mungkin rizqi anda :

Selamat Datang ! Selamat Membaca ! jumlah pengunjung dari negara: ...

free counters

Rabu, 20 Januari 2010

MEMAHAMI HATI WANITA DAN PRIA


“ Hai manusia sesungguhnya telah aku ciptakan kalian dari laki-laki dan perempuan, dan kujadikan kalian berbangsa dan bersuku-suku, agar kalian saling mengenal “ ( Al Qur’an ). Saling mengenal, merupakan tujuan dari adanya perbedaan manusia , baik perbedaan jenis kelamin, bangsa maupun suku. Merupakan hal penting bagi manusia, yang dapat memperlancar hubungan antar sesama.
Perbedaan antara pria dan wanita penting diketahui agar terjalin saling pengetian dan hubungan harmonis antara laki-laki dan perempuan khususnya antara suami dan istri, dalam menjalani bahtera rumah tangga, yang selalu menghadapi gelombang , permasalahan hidup yang bisa menimbulkan stress.
TAK banyak yang tahu, sebenarnya pria dan wanita mempunyai perbedaan dalam menghadapi stres. Ada perbedaan terbesar diantara pria dan wanita. Pria akan selalu

menarik diri untuk memusatkan perhatian.
Biasanya ingin merampungkan persoalan lebih cepat serta tidak mau diganggu. Wanita akan berkeinginan untuk terus berbicara guna mengatasi kebingungan dan mengeluarkan tekanan emosi. Yang jelas, biasanya wanita akan terasa lega kalau sudah berbicara/ ngomel.
Pria akan merasa lebih baik kalau persoalannya cepat dipecahkan. Kadang kala mereka diam ingin menyendiri. Wanita akan merasa lebih baik kalau ada seseorang yang mau mendengarkan tentang masalah yang dihadapi. Biasanya kaum wanita ’’curhat’’ kepada orang yang dipercaya.
Dan bilamana masing-masing pasangan tidak memahami dan tidak mau menerima, tidak mustahil akan terjadi benturan-benturan di dalam rumah tangga mereka yang sebenarnya dapat dihindari. Bahkan tak mustahil bisa mengarah perceraian, demikian tutur pakar kejiwaan dr Debra Winger asal Carolina Selatan.
Mengharapkan pria (suami-red) yang sedang menarik diri untuk secara mendadak mau bersikap terbuka adalah suatu tindakan yang tidak realistis. Ini sama halnya dengan mengharapkan wanita yang tengah emosional untuk segera menjadi tenang dan berpikir dengan nalarnya. Jadi masing-masing harus memahami keadaan.
Di dalam menghadapi pria yang sedang menarik diri, maka ada lima kesalahan umum yang sering dilakukan wanita.
Pertama, menganggap pria tidak mau mendengarkan atau cuek.
Kedua, menganggap pria meninggalkannya atau tidak cinta lagi.
Ketiga, menganggap pria tidak memedulikannya.
Keempat, menganggap pria meremehkan dirinya atau merasa dihina. Kelima, menganggap pria tidak punya perasaan atau egois.
Wanita bila tengah emosional tidak dapat menguraikan kejadian-kejadian yang menjadi penyebab kejengkelannya. Bisa saja wanita itu membicarakan mengenai berbagai hal dari besar ke kecil, dari dulu sampai sekarang; dari penting sampai tidak penting.
Wanita tidak bisa secara langsung memecahkan kesulitan-kesulitannya, wanita akan mencari kelegaan dengan mengungkap dirinya ingin dimengerti, dengan membicarakan kesulitannya secara acak, emosi bisa menjadi reda.
Wanita perlu talking out. Dia merasa lebih ringan. Pergi keluar rumah untuk berbelanja, creambath dan lain-lain sesuai kemampuan keuangannya.
Pria yang tertekan dengan masalah memerlukan hal-hal kecil untuk mengalihkan persoalannya. Pria perlu memerlukan hal-hal kecil sampai menantang untuk menyalurkan tekanan emosinya.
Dengan mendengarkan wanita yang membicarakan emosinya, pria sering merasa sebagai orang yang harus dituntut bertanggung jawab karena pria hanya akan berbicara dengan dua alasannya: menyalahkan orang lain atau sedang membutuhkan nasihat.
Paling Unik
Wanita memang makhluk yang paling unik. Mengapa? Bila wanita sedang berbicara mengeluarkan tekanan emosi, pria tidak perlu memberikan jalan keluar. Mengapa? Bukan itu yang dibutuhkan oleh wanita.
Yang dibutuhkan hanya ’’perhatian dan kesediaan sang pria untuk mengerti dan mendengarkan.’’ Untuk memperoleh kelegaan, pria boleh mendorong wanita untuk terus mengeluarkan unek-uneknya.
Seperti halnya pria akan terpuaskan, jika dia berhasil menguraikan detail-detail rumit untuk menyelesaikan inti persoalan, wanita pun akan merasa puas. Untuk itu wanita perlu ’’curhat’’ kepada orang yang dapat menyimpan rahasia.
Bagi pria bilamana dia mau belajar untuk lebih banyak dan lebih sabar memuaskan wanita dengan memberikan dukungan emosional. Dia akan mendapati bahwa sebenarnya tidaklah sulit menjadi pendengar yang baik.
Dan itulah yang diharapkan seorang wanita. Wanita bisa mengingatkan pria bahwa dia hanya ingin berbicara dan tidak perlu membicarakan bantuan penyelesaian.
Pria dapat mengingatkan bahwa sikap menyerang atau mengecam yang diperlihatkan oleh wanita hanyalah bersifat semu dan sementara. Jadi harus bersabar.
Pria dapat mengingatkan wanitanya untuk sementara tidak mengajaknya berbicara pada saat dia ingin menarik diri (berdiam diri). Dan wanita dapat menghormati prianya, bilamana dia memberikan dukungan emosional dengan cara menahan diri untuk berbicara alias diam.
Berdasarkan cara ini, pria akan dapat lebih tenang setelah akhirnya memahami kebutuhan wanita untuk berbicara mengenai kesulitan-kesulitannya.
Pria akan lebih sanggup mendengarkannya harus merasa bertanggung jawab untuk memecahkan semua kesulitan wanita.
Wanita pada saat-saat prianya sedang menarik diri tidak perlu lagi merasa kecewa dan jengkel, lebih baik dia mencari hal-hal untuk memanjakan diri sendiri, seperti membaca, ke salon, berbelanja, berkunjung ke rumah teman.
Dan bila wanita dapat menyenangkan dirinya sendiri, maka pria akan merasa dicintai dan diterima, dan pria itu akan lebih cepat menggabungkan dirinya kembali dengan pasangannya. Bagi wanita, membagi kesulitan dengan orang lain merupakan tanda cinta dan kepercayaannya.
Bagi pria, menawarkan pemecahan masalah, merupakan tanda pembelaan dan penghormatan. Pria yang tidak mau mendengarkan akan mendorong wanitanya untuk menjadi lebih cerewet.
Sementara itu wanita yang mengecam pria karena menarik diri akan mendorong si pria lebih banyak berada di luar rumah.
Yang lebih penting lagi adalah kesadaran bahwa hidup tidak lepas dari ujian dan cobaan. Kesabaran merupakan salah satu solusi agar masalah yang dihadapi bisa diselesaikan dengan tenang. Dan berdoalah kepadaNYa agar senantiasa diberi jalan keluar dari masalah yang dihadapi

Silahkan baca juga artikel di bawah ini...



Widget by Hoctro | Jack Book

1 komentar:

  1. assalamualaikum pak harun.senangnya bisa nemu artikel yg bagus macam ini.perbanyak artikelnya ya[k.oh ya,ganti bekgronnya dong biar eye catching?

    BalasHapus