Kelas/Semester : X/2
Standar Kompetensi : 2. Menganalisis Peradaban Indonesia dan Dunia
Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan
Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar/Bahan/
Alat
Teknik Bentuk Instrumen Contoh
Instrumen
2.1. Menganalisis Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia
• Teori tentang proses munculnya kehidupan awal manusia dan masyarakat di kepulauan Indonesia
• Mendiskusikan dan menganalisis teori tentang proses munculnya kehidupan awal manusia dan masyarakat di kepulauan Indonesia
• Menganalisis proses munculnya kehidupan awal manusia dan masyarakat di kepulauan Indonesia
• Unjuk Kerja
• Diskusi
• Berdasarkan sejarah, pada zaman dehulu, bumi Indonesia bersatu dengan kawasan Australia dan Asia secara keseluruhan. Akan tetapi, pada nyatanya saat ini kawasan tersebut sudah tidak dalam satu daratan lagi. Menurut Anda, apakah penyebabnya? Diskusikan dengan teman-teman! (hal 112)
1x45 menit
• Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 108 – 112)
• Peta konsep
• OHP
• Buku-buku penunjang
• Internet
• Periodisasi perkembangan budaya masyarakat awal Indonesia • Menyusun periodisasi perkembangan budaya masyarakat awal Indonesia dari berbagai sumber • Menyusun periodisasi perkembangan budaya masyarakat zaman batu
• Menyusun periodisasi perkembangan budaya masyarakat zaman logam • Unjuk Kerja
• Portofolio • Diskusi
• Pembuatan skema
• Diskusikanlah mengenai perkembangan budaya pada masyarakat awal prasejarah di Indonesia
• Buatlah skematika perkembangan budaya pada masyarakat awal prasejarah di Indonesia! (hal 122) 2x45 menit • Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 112 – 122)
• Peta konsep
• OHP
• Buku-buku penunjang
• Internet
• Penemuan manusia purba dan hasil budayanya • Membaca dan mencari sumber lain tentang manusia purba dan hasil budayanya • Menjelaskan penemuan jenis-jenis manusia purba
• Menjelaskan hasil kebudayaan manusia purba
• Portofolio
• Unjuk Kerja
• Menyusun kronologi
• Diskusi • Susunlah kronologi mengenai jenis-jenis manusia purba yang ditemukan di Indonesia!
• Diskusikanlah faktor-faktor yang mendasari Kebudayaan Pacitan dan Kebudayaan Ngandong menjadi titik sentral proses penemuan bukti-bukti arkeologis di Indonesia! (hal 129) 2x45 menit • Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 122 – 129)
• Peta konsep
• OHP
• Buku-buku penunjang
• Internet
• Perkembangan kehidupan dari masyarakat berburu ke masyarakat pertanian • Menjelaskan perkembangan ciri-ciri kehidupan sosial, budaya, dan ekonomi dari masyarakat berburu ke masyarakat pertanian • Menjelaskan perkembangan ciri-ciri kehidupan sosial, budaya, dan ekonomi dari masyarakat berburu ke masyarakat pertanian • Portofolio
• Karangan analitis • Telitilah kehidupan masyarakat Indonesia saat ini, apakah teknik berhuma dan pola kepemimpinan primus inter pares pada masyarakat berburu dan mengumpulkan makanan masih juga berlaku di masyarakat modern? (hal 133) 1x45 menit • Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 129 – 133)
• Peta konsep
• OHP
• Buku penunjang
• Internet
• Perkembangan teknologi dan sistem kepercayaan awal • Menjelaskan perkembangan teknologi dan sistem kepercayaan awal • Menjelaskan perkembangan teknologi dan sistem kepercayaan awal • Portofolio
• Menyusun skematika
• Susunlah skematika perkembangan teknologi dan sistem kepercayaan awal masyarakat berburu dan berpindah tempat, bercocok tanam dan beternak, dan perundagian! (hal 136) 1x45 menit • Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 133 – 136)
• Peta konsep
• OHP
• Buku penunjang
• Internet
• Asal usul dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia • Menjelaskan asal usul dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia • Menjelaskan asal usul dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia • Tugas individu
• Pilihan ganda
• Uraian
• Benda yang mirip tempat menanak nasi terbalik adalah ….
a. artefak
b. gerabah
c. nekara
d. flakes
e. pebble (hal 141)
• Jelaskan mengenai asal usul nenek moyang bangsa Indonesia (hal 144)
1x45 menit • Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 136 – 144)
• Peta konsep
• OHP
• Buku-buku penunjang
• Internet
Mata Pelajaran : Sejarah SILABUS
Kelas/Semester : X/2
Standar Kompetensi : 2. Menganalisis Peradaban Indonesia dan Dunia
Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan
Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar/Bahan/
Alat
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen
2.2. Mengidentifikasi Peradaban Awal Masyarakat di Dunia yang Berpengaruh terhadap Peradaban Indonesia Peradaban Awal Masyarakat Dunia
• Pengertian peradaban
• Mendiskusikan pengertian peradaban, proses awal pembentukan peradaban, dan ciri-ciri peradaban awal dengn memberikan gambaran deskriptifnya
• Mendeskripsikan pengertian peradaban dan proses awal pembentukan peradaban
• Mendeskripsikan ciri-ciri peradaban awal
• Unjuk Kerja
• Portofolio
• Diskusi
• Karangan analitis
• Diskusikanlah penyebab berkembangnya peradaban awal di dunia! Mengapa pusat peradaban itu berada di daerah aliran sungai? (hal 149)
• Buatlah hasil diskusi dalam bentuk karangan analitis! (hal 149)
1x45 menit
• Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 145 – 149)
• Peta konsep
• OHP
• Buku-buku penunjang
• Internet
• Peradaban awal bangsa India • Membaca buku sumber dan buku penunjang lainnya tentang peradaban awal bangsa India • Mendeskripsikan peradaban lembah Sungai Indus dan Sungai Gangga
• Portofolio • Menyusun skematika • Susunlah skematika persamaan dan perbedaan antara peradaban Sungai Gangga dan Sungai Indus! (hal 153) 1x45 menit • Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 149 – 153)
• Peta konsep
• OHP
• Buku-buku penunjang
• Internet•
• Peradaban lembah Sungai Kuning (Hwang Ho) • Membaca buku sumber dan mendiskusikan tentang peradaban lembah Sungai Kuning (Hwang Ho) • Mendeskripsikan peradaban lembah Sungai Kuning (Hwang Ho)
Dinasti Shang dan Yin
Dinasti Chou
Dinasti Chin
Dinasti Han
Dinasti Tang
• Portofolio
• Rangkuman
• Buatlah rangkuman tentang pemikiran salah seorang tokoh filsafat Cina (Tao-Tse, Kong Fu Tse, atau Meng-Tse! Carilah informasi dari berbagai sumber yang ada! Agar lebih baik, lengkapi rangkuman Anda dengan gambar tokohnya! (hal 159)
1x45 menit • Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 153 – 159)
• Peta konsep
• OHP
• Buku-buku penunjang
• Internet
• Kebudayaan Bac Son Hoa Binh dan Dong Son • Membaca dan membuat peta penyebaran kebudayaan Bac Son Hoa Binh dan Dong Son • Mendeskripsikan peradaban Bac Son Hoa Binh dan Dong Son • Portofolio
• Karangan analitis
• Buatlah analisis hubungan penemuan-penemuan benda bersejarah di Indonesia dengan proses migrasi besar-besaran masyarakat Bac Son, Hoa Binh, dan Dong Son! Apakah ada keterkaitan antara keduanya? Jelaskan! (hal 162) 1x45 menit • Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 59 – 162)
• Peta konsep
• OHP
• Buku-buku penunjang
• Internet
• Pengaruh peradaban India, Cina, dan kebudayaan Yunan terhadap peradaban Indonesia • Menjelaskan pengaruh peradaban India, Cina, dan kebudayaan Yunan terhadap peradaban Indonesia melalui studi pustaka • Menjelaskan pengaruh peradaban India, Cina, dan Yunan terhadap peradaban Indonesia
• Tugas individu • Pilihan Ganda
• Uraian
• Tembok besar Cina dibangun pada masa dinasti ….
a. Tang
b. Chin
c. Chou
d. Shang
e. Han (hal 164 – 168 dan hal 169 – 174)
• Sebutkan ciri-ciri umum dari peradaban! (hal 168 dan 174) 1x45 menit • Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 162 – 174)
• Peta konsep
• OHP
• Buku-buku penunjang
• Internet
Bapak Harun, Ini Ryan Kelas X1 SMAI ...
BalasHapusMau Tanya Pak Masalah Soal Yang katanya ditaruh di Alamat ini dimana Pak??? yang katanya ada 50 soal suruh di jawab. Trimakasih...