk :
pujangga Banten Sunan Bongang, mengembangkan ilmu suluk dlm Kitab Bonang
Hamzah Fansuri, puisi yang bernapaskan islam, co : Perahu
Syeik yusuf, ulam makasar diangkat sebagai

Proses percampuran budaya lokal, Hindu Budha dan Islam
Seni Bangunan
Makam
Fisik Bangunan
Pada Islam sering dijumpai bagunan kijing, kadang disertai cungkup diatasnya. Adanya bangunan tersebut karena adanya ciri bangunan candi dalam Hindhu.
Tata Upacara Pemakaman
dalam tatacara pemakaman terlihat jelas dalam acara sesuadah pemakaman. Tradisi memasukan jenasah ke peti (megalitikum), tradisi penaburan bunga, selamatan 3 hari, 7 hari, 40 hari, 100 hari, 1 tahun, 2 tahun, 1000 hari
Penempatan Makam
Penempatan makam ditempat lebih tinggi
contoh : makam raja – raja Mataram di Bukit Imogiri
Penempatan makam di dekat mesjid / Kompleks masjid makam, biasanya para wali berdekatan dengan masjid
contoh : Masjid Demak, Kadilangu, dan Sendang Duwur
Masjid
Bentuk Bangunan dan Denahnya
Masjid Indonesia, berbentuk pendopo dengan komposisi bujur sangkar beratap tumpang
Ciri Khusus majid dari Timur tengah, biasanya tap berbentuk kubah, tetap Jawa diganti dengan tumpang, dengan jumlah susunan 2, 3, 5
Menara
Selain kubah, menara juga merupakan perlengkapan masjid
Berfunsi untuk menyerukan azan, yaitu waktu salat dalam Islam
Letak Bangunan
Letak masjid tidak diatur secara khusus
Penempatan masjid Indonesia khususnya masjid Jami, diatur sedemikian rupa yang berkomposisi Mocopat, masjid diletakan sebelah barat alun – alun, dekat dengan istana
Seni Rupa
Cabang seni rupa yang berkembang yaitu seni ukir dan lukis
Pola meniru zaman Pra- Islam, seperti bunga, daun, kepala kijang, garis geometri, bukit
Pada zaman itu seni rupa juga disebut dengan kaligrafi
Kaligrafi merupakan rangkaian huruf arab yang dirangkai sedemikian rupa. Jika dilihat menyerupai binatang, pewayangan, dan lukisan – lukisan

Seni Tari
Di Indonesia banyak tarian yang berkaitan dengan bacaan selawat dan sangat
dipengaruhi oleh tasawuf
Dalam acara memperingati hari kelahiran Nabi Muhamad juga dinyanyikan
pujian kepada nabi Muhammad SAW
Selain untuk memperingati nabi, upacara maulud nabi ditambah dengan acara
khusus

Seni Aksara
Seiring kedatangan Islam masuk juga unsur budaya berbentuk huruf Arab,
yang dipakai dalam kitab suci Islam
Huruf Arab diolah menjadi bentuk sederhana menjadi huruf arab yang dipakai
di daerah – daerah menggunakan bahasa daerah setempat
Huruf arab yang dikenal sebagai huruf Gandul atau Gondil, berkembang
di Sumatra dan menyebar di Indonesia

Seni Sastra
Kesustraan Islam banyak berkembang di daerah sekitar Malaka dan Jawa
Pengaruh kuat dari persia
Dipengaruhi juga oleh Hindhu – Budha
Cara penulisan zaman Ilam dengan bentuk gancaran dan tembang
Cerita yang ditulis dalam bentuk gancaran disebut Hikayat, sedangkan
dalam bentuk tembang disebut syair

Sistem Pemerintahan
Penyebutan nama raja
 Raja : sultan, sunan, panembahan, maulana
 Nama raja yg memakai nama Hindu berganti nama Islam : paramisora Sultan Iskandar Syah
 Di Jawa namanya scr turun temurun : Pakualaman I, Hamengkubuwono X

Sistem pengangkatan raja
Mengacu pada cara pengangkatan raja pada masa sebelumnya.
Pengangkatan raja di Aceh dilakukan oleh ulama, Demak oleh wali.

Sistem Kalender
Kalender hijriyah masuk ke Indonesia bergabung dengan kalender saka kalender jawa.
Nama bulan sesuai dengan nama tahun hijriyah.
Kalender jawa pada masa Sultan Agung dari Mataram

Filsafat ( tasawuf)
Aliran kebatinan Munculnya ajaran manunggaling kawula gusti, ajaran ini perpaduan unsur Islam & unsur budaya pra Islam.
Kharisma Wali wali sebagai penyebar agama islam memiliki kelebihan kharisma luar biasa disebut kesaktian.

Filsafat Dalam Seni Budaya
1. Sumber Babad Tanah Jawi, pendirian Masjid Demak.
2. Menyebarkan agama Islam, para wali menggunakan wayang.

Silahkan baca juga artikel di bawah ini...



Widget by Hoctro | Jack Book

1 komentar:

  1. RUMAH SAKIT ISLAM SAKINAH MOJOKERTO
    Jalan RA Basuni 12 Sooko
    Kabupaten Mojokerto
    Jawa Timur indonesia
    Phone: (0321) 321922, 326991, 329669. Sms:085648280307
    Fax: (0321) 329670
    Email: rsisakinah@telkom.net

    BalasHapus