LAPORAN TUGAS PRAKTEK
OLEH :
NAMA : Drs. HARUN NUROSID
YAYASAN WAKAF PERGURUAN TA'ALLUMUL HUDA BUMIAYU
SMA ISLAM T.HUDA BUMIAYU
2007
DAFTAR ISI
halaman :
HALAMAN JUDUL …………………………………………………………………… i
HALAMAN PENGESAHAN …………………………………………………………. ii
KATA PENGANTAR ……………………………………………………………….... iii
DAFTAR ISI …………………………………………………………………………… iv
A . PENDAHULUAN ..……………………………………………………………… 1
A. 1. Latar Belakang Masalah …………………………………………...……. 1
A. 2. Tujuan Penulisan …………………………………………………..……... 1
A. 3. Proses Penulisan Laporan ………………………………………………… 2
B. PERENCANAAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK) ………………. 3
B. 1. Identifikasi Masalah ………………………………………………...……… 3
B. 2. Analisis Dan Perumusan Masalah ……………………………...…………. 3
B. 3. Rencana Perbaikan ………………………………………………...……….. 4
C. PELAKSANAAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) ………………... 6
C. 1. Tempat Dan Waktu Pelaksanaan ………………………………………… 6
C. 2. Prosedur Pelaksanaan …………………………………………………….. 6
C. 3. Hal – hal yang Unik ...…………………………………………………….. 11
D. TEMUAN ( HASIL YANG DIPEROLEH ) ……………………………….…….. 11
D. 1. Hasil Pengolahan Data ………………………………………..…………... 12
D. 2. Deskripsi Temuan …………………………………………..……………... 12
D. 3. Pembahasan ………………………………………………...……………… 12
E. KESIMPULAN DAN SARAN TINDAK LANJUT …………………..………… 13
E. 1. Kesimpulan …………………………………………..…………………..… 13
E. 2. Saran Tindak Lanjut ………………………………..………………..……. l4
DAFTAR PUSTAKA ………………………………………………………………….. 15
LAMPIRAN – LAMPIRAN :
- Rencana Pembelajaran
- Lembar Observasi
- APKG 1
- APKG 2
LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Nama : Drs. Harun Nurosid
Tempat Mengajar : SMA Islam T. Huda Bumiayu
Tanggal Pelaksanaan : 1, 7, 8 , 13, Maret 2007
Masalah yang merupakan fokus PTK :
l. Siswa kurang aktif bertanya sehingga proses pembelajaran kurang hidup karena dikuasai oleh guru
1. Siswa kurang menguasai menulis ayat /huruf arab
2. Siswa kurang memahami materi pelajaran karena guru terlalu cepat dalam menerangkan pelajaran
Bumiayu, April 2007
Praktekan
Drs. Harun Nurosid
Menyetujui ,
Supervisor,
Nihayatul Bahiyah SAg.
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah dengan memanjatkan syukur kehadlirat Allah SWT. Kami telah dapat menyelesaikan praktek PTK di SMA Islam T. Huda Bumiayu kabupaten Brebes selama empat pertemuan serta dapat menyusun laporan Penelitian Tindakan Kelas.
Penyusunan laporan ini digunakan untuk Pemantapan Kemampuan Mengajar , laporan ini ditulis dalam pelaksanaan proses belajar mengajar di SMA Islam T. Huda Bumiayu, dan titik berat laporan yaitu mengenai Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang ada di beberapa kelas SMA Islam T. Huda Bumiayu.
Laporan ini dapat tersusun berkat bantuan dari berbagai pihak, untuk itu tidak lupa kami menyampaikan banyak terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu selesainya kegiatan Praktek Pemantapan Kemampuan Mengajar , antara lain :
1. Bapak Drs. Mungal Purnomo, selaku Kepala SMA Islam T. Huda Bumiayu yang telah
memberi ijin dalam proses Penelitian Tindakan Kelas
2. Ibu Nihayatul Bahiyah , SAg. Selaku pengamat dan pembimbing di kelas yang telah
banyak membantu dalam kegiatan belajar mengajar di kelas.
3. Bapak Drs. Mualip selaku Supervisor yang telah banyak membantu dalam pelaksanaan
praktek di kelas
4. Dan semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini
Kami mengakui bahwa pembuatan laporan ini masih banyak kekurangan sehingga kritik dan saran yang sifatnya membangun sangat kami harapkan, demi peningkatan kemampuan mengajar di masa mendatang.
Demikianlah semoga bantuan-bantuan yang telah mereka berikan dapat menjadi satu amal kebaikan yang akan mendapat balasan pahala dari Allah SWT. Dan kami berharap semoga kita semua tetap dalam lindunganNYA , Amien.
Bumiayu, April 2007
Drs. Harun Nurosid
A. PENDAHULUAN
A. 1. Latar Belakang Masalah
Untuk meningkatkan kwalitas proses Kegiatan Belajar – Mengajar
(KBM) , maka guru bidang studi dituntut untuk melakukan peningkatan
kwalitas penampilan guru secara profesional. Guru dituntut untuk mengetahui
apa yang terjadi pada siswa di kelas dalam megikuti proses kegiatan belajar -
mengajar. Dengan mengetahui permasalahan yang terjadi, maka guru dapat
mencari jalan keluar apabila terdapat masalah yang dapat menghambat dalam
pencapaian tujuan pembelajaran.
Untuk membentuk pengetahuan dan pemahaman diperlukan kegiatan
pengkajian/ penelitian dan pelatihan yang teratur, karena banyak hal yang
perlu terus menerus diperbaiki agar tercipta suatu kondisi kegiatan belajar -
mengajar yang kondusif. Untuk memperbaiki kekurangan dan kelemahan
pada saat berlangsungnya kegiatan belajar – mengajar, guru dapat mencari
jalan keluar degan cara merenungkan kembali apa yang telah dilakukan guru.
Masalah yang dihadapi oleh penulis adalah Siswa kurang aktif bertanya sehingga proses pembelajaran kurang hidup karena dikuasai oleh guru. Masalah lainnya adalah siswa kurang menguasai menulis huruf Arab dan masalah siswa kurang memahami materi pelajaran karena guru terlalu cepat dalam menerang -
kan pelajaran.
A. 2. Tujuan Penulisan
Adapun tujuan penulisan laporan ini antara lain :
- Sebagai laporan dari pelaksanaan tugas dari mata kuliah Pemantapan
Kemampuan Mengajar Lanjutan
- Guru dapat memecahkan masalah melalui pelaksanaan PTK (Penelitian
tiandakan Kelas)
- Guru dapat mengidentifikasi masalah yang terdapat dalam kegiatan pembela-
jaran
- Guru mengetahui hakekat masalah yang dihadapi khususnya terjadinya
masalah dalam proses pembelajaran
- Untuk memantapkan guru dalam mengajar
- Guru dapat mempraktekkan pengetahuan yang diperoleh dan mendokmenta-
sikan dalam bentuk tulisan
A. 3. Proses Penulisan Laporan
Proses penulisan laporan praktek ini disusun setelah guru mempunyai
pengalaman tentang berbagai masalah yang dihadapi di kelas dalam proses
kegiatan belajar-mengajar. Pengalaman akan adanya masalah di kelas tidak
hanya terjadi sekali. Guru mengetahui permasalahan-permasalahan setelah
kegiatan belajar-megajar selesai, kemudian menyimpulkan permasalahan
yang dihadapi di kelas.
Langkah pertama guru membuat 2 (dua) macam Rencana Pembeaja-
ran atau Satuan Pembelajaran , kemudian mempraktekkannya dua kali dalam
kegiatan pembelajaran di depan kelas, selama kegiatan pembelajaran
berlangsung , guru mengadakan pengamatan, observasi terhadap siswa,
setelah kegiatan pembelajaran selesai, guru melakukan kegiatan evaluasi,
1
secara lesan maupun tertulis. Dari hasil evaluasi, baik lesan maupun tertulis
serta melalui pengamatan selama berlangsungnyakegiatan pembelajaran,
maka guru dapat mengambil kesimpulan tentang adanya permasalahan dan
sebab-sebab terjadinya permasalahan tersebut.
Langkah selanjutnya adalah guru melakukan perbaikan- perbaikan
dalam pembelajaran yang akan dilakukan di kelas dengan menggunakan
langkah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) . Guru kemudian menyusun 2 (dua)
macam Rencana Pembelajaran atau Satuan Pembelajaran Perbaikan. Lalu
mempraktekannya dua kali didepan kelas .Hal ini dilakukan agar dapat
memantapkan dan meningkatkan kemampuan guru dalam mencapai tujuan
seperti yang tercantum dalam Rencana Pembelajaran atau Satuan Pembelaja-
ran.
Kemudian dengan adanya masalah yang diperoleh dari hasil observasi,
pengamatan, evaluasi dalam pembelajaran serta adanya usaha perbaikan
dengan menggunakan langkah pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
maka dituangkan dlam sebuah penulisan Laporan.
Adapun sistematika penulisan Laporan tersusun sebgai berikut :
- Pada bagian halaman 1 meliputi penjelasan Identitas dan Pengesahan
laporan praktek Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
- Setelah Kata Pengantar dilanjutkan penulisan bagian A tentang
Pendahuluan meliputi : latar belakang masalah, tujuan penulisan, proses
penulisan serta hal-hal yang dicakup dalam laporan .
- Pada bagian B, disusun tentang Perencanaan PTK, meliputi: Identifikasi
masalah serta analisis dan perumusan masalah dan rencanaperbaikan.
- Bagian C dilaporkan tentang Pelaksanaan PTK meliputi: tempat dan waktu
pelaksanaan, prosedur pelaksanaan dan hal-hal yang unik
- Bagian D ditulis tentang temuan atau hasil yang diperoleh meliputi: hasil
pengolahan data dan refleksi, deskripsi temuan dan pembahasansingkat
tentang temuan
- Pada Bagian E dibuat kesimpulan dan saran Tindak lanjut
- Bagian Akhir dilampirkan RP/SP ,lembar observasi, APKG dll.
2
B. PERENCANAAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK)
B. 1. Identifikasi Masalah
Langkah awal dalam perencanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
adalah menyusun Rencana Pembelajaran atau Satuan Pelajaran kemudian me-
laksanakan praktek di kelas, yaitu di kelas X SMA Islam T. Huda Bumiayu
kabupaten Brebes. Proses Pembelajaran dapat berlangsung dengan lancar sela-
ma beberapa kali pertemuan dengan diamati oleh guru pembimbing atau super-
visor . Kegiatan Belajar-Mengajar atau kegiatan pembelajaran dilaksanakan
sesuai dengan metode yang dipilih yaitu metode ceramah dan tanya jawab. Se-
lama berlangsungnya kegiatan Belajar-Mengajar guru menerangkan materi pe-
lajaran dengan metode ceramah diselingi tanya – jawab kepada para siswa.
Guru melaksanakan praktek mengajar selama dua kali dari dua Ren-
cana Pembelajaran atau Satuan Pembelajaran yang telah disusun. Setelah sele-
sai mempraktekan dua macam Rencana Pembelajaran atau Satuan Pembelajar-
an , lalu siswa diadakan Evaluasi dengan bentuk tes/ulangan tertulis. Selanjut-
nya guru bersama supervisor mengadakan Evaluasi terhadap proses Kegiatan
Belajar- Mengajar yang telah berlangsung..
Dari hasil pengamatan dan evaluasi dapat diambil beberapa kesimpu
lan bahwa dalam proses belajar-mengajar atau proses pembelajaran terdapat
beberapa masalah yang terjadi , antara lain :
l. Siswa kurang aktif bertanya
1. Siswa kurang menguasai menulis ayat/huruf arab
2. Siswa kurang memahami materi pelajaran
Pengambilan Kesimpulan selain dari hasil pengamatan selama berlangsungnya
proses kegiatan belajar-mengajar juga diambil dari hasil tes/ulangan siswa. Hasil ulangan siswa yang kurang tuntas menjadi bahan evaluasi untuk dapat di
lakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
B. 2. Analisa dan Perumusan Masalah
l. Siswa kurang aktif bertanya
Dari hasil pengamatan selama berlangsungnya proses Kegiatan
belajar- mengajar suasana kelas tampak tenang tapi sunyi, siswa pasif .Bebe
rapa siswa tampak tertunduk ,mengantuk.Hal ini disebabkan karena metode
Tanya-jawab tidak dilaksanakan sepenuhnya oleh guru. Guru kurang mem-
beri kesempatan bertanya kepada para siswa, dan guru juga tidak memberi
pertanyaan kepada para siswa sehingga proses pembelajaran kurang hidup
karena dikuasai dan dimonopoli oleh guru.
Dari analisa di atas dapat dirumuskan masalah yaitu :Siswa kurang
aktif bertanya sehingga proses pembelajaran kurang hidup karena
dikuasai oleh guru
3. Siswa kurang menguasai menulis ayat /huruf arab
Dari hasil ulangan yang diadakan guru setelah selesainya kegiatan
Belajar-Mengajar , nilai yang diperoleh siswa banyak yang belum tuntas,
khususnya dari pertanyaan “ Tuliskan ayat Al Qur’a yang pertama diturun-
kan kepada Nabi Muhammad SAW.! “ jawaban dari para siswa banyak
yang salah, mereka banyak yang belum bisa menulis Arab. Kemampuan
menulis ayat Al Qur’an atau huruf Arab erat kaitannya dengan mata pelaja-
jaran Al Qur’an – Hadist. Untuk guru praktek mata pelajaran Sejarah Islam
atau Tarikh, seharusnya pertanyaan yang diajukan mengarah kepada pema-
haman. Maka masalah yang perlu diperbaiki agar dapat dicapai nilai yang
3
tuntas adalah merubah indikator dari tujuan pembelajaran , dengan kalimat
“ Terangkan !“ atau “ Sebutkan !“ bukan dengan kalimat “ Tuliskan ! “
Dari analisa di atas dapat dirumuskan masalah yaitu: Para Siswa
kurang menguasai menulis ayat /huruf arab
4. Siswa kurang memahami materi
Dari hasil ulangan yang diadakan guru setelah selesainya kegiatan
Belajar-Mengajar, nilai yang diperoleh siswa banyak yang belum tuntas, hal
ini disebabkan siswa kurang dapat memahami keterangan-keterangan atau
penjelasan dari guru. Selain karena guru kurang memberi kesempatan ber-
tanya kepada para siswa, serta tidak memberi pertanyaan kepada para siswa
sehingga proses pembelajaran kurang hidup, Guru juga dalam menerangkan
terlalu cepat sehingga para siswa kurang memahami materi pelajaran yang
diterangkan oleh guru.
Dari analisa di atas dapat dirumuskan masalah yaitu: Siswa kurang
memahami materi pelajaran karena guru terlalu cepat dalam mene-
rangkan pelajaran
B. 3. Rencana Perbaikan
Masalah-masalah yang muncul dalam pelaksanaan praktek kegiatan belajar-
Mengajar di kelas setelah diidentifikasi lalu dianalisa kemudian dirumuskan
permasalahan-permasalahannya agar dapat dilakukan perbaikan.Rencana perbaik
an dari guru untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi dalam praktek
mengajar harus disusun secara rinci agar dicapai Kegiatan Belajar -Mengajar
selanjutnya menjadi lebih berhasil.
Oleh karena itu cara yang akan ditempuh oleh guru praktek antara lain :
1. Menyusun kembali dua macam Rencana Pembelajaran atau Satuan Pelajaran
dengan dilengkapi Tujuan Perbaikan.
a. Masalah pertama yaitu :
- Siswa kurang aktif bertanya sehingga proses pembelajaran kurang
hidup karena dikuasai oleh guru
Diperbaiki dengan menyusun Tujuan Perbaikan :
- Siswa mau menjawab pertanyaan guru yang diajukan kepada seluruh
kelas
- Siswa mampu menjawab pertanyaan guru dengn tepat
b. Masalah kedua yaitu :
- Siswa kurang menguasai menulis ayat /huruf arab
Diperbaiki dengan merubah indikator Tujuan Instruksional Khusus /TIK
yang semula berbunyi :
- Siswa dapat menulis ayat Al Quran yang pertama kali diturunkan pada
Nabi Muhammad SAW.
dirubah menjadi :
- Siswa dapat menyebutkan isi Al Quran surat Al Quraisy dan Al Fiil
c. Masalah ketiga yaitu :
Siswa kurang memahami materi pelajaran karena guru terlalu cepat
dalam menerangkan pelajaran
Diperbaiki dengan menyusun Tujuan Perbaikan :
- Siswa mau mencatat penjelasan atau keterangan guru secara leng-
kap di buku catatan masing-masing
- Siswa mau mengajukan pertanyaan kepada guru tentang pelajaran
yang belum jelas
2. Mempraktekkan kembali dua macam Rencana Pembelajaran atau Satuan Pe-
4
lajaran yang sudah dilengkapi Tujuan Perbaikan dalam proses Kegiatan Be-
lajar-Mengajar di depan kelas. Tujuan praktek kali ini adalah untuk memper-
baiki atau mengatasi masalah yang terjadi pada kegiatan Belajar-Mengajar
sebelumnya. Terhadap masalah-masalah yang ada yaitu :
1. Siswa kurang aktif bertanya sehingga proses pembelajaran kurang
hidup karena dikuasai oleh guru
2. Siswa kurang menguasai menulis ayat /huruf arab
3. Siswa kurang memahami materi pelajaran karen guru terlalu cepat dalam
menerangkan pelajaran
Cara yang ditempuh guru dalam praktek kali ini yaitu :
1. Guru sering memberi kesempatan bertanya kepada para siswa
2. Merubah Rencana Pembelajaran yang telah yang telah disusun sebelumnya
3. Guru menanyakan materi pelajaran yang belum dipahami oleh siswa
5
C. PELAKSANAAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)
C. 1. Tempat Dan Waktu Pelaksanaan
Tempat pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada kelas X SMA Islam
T. Huda Bumiayu kabupaten Brebes dan waktu pelaksanaannya adalah tanggal
1, 7, 8, dan 13, Maret 2007 terbagi dalam :
PKM 1: di klas X 4 pkl. 10.30 s-d 11.15 WIB SMA Islam T. Huda Bumiayu
tanggal 1 Maret 2007
PKM 2: di klas X 1 pkl. 11.15 s-d 12.00 WIB SMA Islam T. Huda Bumiayu
tanggal 8 Maret 2007
PTK 1: di klas X 2 pkl. 11.45 s-d 12.00 WIB SMA Islam T. Huda Bumiayu
tanggal 7 Maret 2007
PTK 2: di klas X 3 pkl. 08.00 s-d 08.45 WIB SMA Islam T. Huda Bumiayu
tanggal 13 Maret 2007
D. 2. Prosedur Pelaksanaan
Langkah pertama dilaksanakan lebih dahulu PKM 1 bertempat di klas X 4
SMA Islam T. Huda Bumiayu. Waktu pelaksanaan pada tanggal 1 Maret 2007
Dimulai pkl.10.30 WIB s-d pkl. 11.15 WIB . Yang bertugas sebagai guru penga
mat dan Supervisor yaitu : Drs. Mualip dan Nihayatul Bahiyah SAg.
RENCANA PEMBELAJARAN I
Mata Pelajaran : Tarikh / Sejarah Islam
Kelas /Semester : X / 1 ( Ganjil )
Pokok Bahasan : 1. Arab Pra Islam
Sub Pokok Bahasan : 1.Tinjauan secara ekonomis, Historis dan kebudayaan Arab sebelumkedatangan
agama Islam
Waktu : 45 menit (1 jam Pelajaran)
A. TUJUAN INSTRUKSIONAL (PEMBELAJARAN) UMUM :
Siswa memahami dan mengerti keadaan Arab sebelum kedatangan agama Islam
B. TUJUAN INSTRUKSIONAL (PEMBELAJARAN) KHUSUS
Diharapkan setelah kegiatan Belajar Mengajar siswa :
1.Dapat menerangkan kegiatan ekonomi bangsa Arab
2.Dapat menuliskan ayat Al Qur’an surat Al Quraisy
3.Dapat menyebutkan silsilah keturunan Nabi
4.Dapat menyebutkan peristiwa yang melatar – belakangi kelahiran Nabi
5.Dapat menuliskan ayat Al Qur’an surat Al Fiil
6.Dapat menerangkan pengertian Tahun Gajah
B.MATERI DAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
1. Materi :
a. Keadaan ekonomi bangsa Arab
b. surat Al Quraisy
c. silsilah keturunan Nabi
d. peristiwa yang melatar – belakangi kelahiran Nabi
e. surat Al Fiil
f. pengertian Tahun Gajah
2. Pendekatan dan Methode Yang Digunakan :
a. Pendekatan : secara klasikal
b. Methode : Ceramah dan Tanya Jawab
3. Kegiatan Belajar Mengajar
a. persiapan/pra Kegiatan
1). Mengucapkan salam
2). Menyiapkan Alat peraga/gambar peta
3). Mengisi Daftar Hadir
4). Meminta siswa menyiapkan alat tulis
b. Kegiatan Awal
1). Guru menyampaikan materi pelajaran dan tujuan kegiatan pembelajaran
hari ini
c. Kegiatan Inti
1). Guru menjelaskan kegiatan ekonomi bangsa Arab
6
2). Guru menulis surat Al Quraisy
3). Guru menjelaskan silsilah keturunan Nabi
4). Guru menjelaskan peristiwa yang melatar – belakangi kelaahiran Nabi
5). Guru menulis surat Al Fiil
6). Guru menjelaskan pengertian Tahun Gajah
d. Kegiatan Akhir
1). Guru membimbing siswa merangkum materi yang telah dibahas
2). Siswa mengikuti tes Formatif
4. Alat dan sumber Bahan
a. Alat :
- alat tulis menulis
- peta/globe
- Al Qur,an
b. Sumber ;
Buku Sejarah Islam untuk SMA karya Nadjamudin Penerbit
Tiga Serangkai, Solo.
PENILAIAN
1. Prosedur Penilaian : Akhir Pembelajaran
2. Jenis Penilaian ; Tertulis
3. Alat Penilaian : Tes Uraian
Jawablah Pertanyaan di bawah ini !
1). Terangkan kegiatan ekonomi bangsa Arab
2). Tuliskan ayat Al Qur’an surat Al Quraisy
3). Jelaskan silsilah keturunan Nabi
4). Jelaskan peristiwa yang melatar – belakan kelahiran Nabi
5). Tuliskan ayat Al Qur’an surat Al Fiil
6). Jelaskan pengertian Tahun Gajah
Setelah selesai praktek kegiatan Belajar-Mengajar ditemukan masalah :
1. Siswa kurang aktif bertanya sehingga proses pembelajaran kurang hidup
karena dikuasai oleh guru
2. Siswa kurang menguasai menulis ayat /huruf arab
Langkah selanjutnya dilaksanakan PTK 1 bertempat di klas X 2
SMA Islam T. Huda Bumiayu. Waktu pelaksanaan pada tanggal 7 Maret 2007
Dimulai pkl.11.15 WIB s-d pkl. 12.00 WIB . Yang bertugas sebagai guru penga
mat dan Supervisor yaitu : Drs. Mualip dan Nihayatul Bahiyah SAg.
RENCANA PEMBELAJARAN I
PENILAIAN TINDAKAN KELAS (PTK)
Mata Pelajaran : Tarikh / Sejarah
Kelas /Semester : X / 1 ( Ganjil )
Pokok Bahasan : 1. Arab Pra Islam
Sub Pokok Bahasan : 1.Tinjauan secara ekonomis, Historis dan kebudayaan Arab sebelumkedatangan
agama Islam
Waktu : 45 menit (1 jam Pelajaran)
A.TUJUAN INSTRUKSIONAL (PEMBELAJARAN) UMUM :
Siswa memahami dan mengerti keadaan Arab sebelum kedatangan agama Islam
B.TUJUAN INSTRUKSIONAL (PEMBELAJARAN) KHUSUS
Diharapkan setelah kegiatan Belajar Mengajar siswa :
1.Dapat menerangkan kegiatan ekonomi bangsa Arab
2.Dapat MENERANGKAN ISI ayat Al Qur’an surat Al Quraisy
3.Dapat menyebutkan silsilah keturunan Nabi
4.Dapat menyebutkan peristiwa yang melatar – belakangi kelahiran Nabi
5.Dapat MENERANGKAN ISI Al Qur’an surat Al Fiil
6.Dapat menerangkan pengertian Tahun Gajah
C. TUJUAN INSTRUKSIONAL (PEMBELAJARAN) PERBAIKAN :
1. - Siswa mau mengajukan pertanyaan kepada guru tentang pelajaran yang
belum jelas
2. - Siswa mau menjawab pertanyaan guru yang diajukan kepada seluruh kelas
3. - Siswa mampu menjawab pertanyaan guru dengn tepat
D.MATERI DAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
1. Materi :
a. Keadaan ekonomi bangsa Arab
b. isi surat Al Quraisy
7
c. silsilah keturunan Nabi
d. peristiwa yang melatar – belakangi kelahiran Nabi
e. isi surat Al Fiil
f. pengertian Tahun Gajah
2. Pendekatan dan Methode Yang Digunakan :
a. Pendekatan : secara klasikal
b. Methode : Ceramah dan Tanya Jawab
3. Kegiatan Belajar Mengajar
a. persiapan/pra Kegiatan
1). Mengucapkan salam
2). Menyiapkan Alat peraga/gambar peta
3). Mengisi Daftar Hadir
4). Meminta siswa menyiapkan alat tulis
b. Kegiatan Awal
1). Guru menyampaikan materi pelajaran dan tujuan kegiatan pembelajaran
hari ini
2). Guru mengajukan pertanyaan untuk menarik perhatian siswa :
a). Kenapa bangsa Arab dikenal sebagai pedagang ?
b). Tahukah kalian apa isi surat Al Quraisy dan Al Fiil ?
c). Kenapa tahun kelahiran Nabi disebut dengan istilah
tahun Gajah ?
c. Kegiatan Inti
1). Guru menjelaskan kegiatan ekonomi bangsa Arab
2). Guru menjelaskan isi surat Al Quraisy
3). Guru menjelaskan silsilah keturunan Nabi
4). Guru menjelaskan peristiwa yang melatar – belakangi kelaahiran Nabi
5). Guru menjelaskan isi surat Al Fiil
6). Guru menjelaskan pengertian Tahun Gajah
d. Kegiatan Akhir
1). Guru membimbing siswa merangkum materi yang telah dibahas
2). Siswa mengikuti tes Formatif
4. Alat dan sumber Bahan
a. Alat :
- alat tulis menulis
- peta/globe
- Al Qur,an
b. Sumber ;
Buku Sejarah Islam untuk SMA karya Nadjamudin Penerbit
Tiga Serangkai, Solo.
PENILAIAN
1. Prosedur Penilaian : Akhir Pembelajaran
2. Jenis Penilaian ; Tertulis
3. Alat Penilaian : Tes Uraian
Jawablah Pertanyaan di bawah ini !
1). Terangkan kegiatan ekonomi bangsa Arab
2). Jelaskan isi Al Qur’an surat Al Quraisy
3). Jelaskan silsilah keturunan Nabi
4). Jelaskan peristiwa yang melatar – belakan kelahiran Nabi
5). Jelaskan isi Al Qur’an surat Al Fiil
6). Jelaskan pengertian Tahun Gajah
Langkah berikutnya dilaksanakan lagi PKM 2 bertempat di klas X 1
SMA Islam T. Huda Bumiayu. Waktu pelaksanaan pada tanggal 8 Maret 2007
Dimulai pkl.11.15 WIB s-d pkl. 12.00 WIB . Yang bertugas sebagai guru penga
mat dan Supervisor yaitu : Drs. Mualip dan Nihayatul Bahiyah SAg.
RENCANA PEMBELAJARAN II
Mata Pelajaran : Tarikh / Sejarah Islam
Kelas /Semester : X / 1 ( Ganjil )
Pokok Bahasan : 2. Arab Sesudah Islam
Sub Pokok Bahasan : 2.1 – masa kelahiran nabi
Waktu : 45 menit (1 jam Pelajaran)
8
A.TUJUAN INSTRUKSIONAL (PEMBELAJARAN) UMUM :
Siswa memahami dan mengerti peristiwa sekitar masa kelahiran Nabi Muhammad SAW dan sesudah kedatangan agama Islam
b.TUJUAN INSTRUKSIONA (PEMBELAJARAN) KHUSUS
Diharapkan setelah kegiatan Belajar Mengajar siswa :
1.Dapat menerangkan peristiwa yang melatar belakangi kelahiran Nabi
2.Dapat menyebutkan tanggal kelahiran Nabi
3.Dapat menyebutkan asal usul keturunan Nabi
4.Dapat menerangkan sebab-sebab nabi dijuluki “ Putra dua orang Qurban”
5.Dapat menyebutkan nama-nama keluarga Nabi yang pernah diqurbankan
6.Dapat menyebutkan nama keluarga nabi yang bergelar Quraisy
A. MATERI DAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
1. Materi :
a. Peristiwa penyerangan Ka’bah
b. masa kelahiran nabi
c. silsilah keluarga Nabi
d. gelar/julukan Nabi
e. peristiwa pengorbanan Nabi Ismail dan Abdulloh
f. pengertian Quraisy
2. Pendekatan dan Methode Yang Digunakan :
a. Pendekatan : secara klasikal
b. Methode : Ceramah dan Tanya Jawab
3. Kegiatan Belajar Mengajar
a. persiapan/pra Kegiatan
1). Mengucapkan salam
2). Menyiapkan Alat peraga/gambar peta
3). Mengisi Daftar Hadir
d). Meminta siswa menyiapkan alat tulis
b. Kegiatan Awal
1). Guru menyampaikan materi pelajaran dan tujuan kegiatan pembelajaran
hari ini
2). Guru mengajukan pertanyaan untuk menarik perhatian siswa :
a). Kenapa Abrohah ingin menghancurkan Ka’bah ?
b). Peringatan Maulud nabi diadakan untuk apa ? Kapan ?
c). Kenapa Nabi Ismail dan abdulloh akan dikorbankan ?
c. Kegiatan Inti
1 ). Guru menjelaskan Peristiwa penyerangan Ka’bah
2 ). Guru menjelaskan masa kelahiran nabi
3 ). Guru menjelaskan silsilah keluarga Nabi
4 ). Guru menjelaskan gelar/julukan Nabi
5 ). Guru menjelaskan peristiwa pengorbanan Nabi Ismail dan Abdulloh
6 ). Guru menjelaskan pengertian Quraisy
d. Kegiatan Akhir
1). Guru membimbing siswa merangkum materi yang telah dibahas
2). Siswa mengikuti tes Formatif
4. Alat dan sumber Bahan
a. Alat :
- alat tulis menulis
- peta/globe
- Al Qur,an
b. Sumber ;
Buku Sejarah Islam untuk SMA karya Nadjamudin Penerbit
Tiga Serangkai, Solo.
B. PENILAIAN
1. Prosedur Penilaian : Akhir Pembelajaran
2. Jenis Penilaian ; Tertulis
3. Alat Penilaian : Tes Uraian
Jawablah Pertanyaan di bawah ini !
a. Terangkan Peristiwa penyerangan Ka’bah !
b. Sebutkan tanggal kelahiran nabi !
c. Terangkan silsilah keluarga Nabi !
d. Terangkan gelar/julukan Nabi!
e. Terangkan peristiwa pengorbanan Nabi Ismail dan Abdulloh !
f. Terangkan pengertian Quraisy !
9
Setelah selesai praktek kegiatan Belajar-Mengajar ditemukan masalah :
1. Siswa kurang memahami materi pelajaran karena guru terlalu cepat
dalam menerangkan pelajaran
Langkah selanjutnya dilaksanakan PTK 2 bertempat di klas X 3
SMA Islam T. Huda Bumiayu. Waktu pelaksanaan pada tanggal 13 Maret 2007
Dimulai pkl.08.00 WIB s-d pkl. 08.45 WIB . Yang bertugas sebagai guru penga
mat dan Supervisor yaitu : Drs. Mualip dan Nihayatul Bahiyah SAg.
RENCANA PEMBELAJARAN II
PENILAIAN TINDAKAN KELAS (PTK)
Mata Pelajaran : Tarikh / Sejarah Islam
Kelas /Semester : X / 1 ( Ganjil )
Pokok Bahasan : 2. Arab Sesudah Islam
Sub Pokok Bahasan : 2.1 – masa kelahiran nabi
Waktu : 45 menit (1 jam Pelajaran)
A.TUJUAN INSTRUKSIONAL (PEMBELAJARAN) UMUM :
Siswa memahami dan mengerti peristiwa sekitar masa kelahiran Nabi Muhammad SAW dan sesudah kedatangan agama Islam
B.TUJUAN INSTRUKSIONAL (PEMBELAJARAN) KHUSUS
Diharapkan setelah kegiatan Belajar Mengajar siswa :
1.Dapat menerangkan peristiwa yang melatar belakangi kelahiran Nabi
2.Dapat menyebutkan tanggal kelahiran Nabi
3.Dapat menyebutkan asal usul keturunan Nabi
4.Dapat menerangkan sebab-sebab nabi dijuluki “ Putra dua orang Qurban”
5.Dapat menyebutkan nama-nama keluarga Nabi yang pernah diqurbankan
6.Dapat menyebutkan nama keluarga nabi yang bergelar Quraisy
C.TUJUAN INSTRUKSIONAL (PEMBELAJARAN) KHUSUS PERBAIKAN :
1. - Siswa mau mencatat penjelasan atau keterangan guru secara lengkap
di buku catatan masing-masing
2. - Siswa mau mengajukan pertanyaan kepada guru tentang pelajaran
yang belum jelas
D.MATERI DAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
1.Materi :
a. Peristiwa penyerangan Ka’bah
b. masa kelahiran nabi
c. silsilah keluarga Nabi
d. gelar/julukan Nabi
e. peristiwa pengorbanan Nabi Ismail dan Abdulloh
f. pengertian Quraisy
2.Pendekatan dan Methode Yang Digunakan :
a. Pendekatan : secara klasikal
b. Methode : Ceramah dan Tanya Jawab
3.Kegiatan Belajar Mengajar
c. persiapan/pra Kegiatan
1). Mengucapkan salam
2). Menyiapkan Alat peraga/gambar peta
3). Mengisi Daftar Hadir
d). Meminta siswa menyiapkan alat tulis
d. Kegiatan Awal
1). Guru menyampaikan materi pelajaran dan tujuan kegiatan pembelajaran
hari ini
2). Guru mengajukan pertanyaan untuk menarik perhatian siswa :
a). Kenapa Abrohah ingin menghancurkan Ka’bah ?
b). Peringatan Maulud nabi diadakan untuk apa ? Kapan ?
c). Kenapa Nabi Ismail dan abdulloh akan dikorbankan ?
e. Kegiatan Inti
1 ). Guru menjelaskan Peristiwa penyerangan Ka’bah
2 ). Guru menjelaskan masa kelahiran nabi
3 ). Guru menjelaskan silsilah keluarga Nabi
4 ). Guru menjelaskan gelar/julukan Nabi
5 ). Guru menjelaskan peristiwa pengorbanan Nabi Ismail dan Abdulloh
6 ). Guru menjelaskan pengertian Quraisy
f. Kegiatan Akhir
1). Guru membimbing siswa merangkum materi yang telah dibahas
10
2). Siswa mengikuti tes Formatif
4. Alat dan sumber Bahan
a. Alat :
- alat tulis menulis
- peta/globe
- Al Qur,an
b. Sumber ;
Buku Sejarah Islam untuk SMA karya Nadjamudin Penerbit
Tiga Serangkai, Solo.
C. PENILAIAN
1. Prosedur Penilaian : Akhir Pembelajaran
2. Jenis Penilaian ; Tertulis
3. Alat Penilaian : Tes Uraian
Jawablah Pertanyaan di bawah ini !
a. Terangkan Peristiwa penyerangan Ka’bah !
b. Sebutkan tanggal kelahiran nabi !
c. Terangkan silsilah keluarga Nabi !
d. Terangkan gelar/julukan Nabi!
e. erangkan peristiwa pengorbanan Nabi Ismail dan Abdulloh !
f. Terangkan pengertian Quraisy !
C.3. Hal – hal yang Unik
Setelah dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)1 dan 2 dalam
mengatasi masalah : Siswa kurang memahami materi pelajaran karena guru
terlalu cepat dalam menerangkan pelajaran diselesaikan dengan menyusun
TUJUAN PERBAIKAN :
Siswa mau mencatat penjelasan atau keterangan guru secara lengkap di
buku catatan masing-masing
tetapi dalam pelaksanaannya ternyata masih ada beberapa siswa yang catatan
pelajarannya belum lengkap, dibanding siswa lainnya yang lebih lengkap.
Penyebabnya : ternyata bukan karena guru terlalu cepat dalam menerangkan
pelajaran tetapi karena :
1- faktor pendengaran dari siswa yang kurang daya tangkapnya
2- faktor metode belajar dari seorang siswa yang tidak mencatat pelajaran
selama guru menjelaskan materi pelajaran, siswa tersebut akan menyalin
catatan pelajaran di rumah dengan cara pinjam catatan dari teman- temannya.
Kebiasaan cara belajar ini disebabkan karena siswa tersebut menjabat sebagai
Sekretaris dalam struktur organisasi di kelasnya, sehingga kedudukannya
sering dimanfaatkan untuk dimintai bantuan mencatatkan materi pelajaran di
papan tulis oleh guru-guru bidang studi lainnya.
D. TEMUAN ( HASIL YANG DIPEROLEH )
D. 1. Hasil Pengolahan Data
Sumber data dalam pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) selain
dari hasil pengamatan atau observasi supervisor terhadap Rencana Pembelajar-
an atau Satuan Pelajaran yang dibuat guru , juga diperoleh data selama guru
melaksanakan praktek kegiatan Belajar-Mengajar, data juga diambil dari hasil
ulangan siswa setelah selesai PKM.
Hasil dari ulangan siswa di kelas ternyata nilai yang diperoleh banyak
yang belum tuntas . Kebanyakan mereka belum bisa menjawab soal yang
berkaitan dengan mata pelajaran Al Qur’an – Hadist yaitu menulis ayat atau
huruf Arab Selain itu mereka juga belum bisa menjawab soal lainnya, yang
semuanya itu dapat disimpulkan penyebabnya adalah siswa belum paham
terhadap materi pelajaran yang diterangkan oleh guru.
11
Penyebab dari siswa belum paham terhadap materi pelajaran yang
diterangkan oleh guru adalah karena guru terlalu cepat dalam menerangkan
pelajaran dan juga karena guru kurang memberi kesempatan bertanya kepada
para siswa sehingga kegiatan belajar mengajar lebih dikuasai atau dimonopoli
oleh guru.
Setelah dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), data yang dipe-
roleh menunjukkan adanya perubahan dan perbaikan. Nilai dari hasil ulangan
mengalami perubahan /peningkatan. Materi pelajaran dan pokok bahasan yang
sama serta soal ulangan yang sama menghasilkan yang berbeda setelah dilaku
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Klas yang untuk praktek PTK hasil ulangannya
lebih baik dari klas yang untuk praktek PKM, demikian pula suasana kegiatan be-
lajar di kelas . Klas PTK lebih hidup, ramai, lebih aktif dibanding klas PKM.
D. 2. Deskripsi Temuan
Hasil temuan PKM :
1. Siswa pasif dalam menerima pelajaran
2. KBM didominasi oleh guru.
3. Nilai hasil ulangan tidak tuntas
4. Buku catatan siswa tidak lengkap
5. Guru telalu cepat dalam mengajar
6. Tidak ada siswa yang bertanya
7. Tidak ada yang menjawab pertanyaan guru
Hasil temuan PTK :
1. siswa aktif dalam menerima pelajaran
2. siswa dan guru sama-sama aktif
3. nilai hasil ulangan rata-rata tuntas
4. buku catatan siswa lengkap ( kecuali yang termasuk hal-hal Unik )
5. guru memberi kesempatan bertanya pada siswa
6. siswa mampu /aktif mengajukan pertanyaan kepada guru
7. siswa mampu /aktif menjawab pertanyaan guru
D. 3. Pembahasan
Hasil yang diperoleh atau Temuan sebelum dan sesudah PTK sangat
berbeda. Hasil yang diperoleh setelah PTK lebih baik dari pada sebelum PTK.
Dengan dilaksanakan PTK kekurangan atau kelemahan pelaksanaan Kegiatan
Belajar-Mengajar dapat disempurnakan sehingga tujuan dari kegiatan Pembela
dapat tercapai.
Temuan yang berbeda antara hasil kegiatan belajar mengajar sebelum
dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) seperti :
1. Siswa pasif dalam menerima pelajaran
2. KBM didominasi oleh guru.
3. Nilai hasil ulangan tidak tuntas
4. Buku catatan siswa tidak lengkap
5. Guru telalu cepat dalam mengajar
6. Tidak ada siswa yang bertanya
7. Tidak ada yang menjawab pertanyaan guru
Dan sesudah dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
menyusunTujuan Instruksional ( Pembelajaran) Perbaikan seperti :
1. - Siswa mau mencatat penjelasan atau keterangan guru secara lengkap
di buku catatan masing-masing
2. - Siswa mau mengajukan pertanyaan kepada guru tentang pelajaran yang
belum jelas
2. - Siswa mau menjawab pertanyaan guru yang diajukan kepada seluruh kelas
12
3. - Siswa mampu menjawab pertanyaan guru dengan tepat
Perubahan yang lain adalah penyusunan Rencana Pembelajaran yang
dengan dilengkapi dengan :
Guru mengajukan pertanyaan untuk menarik perhatian siswa , seperti :
a). Kenapa bangsa Arab dikenal sebagai pedagang ?
b). Tahukah kalian apa isi surat Al Quraisy dan Al Fiil ?
c). Kenapa tahun kelahiran Nabi disebut dengan istilah tahun Gajah ?
Maka hasil yang diperoleh stelah dilaksanakan PTK yaitu :
1. siswa aktif dalam menerima pelajaran
2. siswa dan guru sama-sama aktif
3. nilai hasil ulangan rata-rata tuntas
4. buku catatan siswa lengkap ( kecuali yang termasuk hal-hal Unik )
5. guru memberi kesempatan bertanya pada siswa
6. siswa mampu /aktif mengajukan pertanyaan kepada guru
7. siswa mampu /aktif menjawab pertanyaan guru
Perubahan hasil yang signifikan tersebut karena telah dilakukan perubahan
dalam Rencana Pembelajaran atau Satuan Pembelajaran yaitu dengan disusunnya
Tujuan Pembelajaran Perbaikan .
E. KESIMPULAN DAN SARAN TINDAK LANJUT
E. 1. Kesimpulan
Dari uraian tentang laporan hasil tugas praktek mata kuliah Pemantapan
Kemampuan Mengajar Lanjutan (PKML) yang di dalamnya dilaksanakan prak-
tek Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksa-
naan praktek Kegiatan Belajar- Mengajar (KBM) akan didapati atau ditemukan
masalah-masalah yang harus dipecahkan agar proses pembelajaran dapat terca-
pai hasil yang memuaskan.
Praktek Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan langkah penyelesai
an masalah yang ditemukan dalam proses kegiatan Belajar-Mengajar. Dengan
disusunnya Tujuan Perbaikan dalam PTK, maka masalah-masalah yang ditemu-
kan dalam proses kegiatan Belajar-Mengajar dapat dipecahkan. Dan akhirnya
guru dalam proses mengajar dapat memperoleh hasil yang memuaskan.
Adapun permasalahan yang ditemukan dalam praktek mengajar guru
praktek yaitu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), khususnya pelaja-
ran Sejarah Islam atau Tarikh di klas X SMA Islam T.Huda Bumiayu kabupaten
Brebes, antara lain:
1.Siswa kurang aktif bertanya sehingga proses pembelajaran kurang hidup
karena dikuasai oleh guru
2.Siswa kurang menguasai menulis ayat /huruf arab
3.Siswa kurang memahami materi pelajaran karen guru terlalu cepat dalam
menerangkan pelajaran
Telah berhasil diselesaikan dan dipecahkan dengan dilaksanakan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) , sehingga sekarang hasilnya adalah :
1.Siswa aktif bertanya sehingga proses pembelajaran hidup
2.Siswa dapat menguasai isi ayat al Qur’an
3.Siswa dapat memahami materi pelajaran
Setiap guru menginginkan kesuksesan dalam mengajar, pelajaran mudah
diterima oleh para siswa, para siswa menjadi faham dan akhirnya siswa menjadi
pandai.Kepandaian yang dimiliki siswa akan menjadikan kebanggaan bagi guru
dan para siswa itu sendiri serta para orang tua/wali murid. Ilmu yang dimiliki
para siswa kelak bisa dijadikan bekal kehidupan di masa depan.
13
E. 2. Saran Tindak Lanjut
Setelah selesainya laporan ini, berdasarkan kesimpulan yang telah
disusun oleh penulis, maka perlu kiranya disampaikan saran-saran untuk
menindaklanjuti hasil-hasil PTK, antara lain :
l. Hendaknya para siswa dibiasakan bertanya ketika berlangsung KBM,
Yang bertanya jangan dianggap bodoh, sering terjadi ada siswa bertanya
malah diolok-olok oleh teman-temannya, karena dianggap bodoh.
2. Para siswa hendaknya ditingkatkan dalam latihan menulis Arab, agar
pemahamannya menjadi lebih sempurna.
3. Hendaknya para siswa sering diteliti buku catatan pelajarannya, atau
guru sering menanyakan kepada siswa apakah penjelasan sudah dapat
diterima oleh siswa sehingga tidak terjadi siswa tidak paham akan kete-
rangan dari guru.
14
Daftar Pustaka
Wardani. IG.AK., Wihardit, K., & Nasution, N. (2004), Penelitian tindakan kelas, Jakarta, Universitas Terbuka
Wardani. IG.AK., & Siti Julaeha , (2004) , Panduan Pemantapan Kemampuan Mengajar Lanjutan, Jakarta, Universitas Terbuka
15
LAMPIRAN – LAMPIRAN :
RENCANA PEMBELAJARAN I
Mata Pelajaran : Tarikh / Sejarah Islam
Kelas /Semester : X / 1 ( Ganjil )
Pokok Bahasan : 1. Arab Pra Islam
Sub Pokok Bahasan : 1.2 Tinjauan secara ekonomis, Historis dan kebu-
dayaan Arab sebelum k edatangan Islam
Waktu : 45 menit (1 jam Pelajaran)
A. TUJUAN INSTRUKSIONAL (PEMBELAJARAN) UMUM :
Siswa memahami dan mengerti keadaan Arab sebelum kedatangan agama Islam
B. TUJUAN INSTRUKSIONAL (PEMBELAJARAN) KHUSUS
Diharapkan setelah kegiatan Belajar Mengajar siswa :
1. Dapat menerangkan kegiatan ekonomi bangsa Arab
2. Dapat menuliskan ayat Al Qur’an surat Al Quraisy
3. Dapat menyebutkan silsilah keturunan Nabi
4. Dapat menyebutkan peristiwa yang melatar – belakangi kelahiran Nabi
5. Dapat menuliskan ayat Al Qur’an surat Al Fiil
6. Dapat menerangkan pengertian Tahun Gajah
C. MATERI DAN KEGIATAN BELAJAR -MENGAJAR
1. Materi :
a. Keadaan ekonomi bangsa Arab
b. surat Al Quraisy
c. silsilah keturunan Nabi
d. peristiwa yang melatar – belakangi kelahiran Nabi
e. surat Al Fiil
f. pengertian Tahun Gajah
2. Pendekatan dan Methode Yang Digunakan :
a. Pendekatan : secara klasikal
b. Methode : Ceramah dan Tanya Jawab
3. Kegiatan Belajar Mengajar
a. persiapan/pra Kegiatan
1). Mengucapkan salam
2). Menyiapkan Alat peraga/gambar peta
3). Mengisi Daftar Hadir
4). Meminta siswa menyiapkan alat tulis
b. Kegiatan Awal
1). Guru menyampaikan materi pelajaran dan tujuan kegiatan
pembelajaran hari ini
c. Kegiatan Inti
1). Guru menjelaskan kegiatan ekonomi bangsa Arab
2). Guru menulis surat Al Quraisy
3). Guru menjelaskan silsilah keturunan Nabi
4). Guru menjelaskan peristiwa yang melatar – belakangi
kelaahiran Nabi
5). Guru menulis surat Al Fiil
6). Guru menjelaskan pengertian Tahun Gajah
d. Kegiatan Akhir
1). Guru membimbing siswa merangkum materi yang telah dibahas
2). Siswa mengikuti tes Formatif
4. Alat dan sumber Bahan
a. Alat :
- alat tulis menulis
- peta/globe
- Al Qur,an
b. Sumber ;
Buku Sejarah Islam untuk SMA karya Nadjamudin Penerbit
Tiga Serangkai, Solo.
D. PENILAIAN
1. Prosedur Penilaian : Akhir Pembelajaran
2. Jenis Penilaian ; Tertulis
3. Alat Penilaian : Tes Uraian
Jawablah Pertanyaan di bawah ini !
1). Terangkan kegiatan ekonomi bangsa Arab
2). Tuliskan ayat Al Qur’an surat Al Quraisy
3). Jelaskan silsilah keturunan Nabi
4). Jelaskan peristiwa yang melatar – belakan kelahiran Nabi
5). Tuliskan ayat Al Qur’an surat Al Fiil
6). Jelaskan pengertian Tahun Gajah
Bumiayu, 1 Maret 2007
Guru Pembimbing Praktekan
Nihayatul Bahiyah SAg Drs. Harun Nurosid
Mengetahui :
Kepala SMA Islam T. Huda
Bumiayu
Drs. Mungal Purnomo
KUNCI JAWABAN
1. Orang Arab dalam kehidupan sehari-hari sejak jaman dahulu selalu melakukan
kegiatan ekonomi berdagang
2. Ayat Al Qur’an surat Al Quraisy :
3. Silsilah keluarga /keturunan Nabi Muhammad SAW. :
Nabi Ibrohim AS
Nabi Ismail
Adnan
Fihr
Kilab
Qushai Zuhrah
Hasyim Abdi Manaf
Abdul Mutholib Wahab
Abdullah Aminah
Muhammad SAW
4.Menjelang Nabi Muhammad SAW. Lahir terjadi peristiwa penyerangan Ka’bah
oleh pasukan Gajah yang dipimpin oleh Abrohah
5. Bunyi surat Al Fiil :
6. Tahun Gajah adalah sebutan untuk Tahun dimana peristiwa penyerangan pasukan
Gajah ke Ka’bah terjadi
RENCANA PEMBELAJARAN II
Mata Pelajaran : Tarikh / Sejarah Islam
Kelas /Semester : X / 1 ( Ganjil )
Pokok Bahasan : 2. Arab Sesudah Islam
Sub Pokok Bahasan : 2.1 – masa k elahiran nabi
Waktu : 45 menit (1 jam Pelajaran)
A. TUJUAN INSTRUKSIONAL (PEMBELAJARAN) UMUM :
Siswa memahami dan mengerti peristiwa sekitar masa kelahiran
Nabi Muhammad SAW dan sesudah kedatangan agama Islam
B. TUJUAN INSTRUKSIONAL (PEMBELAJARAN) KHUSUS :
Diharapkan setelah kegiatan Belajar Mengajar siswa :
1.Dapat menerangkan peristiwa yang melatar belakangi kelahiran Nabi
4. Dapat menyebutkan tanggal kelahiran Nabi
5. Dapat menyebutkan asal usul keturunan Nabi
6. Dapat menerangkan sebab-sebab nabi dijuluki “ Putra dua orang Qurban”
7. Dapat menyebutkan nama-nama keluarga Nabi yang pernah diqurbankan
8. Dapat menyebutkan nama keluarga nabi yang bergelar Quraisy
D. MATERI DAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
1. Materi :
a. Peristiwa penyerangan Ka’bah
b. masa kelahiran nabi
c. silsilah keluarga Nabi
d. gelar/julukan Nabi
e. peristiwa pengorbanan Nabi Ismail dan Abdulloh
f. pengertian Quraisy
2. Pendekatan dan Methode Yang Digunakan :
a. Pendekatan : secara klasikal
b. Methode : Ceramah dan Tanya Jawab
3. Kegiatan Belajar Mengajar
a. persiapan/pra Kegiatan
1). Mengucapkan salam
2). Menyiapkan Alat peraga/gambar peta
3). Mengisi Daftar Hadir
d). Meminta siswa menyiapkan alat tulis
b. Kegiatan Awal
1). Guru menyampaikan materi pelajaran dan tujuan kegi-
atan pembelajaran hari ini
2). Guru mengajukan pertanyaan untuk menarik perhatian
siswa :
a). Kenapa Abrohah ingin menghancurkan Ka’bah ?
b). Peringatan Maulud nabi diadakan untuk apa ? Kapan ?
c). Kenapa Nabi Ismail dan abdulloh akan dikorbankan ?
c. Kegiatan Inti
1 ). Guru menjelaskan Peristiwa penyerangan Ka’bah
2 ). Guru menjelaskan masa kelahiran nabi
3 ). Guru menjelaskan silsilah keluarga Nabi
4 ). Guru menjelaskan gelar/julukan Nabi
5 ). Guru menjelaskan peristiwa pengorbanan Nabi Ismail dan
Abdulloh
6 ). Guru menjelaskan pengertian Quraisy
d. Kegiatan Akhir
1). Guru membimbing siswa merangkum materi yang telah
dibahas
2). Siswa mengikuti tes Formatif
4. Alat dan sumber Bahan
a. Alat :
- alat tulis menulis
- peta/globe
- Al Qur,an
b. Sumber ;
Buku Sejarah Islam untuk SMA karya Nadjamudin Penerbit
Tiga Serangkai, Solo.
E. PENILAIAN
1. Prosedur Penilaian : Akhir Pembelajaran
2. Jenis Penilaian ; Tertulis
3. Alat Penilaian : Tes Uraian
Jawablah Pertanyaan di bawah ini !
a. Terangkan Peristiwa penyerangan Ka’bah !
b. Sebutkan tanggal kelahiran nabi !
c. Terangkan silsilah keluarga Nabi !
d. Terangkan gelar/julukan Nabi!
e. Terangkan peristiwa pengorbanan Nabi Ismail dan Abdulloh !
f. Terangkan pengertian Quraisy !
Bumiayu, 8 Maret 2007
Guru Pembimbing Praktekan
Nihayatul Bahiyah SAg Drs. Harun Nurosid
Mengetahui :
Kepala SMA Islam T. Huda
Bumiayu
Drs. Mungal Purnomo
KUNCI JAWABAN
1. menceritakan tentang pasukan Gajah yang akan menghancurkan Ka’bah digagal-
kan oleh Allah dengan mengirimkan pasukan burung Ababil yang menjatuhkan
batuan-batuan kepada pasukan Gajah sehingga mereka hancur bagaikan daun di
makan ulat
2. Hari Senin, 12 Rabiul Awal 571 M.
3. Silsilah keluarga /keturunan Nabi Muhammad SAW. :
Nabi Ibrohim AS
Nabi Ismail
Adnan
Fihr
Kilab
Qushai Zuhrah
Hasyim Abdi Manaf
Abdul Mutholib Wahab
Abdullah Aminah
Muhammad SAW
4. l. Al Amin, artinya dapat dipercaya
2. Khotamul Anbiya wal mursalin : artinya penutup para nabi dan rosul
3. Putra dua orang korban : artinya keturunan dari dua orang yang dikorbankan
yaitu Nabi Ismail dan Abdulloh
4. Ulul Azmi : artinya Nabi yang memiliki ketabahan dan kesabaran yang luar bi-
asa
5. Nabi Ismail dikorbankan oleh Nabi Ibrohim karena perintah Allah yang akhirnya
menjadi kegiatan ibadah Qurban, sedangkan Abdulloh dikurbankan kepada Berha
la-berhala karena perintah ahli nujum demi keselmatan Abdul Mutholib, yang
akhirnya Abdulloh ditukar dengan 100 ekor unta
6. Quraisy artinya Saudagar Besar
RENCANA PEMBELAJARAN I
PENILAIAN TINDAKAN KELAS (PTK)
Mata Pelajaran : Tarikh / Sejarah Islam
Kelas /Semester : X / 1 ( Ganjil )
Pokok Bahasan : 1. Arab Pra Islam
Sub Pokok Bahasan : 1.Tinjauan secara ekonomis, Historis dan Kebudayaan
Arab sebelumkedatangan agama Islam
Waktu : 45 menit (1 jam Pelajaran)
A.TUJUAN INSTRUKSIONAL (PEMBELAJARAN) UMUM :
Siswa memahami dan mengerti keadaan Arab sebelum kedatangan agama Islam
B.TUJUAN INSTRUKSIONAL (PEMBELAJARAN) KHUSUS :
Diharapkan setelah kegiatan Belajar Mengajar siswa :
1.Dapat menerangkan kegiatan ekonomi bangsa Arab
2.Dapat MENERANGKAN ISI ayat Al Qur’an surat Al Quraisy
3.Dapat menyebutkan silsilah keturunan Nabi
4.Dapat menyebutkan peristiwa yang melatar – belakangi kelahiran Nabi
5.Dapat MENERANGKAN ISI Al Qur’an surat Al Fiil
6.Dapat menerangkan pengertian Tahun Gajah
C. TUJUAN INSTRUKSIONAL (PEMBELAJARAN) PERBAIKAN :
1. - Siswa mau mengajukan pertanyaan kepada guru tentang pelajaran yang
belum jelas
2. - Siswa mau menjawab pertanyaan guru yang diajukan kepada seluruh kelas
3. - Siswa mampu menjawab pertanyaan guru dengn tepat
D.MATERI DAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
1. Materi :
a. Keadaan ekonomi bangsa Arab
b. isi surat Al Quraisy
c. silsilah keturunan Nabi
d. peristiwa yang melatar – belakangi kelahiran Nabi
e. isi surat Al Fiil
f. pengertian Tahun Gajah
2. Pendekatan dan Methode Yang Digunakan :
a. Pendekatan : secara klasikal
b. Methode : Ceramah dan Tanya Jawab
3. Kegiatan Belajar Mengajar
a. persiapan/pra Kegiatan
1). Mengucapkan salam
2). Menyiapkan Alat peraga/gambar peta
3). Mengisi Daftar Hadir
4). Meminta siswa menyiapkan alat tulis
b. Kegiatan Awal
1). Guru menyampaikan materi pelajaran dan tujuan kegiatan pembelajaran
hari ini
2). Guru mengajukan pertanyaan untuk menarik perhatian siswa :
a). Kenapa bangsa Arab dikenal sebagai pedagang ?
b). Tahukah kalian apa isi surat Al Quraisy dan Al Fiil ?
c). Kenapa tahun kelahiran Nabi disebut dengan istilah
tahun Gajah ?
c. Kegiatan Inti
1). Guru menjelaskan kegiatan ekonomi bangsa Arab
2). Guru menjelaskan isi surat Al Quraisy
3). Guru menjelaskan silsilah keturunan Nabi
4). Guru menjelaskan peristiwa yang melatar – belakangi
kelaahiran Nabi
5). Guru menjelaskan isi surat Al Fiil
6). Guru menjelaskan pengertian Tahun Gajah
d. Kegiatan Akhir
1). Guru membimbing siswa merangkum materi yang telah dibahas
2). Siswa mengikuti tes Formatif
4. Alat dan sumber Bahan
a. Alat :
- alat tulis menulis
- peta/globe
- Al Qur,an
b. Sumber ;
Buku Sejarah Islam untuk SMA karya Nadjamudin Penerbit
Tiga Serangkai, Solo.
D. PENILAIAN
1. Prosedur Penilaian : Akhir Pembelajaran
2. Jenis Penilaian ; Tertulis
3. Alat Penilaian : Tes Uraian
Jawablah Pertanyaan di bawah ini !
1). Terangkan kegiatan ekonomi bangsa Arab
2). Jelaskan isi Al Qur’an surat Al Quraisy
3). Jelaskan silsilah keturunan Nabi
4). Jelaskan peristiwa yang melatar – belakan kelahiran Nabi
5). Jelaskan isi Al Qur’an surat Al Fiil
6). Jelaskan pengertian Tahun Gajah
Bumiayu, 7 Maret 2007
Guru Pembimbing Praktekan
Nihayatul Bahiyah SAg Drs. Harun Nurosid
Mengetahui :
Kepala SMA Islam T. Huda
Bumiayu
Drs. Mungal Purnomo
KUNCI JAWABAN
1. Orang Arab dalam kehidupan sehari-hari sejak jaman dahulu selalu melakukan
kegiatan ekonomi berdagang
2. Isi surat Al Qur’an surat Al Quraisy menceritakan tentang kebiasaan orang-
orang Arab dalam melakukan perjalanan untuk berdagang ke wilayah lain.
3. Silsilah keluarga /keturunan Nabi Muhammad SAW. :
Nabi Ibrohim AS
Nabi Ismail
Adnan
Fihr
Kilab
Qushai Zuhrah
Hasyim Abdi Manaf
Abdul Mutholib Wahab
Abdullah Aminah
Muhammad SAW
4. Menjelang Nabi Muhammad SAW. Lahir terjadi peristiwa penyerangan Ka’bah
oleh pasukan Gajah yang dipimpin oleh Abrohah
5. Isi surat Al Fiil menceritakan tentang pasukan Gajah yang akan menghancurkan
Ka’bah digagalkan oleh Allah dengan mengirim burung Ababil yang menjatuhkan
batuan-batuan kepada pasukan gajah sehingga merekan hancur bagaikan daun di
makan ulat
6. Tahun Gajah adalah sebutan untuk Tahun dimana peristiwa penyerangan pasukan
Gajah ke Ka’bah terjadi
RENCANA PEMBELAJARAN II
PENILAIAN TINDAKAN KELAS (PTK)
Mata Pelajaran : Tarikh / Sejarah Islam
Kelas /Semester : X / 1 ( Ganjil )
Pokok Bahasan : 2. Arab Sesudah Islam
Sub Pokok Bahasan : 2.1 – masa kelahiran nabi
Waktu : 45 menit (1 jam Pelajaran)
A.TUJUAN INSTRUKSIONAL (PEMBELAJARAN) UMUM :
Siswa memahami dan mengerti peristiwa sekitar masa kelahiran Nabi
Muhammad SAW dan sesudah kedatangan agama Islam
B.TUJUAN INSTRUKSIONAL (PEMBELAJARAN) KHUSUS :
Diharapkan setelah kegiatan Belajar Mengajar siswa :
1.Dapat menerangkan peristiwa yang melatar belakangi kelahiran Nabi
2.Dapat menyebutkan tanggal kelahiran Nabi
3.Dapat menyebutkan asal usul keturunan Nabi
4.Dapat menerangkan sebab-sebab nabi dijuluki “ Putra dua orang Qurban”
5.Dapat menyebutkan nama-nama keluarga Nabi yang pernah diqurbankan
6.Dapat menyebutkan nama keluarga nabi yang bergelar Quraisy
C.TUJUAN INSTRUKSIONAL (PEMBELAJARAN) KHUSUS PERBAIKAN :
1. Siswa mau mencatat penjelasan atau keterangan guru secara lengkap
di buku catatan masing-masing
2. Siswa mau mengajukan pertanyaan kepada guru tentang pelajaran
yang belum jelas
D.MATERI DAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
1.Materi :
a. Peristiwa penyerangan Ka’bah
b. masa kelahiran nabi
c. silsilah keluarga Nabi
d. gelar/julukan Nabi
e. peristiwa pengorbanan Nabi Ismail dan Abdulloh
f. pengertian Quraisy
2.Pendekatan dan Methode Yang Digunakan :
a. Pendekatan : secara klasikal
b. Methode : Ceramah dan Tanya Jawab
3.Kegiatan Belajar Mengajar
c. persiapan/pra Kegiatan
1). Mengucapkan salam
2). Menyiapkan Alat peraga/gambar peta
3). Mengisi Daftar Hadir
d). Meminta siswa menyiapkan alat tulis
d. Kegiatan Awal
1). Guru menyampaikan materi pelajaran dan tujuan kegiatan pembelajaran
hari ini
2). Guru mengajukan pertanyaan untuk menarik perhatian siswa :
a). Kenapa Abrohah ingin menghancurkan Ka’bah ?
b). Peringatan Maulud nabi diadakan untuk apa ? Kapan ?
c). Kenapa Nabi Ismail dan abdulloh akan dikorbankan ?
e. Kegiatan Inti
1 ). Guru menjelaskan Peristiwa penyerangan Ka’bah
2 ). Guru menjelaskan masa kelahiran nabi
3 ). Guru menjelaskan silsilah keluarga Nabi
4 ). Guru menjelaskan gelar/julukan Nabi
5 ). Guru menjelaskan peristiwa pengorbanan Nabi Ismail dan
Abdulloh
6 ). Guru menjelaskan pengertian Quraisy
f. Kegiatan Akhir
1). Guru membimbing siswa merangkum materi yang telah dibahas
2). Siswa mengikuti tes Formatif
4. Alat dan sumber Bahan
a. Alat :
- alat tulis menulis
- peta/globe
- Al Qur,an
b. Sumber ;
Buku Sejarah Islam untuk SMA karya Nadjamudin Penerbit
Tiga Serangkai, Solo.
D. PENILAIAN
a. Prosedur Penilaian : Akhir Pembelajaran
b. Jenis Penilaian ; Tertulis
c. Alat Penilaian : Tes Uraian
Jawablah Pertanyaan di bawah ini !
a. Terangkan Peristiwa penyerangan Ka’bah !
b. Sebutkan tanggal kelahiran nabi !
c. Terangkan silsilah keluarga Nabi !
d. Terangkan gelar/julukan Nabi!
e. Terangkan peristiwa pengorbanan Nabi Ismail dan Abdulloh !
f. Terangkan pengertian Quraisy !
Bumiayu, 13 Maret 2007
Guru Pembimbing Praktekan
Nihayatul Bahiyah SAg Drs. Harun Nurosid
Mengetahui :
Kepala SMA Islam T. Huda
Bumiayu
Drs. Mungal Purnomo
KUNCI JAWABAN
1. menceritakan tentang pasukan Gajah yang akan menghancurkan Ka’bah digagal-
kan oleh Allah dengan mengirimkan pasukan burung Ababil yang menjatuhkan
batuan-batuan kepada pasukan Gajah sehingga mereka hancur bagaikan daun di
makan ulat
2. Hari Senin, 12 Rabiul Awal 571 M.
3. Silsilah keluarga /keturunan Nabi Muhammad SAW. :
Nabi Ibrohim AS
Nabi Ismail
Adnan
Fihr
Kilab
Qushai Zuhrah
Hasyim Abdi Manaf
Abdul Mutholib Wahab
Abdullah Aminah
Muhammad SAW
4. l. Al Amin, artinya dapat dipercaya
2. Khotamul Anbiya wal mursalin : artinya penutup para nabi dan rosul
3. Putra dua orang korban : artinya keturunan dari dua orang yang dikorbankan
yaitu Nabi Ismail dan Abdulloh
4. Ulul Azmi : artinya Nabi yang memiliki ketabahan dan kesabaran yang luar bi-
asa
5. Nabi Ismail dikorbankan oleh Nabi Ibrohim karena perintah Allah yang akhirnya
menjadi kegiatan ibadah Qurban, sedangkan Abdulloh dikurbankan kepada Berha
la-berhala karena perintah ahli nujum demi keselmatan Abdul Mutholib, yang
akhirnya Abdulloh ditukar dengan 100 ekor unta
6. Quraisy artinya Saudagar Besar
NILAI LAPORAN PELAKSANAAN
PENILAIAN TINDAKAN KELAS (PTK)
No. Aspek yang dinilai Skor yang diperoleh
1. Pendahuluan
2. Perencanaan PTK
a. Identifikasi Masalah
b. Analisis dan Perumusan Masalah
c. Rencana Perbaikan
3. Pelaksanaan PTK
a. Tempat dan Waktu Pelaksanaan
b. Prosedur Pelaksanaan
c. Hal-hal yang Unik
4. Temuan (Hasil yang diperoleh)
a. Hasil Pengolahan Data dan Refleksi
b. Deskripsi Temuan
c. Pembahasan
5. Kesimpulan dan Saran Tindak Lanjut
a. Kesimpulan
b. Saran Tindak Lanjut
Jumlah
Bumiayu, Maret 2007
Supervisor 1 Supervisor 2
Nihayatul Bahiyah SAg. Drs. Mualip
Mengetahui:
Kepala SMA Islam T. Huda
Bumiayu
Drs. Mungal Purnomo
LEMBAR OBSERVASI
NAMA GURU : Drs. HARUN NUROSID
KELAS : X 4
POKOK BAHASAN/TEMA : Arab Pra Islam
SUB POKOK BAHASAN/ANAK TEMA : Tinjauan secara ekonomis, Historis Dan
Kebudayaan Arab sebelum Kedatangan
agama Islam
HARI/TANGGAL : Kamis, tanggal 1 Maret 2007
TEMPAT LATIHAN/PRAKTEK : SMA Islam T. Huda Bumiayu
No. Komponen yang diamati Kemunculan Keterangan
1. Menyediakan pijakan
2. Memberikan tuntunan
3. Melakukan kegiatan pembelajaran yang bervariasi
4. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk berbuat langsung
5. Memenuhi kebutuhan siswa baik individual dan kelompok
6. Melibatkan siswa sebanyak mungkin dalam kegiatan pembelajaran
7. Memeriksa pemahaman siswa
8. Memberikan balikan
9. Memberikan penguatan
KESIMPULAN :
……………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………..
………………………..
Mengetahui
Kepala Sekolah Pengamat
Drs. Mungal Purnomo Nihayatul Bahiyah, SAg.
Cara Pengisian.
- Kolom KEMUNCULAN diisi dengan tallis pada komponen yang diobservasi selama
kegiatan pembelajaran berlangsung
- Kolom KETERANGAN diisi dengan komentar pengamat tentang kesesuaian efektifitas
kegiatan yang dilakukan guru/calon guru dalam pembelajaran
LEMBAR OBSERVASI
NAMA GURU : Drs. HARUN NUROSID
KELAS : X 1
POKOK BAHASAN/TEMA : Arab Sesudah Islam
SUB POKOK BAHASAN/ANAK TEMA : Masa kelahiran nabi
HARI/TANGGAL : Kamis, tanggal 8 Maret 2007
TEMPAT LATIHAN/PRAKTEK : SMA Islam T. Huda Bumiayu
No. Komponen yang diamati Kemunculan Keterangan
1. Menyediakan pijakan
2. Memberikan tuntunan
3. Melakukan kegiatan pembelajaran yang bervariasi
4. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk berbuat langsung
5. Memenuhi kebutuhan siswa baik individual dan kelompok
6. Melibatkan siswa sebanyak mungkin dalam kegiatan pembelajaran
7. Memeriksa pemahaman siswa
8. Memberikan balikan
9. Memberikan penguatan
KESIMPULAN :
……………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………..
………………………..
Mengetahui
Kepala Sekolah Pengamat
Drs. Mungal Purnomo Drs. Mualip
Cara Pengisian.
- Kolom KEMUNCULAN diisi dengan tallis pada komponen yang diobservasi selama
kegiatan pembelajaran berlangsung
- Kolom KETERANGAN diisi dengan komentar pengamat tentang kesesuaian efektifitas
kegiatan yang dilakukan guru/calon guru dalam pembelajaran
LEMBAR OBSERVASI
NAMA GURU : Drs. HARUN NUROSID
KELAS : X 2
POKOK BAHASAN/TEMA : Arab Pra Islam
SUB POKOK BAHASAN/ANAK TEMA : Tinjauan secara ekonomis, Historis Dan
Kebudayaan Arab sebelum Kedatangan
agama Islam
HARI/TANGGAL : Rabu, tanggal 7 Maret 2007
TEMPAT LATIHAN/PRAKTEK : SMA Islam T. Huda Bumiayu
No. Komponen yang diamati Kemunculan Keterangan
1. Menyediakan pijakan
2. Memberikan tuntunan
3. Melakukan kegiatan pembelajaran yang bervariasi
4. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk berbuat langsung
5. Memenuhi kebutuhan siswa baik individual dan kelompok
6. Melibatkan siswa sebanyak mungkin dalam kegiatan pembelajaran
7. Memeriksa pemahaman siswa
8. Memberikan balikan
9. Memberikan penguatan
KESIMPULAN :
……………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………..
………………………..
Mengetahui
Kepala Sekolah Pengamat
Drs. Mungal Purnomo Nihayatul Bahiyah, SAg.
Cara Pengisian.
- Kolom KEMUNCULAN diisi dengan tallis pada komponen yang diobservasi selama
kegiatan pembelajaran berlangsung
- Kolom KETERANGAN diisi dengan komentar pengamat tentang kesesuaian efektifitas
kegiatan yang dilakukan guru/calon guru dalam pembelajaran
LEMBAR OBSERVASI
NAMA GURU : Drs. HARUN NUROSID
KELAS : X 3
POKOK BAHASAN/TEMA : Arab Sesudah Islam
SUB POKOK BAHASAN/ANAK TEMA : Masa kelahiran nabi
HARI/TANGGAL : Kamis, tanggal 13 Maret 2007
TEMPAT LATIHAN/PRAKTEK : SMA Islam T. Huda Bumiayu
No. Komponen yang diamati Kemunculan Keterangan
1. Menyediakan pijakan
2. Memberikan tuntunan
3. Melakukan kegiatan pembelajaran yang bervariasi
4. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk berbuat langsung
5. Memenuhi kebutuhan siswa baik individual dan kelompok
6. Melibatkan siswa sebanyak mungkin dalam kegiatan pembelajaran
7. Memeriksa pemahaman siswa
8. Memberikan balikan
9. Memberikan penguatan
KESIMPULAN :
……………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………..
………………………..
Mengetahui
Kepala Sekolah Pengamat
Drs. Mungal Purnomo Drs. Mualip
Cara Pengisian.
- Kolom KEMUNCULAN diisi dengan tallis pada komponen yang diobservasi selama
kegiatan pembelajaran berlangsung
- Kolom KETERANGAN diisi dengan komentar pengamat tentang kesesuaian efektifitas
kegiatan yang dilakukan guru/calon guru dalam pembelajaran
ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU 1 (APKG 1)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN PEMBELAJARAN
NAMA : Drs. HARUN NUROSID
TEMPAT PKM : SMA Islam T. Huda Bumiayu
KELAS : X 4
MATA PELAJARAN : Tarikh/Sejarah Islam
WAKTU : pkl. 10.30 s-d 11.15 WIB
TANGGAL : 1 Maret 2007
PETUNJUK :
Baca dengan cermat rencana pembelajaran yang akan digunakan oleh guru/mahasiswa ketika mengajar, kemudian nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian di bawah ini.
1. Menentukan bahan pembelajaran dan merumuskan tujuan 1 2 3 4 5
1.1 Menggunakan bahan pembelajaran yang sesuai dengan
Kurikulum (GBPP)
1.2 Merumuskan tujuan khusus
Rata-rata butir 1 = A = …
2. Mengembangkan dan mengorganisasikan materi media
(alat bantu pembelajaran ) dan sumber belajar
2.1 Mengembangkan dan mengorganisasikan
Materi Pembelajaran
2.2. Menentukan dan mengembangkan alat bantu
alat Pembelajaran
2.3 Memilih sumber belajar
Rata-rata butir 2 = B = ….. 3. Merencanakan skenario kegiatan pembelajaran
3.1 Menentukan jenis kegiatan pembelajaran
3.2 Menyusun langkah pembelajaran
3.3 Menentukan alokasi waktu pembelajaran
3.4 Menentukan cara-cara memotivasi siswa
3.5 Menyiapkan pertanyaan
Rata-rata butir 3 = C = ….
4. Merancang pengelolaan kelas
4.1 Menentukan penataan ruang
dan fasilitas belajar
4.2 Menentukan cara-cara pengorganisasian
siswa agar siswa dapat berpartisipasi dalam
pembelajaran Rata-rata butir 4 = D = ….
5. Merencanaka prosedur , jenis dan menyiapkan
alat penilaian
5.1 Merencanakan prosedur dan jenis penilaian
5.2 Membuata alat penilaian dan kunci jawaban
Rata-rata butir 5 = E = ….
6. Tampilan dokumen rencana pembelajaran
6.1 Kebersihan dan kerapihan
6.2 Penggunaan bahasa tulis
Rata-rata butir 6 = F = ….
NILAI APKG 1 = R
R = A + B + C + D + E + F =
6
Supervisor 2 Supervisor 1
Drs. Mualip Nihayatul Bahiyah SAg.
ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU 1 (APKG 1)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN PEMBELAJARAN
NAMA : Drs. HARUN NUROSID
TEMPAT PTK : SMA Islam T. Huda Bumiayu
KELAS : X 2
MATA PELAJARAN : Tarikh/Sejarah Islam
WAKTU : pkl. 11.15 s-d 12.00 WIB
TANGGAL : 7 Maret 2007
PETUNJUK :
Baca dengan cermat rencana pembelajaran yang akan digunakan oleh guru/mahasiswa ketika mengajar, kemudian nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian di bawah ini.
1. Menentukan bahan pembelajaran dan merumuskan tujuan 1 2 3 4 5
1.3 Menggunakan bahan pembelajaran yang sesuai dengan
Kurikulum (GBPP)
1.4 Merumuskan tujuan khusus
Rata-rata butir 1 = A = …
2. Mengembangkan dan mengorganisasikan materi media
(alat bantu pembelajaran ) dan sumber belajar
2.1 Mengembangkan dan mengorganisasikan
Materi Pembelajaran
2.2. Menentukan dan mengembangkan alat bantu
alat Pembelajaran
2.3 Memilih sumber belajar
Rata-rata butir 2 = B = ….. 3. Merencanakan skenario kegiatan pembelajaran
3.1 Menentukan jenis kegiatan pembelajaran
3.2 Menyusun langkah pembelajaran
3.3 Menentukan alokasi waktu pembelajaran
3.4 Menentukan cara-cara memotivasi siswa
3.5 Menyiapkan pertanyaan
Rata-rata butir 3 = C = ….
4. Merancang pengelolaan kelas
4.1 Menentukan penataan ruang
dan fasilitas belajar
4.2 Menentukan cara-cara pengorganisasian
siswa agar siswa dapat berpartisipasi dalam
pembelajaran Rata-rata butir 4 = D = ….
5. Merencanaka prosedur , jenis dan menyiapkan
alat penilaian
5.1 Merencanakan prosedur dan jenis penilaian
5.2 Membuata alat penilaian dan kunci jawaban
Rata-rata butir 5 = E = ….
6. Tampilan dokumen rencana pembelajaran
6.1 Kebersihan dan kerapihan
6.2 Penggunaan bahasa tulis
Rata-rata butir 6 = F = ….
NILAI APKG 1 = R
R = A + B + C + D + E + F =
6
Supervisor 2 Supervisor 1
Drs. Mualip Nihayatul Bahiyah SAg.
ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU 1 (APKG 1)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN PEMBELAJARAN
NAMA : Drs. HARUN NUROSID
TEMPAT PTK : SMA Islam T. Huda Bumiayu
KELAS : X 3
MATA PELAJARAN : Tarikh/Sejarah Islam
WAKTU : pkl. 08.00 s-d 08.45 WIB
TANGGAL : 13 Maret 2007
PETUNJUK :
Baca dengan cermat rencana pembelajaran yang akan digunakan oleh guru/mahasiswa ketika mengajar, kemudian nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian di bawah ini.
1. Menentukan bahan pembelajaran dan merumuskan tujuan 1 2 3 4 5
1.5 Menggunakan bahan pembelajaran yang sesuai dengan
Kurikulum (GBPP)
1.6 Merumuskan tujuan khusus
Rata-rata butir 1 = A = …
2. Mengembangkan dan mengorganisasikan materi media
(alat bantu pembelajaran ) dan sumber belajar
2.1 Mengembangkan dan mengorganisasikan
Materi Pembelajaran
2.2. Menentukan dan mengembangkan alat bantu
alat Pembelajaran
2.3 Memilih sumber belajar
Rata-rata butir 2 = B = ….. 3. Merencanakan skenario kegiatan pembelajaran
3.1 Menentukan jenis kegiatan pembelajaran
3.2 Menyusun langkah pembelajaran
3.3 Menentukan alokasi waktu pembelajaran
3.4 Menentukan cara-cara memotivasi siswa
3.5 Menyiapkan pertanyaan
Rata-rata butir 3 = C = ….
4. Merancang pengelolaan kelas
4.1 Menentukan penataan ruang
dan fasilitas belajar
4.2 Menentukan cara-cara pengorganisasian
siswa agar siswa dapat berpartisipasi dalam
pembelajaran Rata-rata butir 4 = D = ….
5. Merencanaka prosedur , jenis dan menyiapkan
alat penilaian
5.1 Merencanakan prosedur dan jenis penilaian
5.2 Membuata alat penilaian dan kunci jawaban
Rata-rata butir 5 = E = ….
6. Tampilan dokumen rencana pembelajaran
6.1 Kebersihan dan kerapihan
6.2 Penggunaan bahasa tulis
Rata-rata butir 6 = F = ….
NILAI APKG 1 = R
R = A + B + C + D + E + F =
6
Supervisor 2 Supervisor 1
Drs. Mualip Nihayatul Bahiyah SAg.
ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU 1 (APKG 1)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN PEMBELAJARAN
NAMA : Drs. HARUN NUROSID
TEMPAT PTK : SMA Islam T. Huda Bumiayu
KELAS : X 1
MATA PELAJARAN : Tarikh/Sejarah Islam
WAKTU : pkl. 11.15 s-d 12.00 WIB
TANGGAL : Kamis, tanggal 8 Maret 2007
PETUNJUK :
Baca dengan cermat rencana pembelajaran yang akan digunakan oleh guru/mahasiswa ketika mengajar, kemudian nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian di bawah ini.
1. Menentukan bahan pembelajaran dan merumuskan tujuan 1 2 3 4 5
1.1Menggunakan bahan pembelajaran yang sesuai dengan
Kurikulum (GBPP)
1.7 Merumuskan tujuan khusus
Rata-rata butir 1 = A = …
2. Mengembangkan dan mengorganisasikan materi media
(alat bantu pembelajaran ) dan sumber belajar
2.1 Mengembangkan dan mengorganisasikan
Materi Pembelajaran
2.2. Menentukan dan mengembangkan alat bantu
alat Pembelajaran
2.3 Memilih sumber belajar
Rata-rata butir 2 = B = ….. 3. Merencanakan skenario kegiatan pembelajaran
3.1 Menentukan jenis kegiatan pembelajaran
3.2 Menyusun langkah pembelajaran
3.3 Menentukan alokasi waktu pembelajaran
3.4 Menentukan cara-cara memotivasi siswa
3.5 Menyiapkan pertanyaan
Rata-rata butir 3 = C = ….
4. Merancang pengelolaan kelas
4.1 Menentukan penataan ruang
dan fasilitas belajar
4.2 Menentukan cara-cara pengorganisasian
siswa agar siswa dapat berpartisipasi dalam
pembelajaran Rata-rata butir 4 = D = ….
5. Merencanaka prosedur , jenis dan menyiapkan
alat penilaian
5.1 Merencanakan prosedur dan jenis penilaian
5.2 Membuata alat penilaian dan kunci jawaban
Rata-rata butir 5 = E = ….
6. Tampilan dokumen rencana pembelajaran
6.1 Kebersihan dan kerapihan
6.2 Penggunaan bahasa tulis
Rata-rata butir 6 = F = ….
NILAI APKG 1 = R
R = A + B + C + D + E + F =
6
Supervisor 2 Supervisor 1
Drs. Mualip Nihayatul Bahiyah SAg.
ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU 2 (APKG 2)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN PEMBELAJARAN
NAMA : Drs. HARUN NUROSID
TEMPAT PKM : SMA Islam T. Huda Bumiayu
KELAS : X 4
MATA PELAJARAN : Tarikh/Sejarah Islam
WAKTU : pkl. 10.30 s-d 11.15 WIB
TANGGAL : 1 Maret 2007
PETUNJUK :
1. Amatilah dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung
2. Pusatkan perhatian anda pada kemmpuan guru dalam mengelola pembelajaran serta
dampaknya pada siswa
3. Nilailah kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian berikut
4. Nilailah semua aspek kemampuan guru
1. Mengolah ruang dan fasilitas belajar 1 2 3 4 5
1.1 Menata fasilitas dan sumber belajar
1.8 Merumuskan tujuan khusus
Rata-rata butir 1 = P = …
2. Melaksanakan Pembeljaran
2.1 Memulai pelajaran
2.2. Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan
tujuan siswa, situasi dan lingkungan
2.3 Menggunakan alat bantu,(media) pembelajaran
yang sesuai dengan tujuan, situasi dan lingkungan
2.4 Melaksanakan pembelajaran dengan urutan yang logis
2.5 Melaksanakan pembelajaran secara individual,
kelompok atau klasikal
2.6 Mengelola waktu waktu pembelajaran secara efisien
2.7 Menentukan cara-cara memotivasi siswa
Rata-rata butir 2 = Q = …
3. Mengelola interaksi kelas
3.1 Memberi petunjuk dan penjelasan yang
berkaitan dengan isi pembelajaran
3.2 Menangani pertanyaan dan respon siswa
3.3 Menggunakan ekspresi lisan, isyarat dan gerak badan
3.4 Memicu dan memelihara keterlibatan siswa
3.5 Memantapkan penguasaan materi belajar
Rata-rata butir 3 = R = ….
4. Bersikap terbuka dan luwes dalam membantu mengembangkan
sikap positif siswa terhadap belajar
1 2 3 4 5
4.1 Menunjukkan sikap ramah, luwes ,terbuka
penuh pengertian dan sabar kepada siswa
4.2 Menunjukkan kegairahan dalam mengajar
4.3 Mengembangkan hubungan antar pribadi
yang sehat dan serasi
4.4 Membantu siswa menyadari kelebihan dan
kekurangan
4.5 Membantu siswa menumbuhkan kepercayaan diri
Rata-rata butir 4 = S = ….
5. Mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam
Pembelajaran mata pelajaran Sejarah Islam
5.1 Meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses
Pembelajaran
5.2 Ketrampilan penggunaan istilah-istilah khusus
dalam Sejarah Islam
5.3 Penguasaan materi Sejarah Islam
5.4 Menerapkan konsep-konsep Sejarah Islam dalam
kehidupan sehari-hari
Rata-rata butir 5 = T = ….
6. Melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar
6.1 Melaksanakan penilaian selama proses
pembelajaran
6.2 Melaksanakan penilaian pada akhir pembelajaran
dalam Sejarah Islam
Rata-rata butir 6 = U = ….
7. Kesan Umum Pelaksanaan pembelajara
7.1 Keefektifan proses pembelajaran
7.2 Penggunaan bahasa Indonesia lisan
7.3 Peka terhadap kesalahan berbahasa siswa
7.4 Penampilan guru dalam pembelajaran
Rata-rata butir 7 = V = ….
NILAI APKG 2 = R
R = P + Q + R + S + T + U + V =
7
Supervisor 2 Supervisor 1
Drs. Mualip Nihayatul Bahiyah SAg.
ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU 2 (APKG 2)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN PEMBELAJARAN
NAMA : Drs. HARUN NUROSID
TEMPAT PTK : SMA Islam T. Huda Bumiayu
KELAS : X 2
MATA PELAJARAN : Tarikh/Sejarah Islam
WAKTU : pkl. 11.15 s-d 12.00 WIB
TANGGAL : 7 Maret 2007
PETUNJUK :
1. Amatilah dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung
2. Pusatkan perhatian anda pada kemmpuan guru dalam mengelola pembelajaran serta
dampaknya pada siswa
3. Nilailah kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian berikut
4. Nilailah semua aspek kemampuan guru
1. Mengolah ruang dan fasilitas belajar 1 2 3 4 5
1.1 Menata fasilitas dan sumber belajar
1.9 Merumuskan tujuan khusus
Rata-rata butir 1 = P = …
2. Melaksanakan Pembeljaran
2.1 Memulai pelajaran
2.2. Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan
tujuan siswa, situasi dan lingkungan
2.3 Menggunakan alat bantu,(media) pembelajaran
yang sesuai dengan tujuan, situasi dan lingkungan
2.4 Melaksanakan pembelajaran dengan urutan yang logis
2.5 Melaksanakan pembelajaran secara individual,
kelompok atau klasikal
2.6 Mengelola waktu waktu pembelajaran secara efisien
2.7 Menentukan cara-cara memotivasi siswa
Rata-rata butir 2 = Q = …
3. Mengelola interaksi kelas
3.1 Memberi petunjuk dan penjelasan yang
berkaitan dengan isi pembelajaran
3.2 Menangani pertanyaan dan respon siswa
3.3 Menggunakan ekspresi lisan, isyarat dan gerak badan
3.4 Memicu dan memelihara keterlibatan siswa
3.5 Memantapkan penguasaan materi belajar
Rata-rata butir 3 = R = ….
4. Bersikap terbuka dan luwes dalam membantu mengembangkan
sikap positif siswa terhadap belajar
1 2 3 4 5
4.1 Menunjukkan sikap ramah, luwes ,terbuka
penuh pengertian dan sabar kepada siswa
4.2 Menunjukkan kegairahan dalam mengajar
4.3 Mengembangkan hubungan antar pribadi
yang sehat dan serasi
4.4 Membantu siswa menyadari kelebihan dan
kekurangan
4.6 Membantu siswa menumbuhkan kepercayaan diri
Rata-rata butir 4 = S = ….
5. Mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam
Pembelajaran mata pelajaran Sejarah Islam
5.1 Meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses
Pembelajaran
5.2 Ketrampilan penggunaan istilah-istilah khusus
dalam Sejarah Islam
5.3 Penguasaan materi Sejarah Islam
5.4 Menerapkan konsep-konsep Sejarah Islam dalam
kehidupan sehari-hari
Rata-rata butir 5 = T = ….
6. Melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar
6.1 Melaksanakan penilaian selama proses
pembelajaran
6.2 Melaksanakan penilaian pada akhir pembelajaran
dalam Sejarah Islam
Rata-rata butir 6 = U = ….
7. Kesan Umum Pelaksanaan pembelajara
7.1 Keefektifan proses pembelajaran
7.2 Penggunaan bahasa Indonesia lisan
7.3 Peka terhadap kesalahan berbahasa siswa
7.4 Penampilan guru dalam pembelajaran
Rata-rata butir 7 = V = ….
NILAI APKG 2 = R
R = P + Q + R + S + T + U + V =
7
Supervisor 2 Supervisor 1
Drs. Mualip Nihayatul Bahiyah SAg.
ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU 2 (APKG 2)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN PEMBELAJARAN
NAMA : Drs. HARUN NUROSID
TEMPAT PTK : SMA Islam T. Huda Bumiayu
KELAS : X 3
MATA PELAJARAN : Tarikh/Sejarah Islam
WAKTU : pkl. 08.00 s-d 08.45 WIB
TANGGAL : 13 Maret 2007
PETUNJUK :
1. Amatilah dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung
2. Pusatkan perhatian anda pada kemmpuan guru dalam mengelola pembelajaran serta
dampaknya pada siswa
3. Nilailah kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian berikut
4. Nilailah semua aspek kemampuan guru
1. Mengolah ruang dan fasilitas belajar 1 2 3 4 5
1.1 Menata fasilitas dan sumber belajar
1.10 Merumuskan tujuan khusus
Rata-rata butir 1 = P = …
2. Melaksanakan Pembeljaran
2.1 Memulai pelajaran
2.2. Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan
tujuan siswa, situasi dan lingkungan
2.3 Menggunakan alat bantu,(media) pembelajaran
yang sesuai dengan tujuan, situasi dan lingkungan
2.4 Melaksanakan pembelajaran dengan urutan yang logis
2.5 Melaksanakan pembelajaran secara individual,
kelompok atau klasikal
2.6 Mengelola waktu waktu pembelajaran secara efisien
2.7 Menentukan cara-cara memotivasi siswa
Rata-rata butir 2 = Q = …
3. Mengelola interaksi kelas
3.1 Memberi petunjuk dan penjelasan yang
berkaitan dengan isi pembelajaran
3.2 Menangani pertanyaan dan respon siswa
3.3 Menggunakan ekspresi lisan, isyarat dan gerak badan
3.4 Memicu dan memelihara keterlibatan siswa
3.5 Memantapkan penguasaan materi belajar
Rata-rata butir 3 = R = ….
4. Bersikap terbuka dan luwes dalam membantu mengembangkan
sikap positif siswa terhadap belajar
1 2 3 4 5
4.1 Menunjukkan sikap ramah, luwes ,terbuka
penuh pengertian dan sabar kepada siswa
4.2 Menunjukkan kegairahan dalam mengajar
4.3 Mengembangkan hubungan antar pribadi
yang sehat dan serasi
4.4 Membantu siswa menyadari kelebihan dan
kekurangan
4.7 Membantu siswa menumbuhkan kepercayaan diri
Rata-rata butir 4 = S = ….
5. Mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam
Pembelajaran mata pelajaran Sejarah Islam
5.1 Meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses
Pembelajaran
5.2 Ketrampilan penggunaan istilah-istilah khusus
dalam Sejarah Islam
5.3 Penguasaan materi Sejarah Islam
5.4 Menerapkan konsep-konsep Sejarah Islam
kehidupan sehari-hari
Rata-rata butir 5 = T = ….
6. Melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar
6.1 Melaksanakan penilaian selama proses
pembelajaran
6.2 Melaksanakan penilaian pada akhir pembelajaran
dalam Sejarah Islam
Rata-rata butir 6 = U = ….
7. Kesan Umum Pelaksanaan pembelajara
7.1 Keefektifan proses pembelajaran
7.2 Penggunaan bahasa Indonesia lisan
7.3 Peka terhadap kesalahan berbahasa siswa
7.4 Penampilan guru dalam pembelajaran
Rata-rata butir 7 = V = ….
NILAI APKG 2 = R
R = P + Q + R + S + T + U + V =
7
Supervisor 2 Supervisor 1
Drs. Mualip Nihayatul Bahiyah SAg.
ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU 2 (APKG 2)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN PEMBELAJARAN
NAMA : Drs. HARUN NUROSID
TEMPAT PTK : SMA Islam T. Huda Bumiayu
KELAS : X 1
MATA PELAJARAN : Tarikh/Sejarah Islam
WAKTU : pkl. 11.15 s-d 12.00 WIB
TANGGAL : 8 Maret 2007
PETUNJUK :
1. Amatilah dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung
2. Pusatkan perhatian anda pada kemmpuan guru dalam mengelola pembelajaran serta
dampaknya pada siswa
3. Nilailah kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian berikut
4. Nilailah semua aspek kemampuan guru
1. Mengolah ruang dan fasilitas belajar 1 2 3 4 5
1.1 Menata fasilitas dan sumber belajar
1.11 Merumuskan tujuan khusus
Rata-rata butir 1 = P = …
2. Melaksanakan Pembelajaran
2.1 Memulai pelajaran
2.2. Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan
tujuan siswa, situasi dan lingkungan
2.3 Menggunakan alat bantu,(media) pembelajaran
yang sesuai dengan tujuan, situasi dan lingkungan
2.4 Melaksanakan pembelajaran dengan urutan yang logis
2.5 Melaksanakan pembelajaran secara individual,
kelompok atau klasikal
2.6 Mengelola waktu waktu pembelajaran secara efisien
2.7 Menentukan cara-cara memotivasi siswa
Rata-rata butir 2 = Q = …
3. Mengelola interaksi kelas
3.1 Memberi petunjuk dan penjelasan yang
berkaitan dengan isi pembelajaran
3.2 Menangani pertanyaan dan respon siswa
3.3 Menggunakan ekspresi lisan, isyarat dan gerak badan
3.4 Memicu dan memelihara keterlibatan siswa
3.5 Memantapkan penguasaan materi belajar
Rata-rata butir 3 = R = ….
4. Bersikap terbuka dan luwes dalam membantu mengembangkan
sikap positif siswa terhadap belajar
1 2 3 4 5
4.1 Menunjukkan sikap ramah, luwes ,terbuka
penuh pengertian dan sabar kepada siswa
4.2 Menunjukkan kegairahan dalam mengajar
4.3 Mengembangkan hubungan antar pribadi
yang sehat dan serasi
4.4 Membantu siswa menyadari kelebihan dan
kekurangan
4.8 Membantu siswa menumbuhkan kepercayaan diri
Rata-rata butir 4 = S = ….
5. Mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam
Pembelajaran mata pelajaran Sejarah Islam
5.1 Meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses
Pembelajaran
5.2 Ketrampilan penggunaan istilah-istilah khusus
dalam Sejarah Islam
5.3 Penguasaan materi Sejarah Islam
5.4 Menerapkan konsep-konsep Sejarah Islam dalam
kehidupan sehari-hari
Rata-rata butir 5 = T = ….
6. Melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar
6.1 Melaksanakan penilaian selama proses
pembelajaran
6.2 Melaksanakan penilaian pada akhir pembelajaran
dalam Sejarah Islam
Rata-rata butir 6 = U = ….
7. Kesan Umum Pelaksanaan pembelajara
7.1 Keefektifan proses pembelajaran
7.2 Penggunaan bahasa Indonesia lisan
7.3 Peka terhadap kesalahan berbahasa siswa
7.4 Penampilan guru dalam pembelajaran
Rata-rata butir 7 = V = ….
NILAI APKG 2 = R
R = P + Q + R + S + T + U + V =
7
Supervisor 2 Supervisor 1
Drs. Mualip Nihayatul Bahiyah SAg.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar