mungkin rizqi anda :

Selamat Datang ! Selamat Membaca ! jumlah pengunjung dari negara: ...

free counters

Jumat, 26 Maret 2010

PEMANFAATAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN


MEDIA PENDIDIKAN
Kata Media berasal dari bahasa Latin yang merupakan bentuk jamak dari Medium. Dalam bidang Pendidikan, Media Pendidikan berarti media yang digunakan sebagai alat dan bahan kegiatan pembelajaran.
Dalam proses belajar mengajar terjadi proses komunikasi, penyampaian pesan dari pengantar ke penerima. Pesan berupa isi/ajaran yang ...

dituangkan ke dalam symbol-simbol komunikasi baik verbal ( kata-kata dan tulisan ) maupun non verbal. Proses ini disebut Encoding. Penafsiran simbol-simbol komunikasi tersebut oleh siswa disebut Decoding.
Penafsiran oleh siswa terhadap symbol-simbol komunikasi ada kalanya berhasil, dan adakalanya tidak. Maka terjadilah kegagalan atau ketidak berhasilan siswa dalam memahami apa yang didengar, dibaca, dilihat atau diamati. Penghambat yang menyebabkan kegagalan atau ketidak berhasilan dalam proses komunikasi dikenal dengan istilah noise atau barrier. Semakin banyak verbalisme, semakin abstrak pemahaman yang diterima.Maka peranan Media pembelajaran menjadi penting dalam bidang pendidikan.
Secara umum Media mempunyai kegunaan :
1. memperjelas pesan agar tidak terlalu verbalistis
2. mengatasi keterbatasan ruang, waktu, tenaga dan daya indera
3. menimbulkan gairah belajar, interaksi lebih langsung antara murid dengan sumber belajar
4. memungkinkan anak belajar mandiri, sesuai dengan bakat dan kemampuan visual, auditori dan kinestetiknya
5. memberi rangsangan yang sama , mempersamakan pengalaman dan menimbulkan persepsi yang sama
selain itu , kontribusi media pembelajaran menurut Kemp and Dayton, 1985:
1. Penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih terstandar
2. pembelajaran dapat lebih menarik
3. pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan menerapkan teori belajar
4. waktu pelaksanaan pembelajaran dapat diperpendek
5. kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan
6. proses pembelajaran dapat berlangsung kapanpun dan di manapun diperlukan
7. sikap positif siswa terhadap materi pembelajaran serta proses pembelajaran dapat ditingkatkan
8. peran guru berubah ke arah positif

Karakteristik dan kemampuan Media perlu diperhatikan oleh guru agar mereka dapat memilih media mana yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan. Berikut ini daftar kelompokMedia instruksional menurut Anderson, 1976 :
1. Audio : pita audio ( rol atau kaset )
: piringan audio
: radio ( rekaman siaran )
2. cetak : buku teks program
: buku pegangan/manual
: buku tugas
3.Audio – Cetak : buku latihan dilengkapi kaset
: gambar/poster ( dilengkapiaudio )
4. Proyek Visual Diam : film bingkai ( slide )
: film rangkai ( berisi pesan verbal )
5. Proyek Visual Diam dengan Audio : film bingkai ( slide ) suara
: film rangkai suara
6. Visual Gerak : film bisu dengan judul ( caption )
7. Visual gerak dengan Audio : film suara
: video/vcd/dvd
8. Benda : benda nyata
: model tiruan ( mock up )
9. Komputer : media berbasis computer , CAI ( Computer Assisted Instructional )
dan CMI ( Computer managed Instructional )

KLASIFIKASI DAN JENIS MEDIA

KLASIFIKASI : JENIS MEDIA
Media yang tidak diproyeksikan Realita, model, bahan grafis, display
Media yang diproyeksikan OHT, Slide, Opaque
Media Audio Audio kaset, Audio Viision, active Audio Vission
Media Video Video
Media Berbasis Komputer Computer assisted Innstructional ( Pembelajaran
Berbasis Komputer )
Multimedia kit Perangkat Praktikum

Media yang tidak diproyeksikan :
- Realita : Benda nyata yang digunakan sebagai bahan belajar
- Model : Benda tiga dimensi yang merupakan representasi dari benda
sesungguhnya
- Grafis : gambar atau visual yang penampilannya tidak diproyeksikan ( Grafik,
Chart, Poster, Kartun )
- Display: Medium yang penggunaannya dipasang di tempat tertentu sehingga
dapat dilihat informasi dan pengetahuan di dalamnya
Media Video
- Kelebihan
- Dapat menstimulir efek gerak
- Dapat diberi suara maupun warna
- Tidak memerlukan keahlian khusus dalam penyajiannya
- Tidak memerlukan ruangan gelap dalam penyajiannya
- kekurangan
- memerlukan perlatan khusus dalam penyajiannya
- memelukan tenaga listrik
- memerlukan keterampilan khusus dan kerja tim dalam pembuatannya
Media Berbasiskan Komputer
Bentuk interaksi yang dapat diaplikasikan
- praktek dan latihan ( drill &practice )
- tutorial
- permainan ( games )
- simulasi ( simulation )
- penemuan ( discovery )
- pemecahan masalah ( problem solving )
( Heinich, et .al 1996 )
Kemajuan media computer memberikan beberapa kelebihan untuk kegiatan produksi audio visual. Pada tahun-tahun belakangan computer mendapat perhatian besar karena kemampuannya yang dapat digunakan dalam bidang kegiatan pembelajaran. Ditambah dengan teknologi jaringan internet, computer seakan menjadi primadona dalam kegiatan pembelajaran.
Dibalik kehandalan computer sebagai media pembelajaran terdapat beberap persoalan yang sebaiknya menjadi bahan peertimbanganawal bagi pengelola pengajaran berbasis computer :
1. perangkat keras danlunak yang mahal dan cepat ketinggalan jaman
2. teknologi yang sangat cepat berubah, sangat memungkinkan perangakat yang dibeli saat ini beberapa tahun kemudian akan ketinggalan jaman
3. pembuatan program yang rumit serta dalam pengoperasian awal perlu pendampng guna menjelaskan penggunaannya. Hal ini bias disiasati dengan pembuatan modul pendamping yang menjelaskan penggunaan dan pengoperasian program

Pemakaian Komputer dalam Proses Belajar
Dalam kegiatan belajar dengan computer digunakan istilah CAI dan CMI.

CAI ( Computer Assisted Instructional ) :
yaitu penggunaan computer secara langsung dengan siswa untuk untuk menyampaikan isi pelajaran, memberikan latihan dan mengetes kemajuan belajar siswa. CAI ( Computer Assisted Instructional ) juga bermacam-macam bentuknya tergantung kecakapan pendesain dan pengembang pembelajarannya, bisa berbentuk permainan ( games ), mengajarkan konsep-konsep abstrak yang kemudian dikonkritkan dalam bentuk visual dan audio yang dianimasikan.

CMI ( Computer managed Instructional ):
Digunakan sebagai pembantu pengajar menjalankan fungsiadministratif yang
meningkat, seperti rekapitulasi data prestasi siswa, database buku/e-library, kegiatan
administrative sekolah seperti pencatatan pembayaran, kwitansi dll

Pada masa sekarang CMI dan CAI bersamaan fungsinya dan kegiatannya seperti pada e-learning, dimana urusan administrasi dan kegiatan belajar-mengajar sudah masuk dalam satu system

Pemakaian Komputer dalam kegiatan Pembelajaran
Untuk Tujuan kognitif :
Komputer dapat mengajarkan konsep-konsep aturan, prinsip, langkah-langkah
Proses dan kalkulasi yang kompleks. Computer juga dapat menjelaskan konsep tersebut dengan sederhana dengan penggabungan visual dan audio yang dianimasikan. Sehingga cocok untuk kegiatan pembelajaran mandiri

Untuk Tujuan Psikomotor :
Dengan bentuk pembelajaran yang dikemas dalam bentuk games dan simulasi sangat bagus digunakan untuk menciptakan kondisi dunia kerja. Beberapa contoh program antara lain: simulasi pendaratan pesawat, simulasi perang dalam medan yang paling berat dan sebagainya

Untuk Tujuan Afektif :
Bila program didesainsecara tepat dengan memberikan potongan clipsuara atau video yang isinya menggugah perasaan, pembelajaran sikap/afektif pun dapat dilakukan menggunakan media computer.

Kapan media perlu digunakan ?
1. pada waktu mengantar suatu topic yang baru
2. sebagai ilustrasi pada waktu yang tepat
3. disajikan pada pertengahan pelajaran
4. sebagai stimulans imaginasi anak
5. sebagai sarana memperbaiki
6. sebagai bahan tes

Silahkan baca juga artikel di bawah ini...



Widget by Hoctro | Jack Book

Tidak ada komentar:

Posting Komentar