mungkin rizqi anda :

Selamat Datang ! Selamat Membaca ! jumlah pengunjung dari negara: ...

free counters

Minggu, 07 Maret 2010

POLITIK APARTHEID


A.Pengertian
Apharteid berasal dari bhs.Belanda yangg artinya pemisahan. Pemisahan disini berarti pemisahan orang-orang Belanda (kulit putih) dengan penduduk asli Afrika (kulit hitam). Apharteid kemudian berkembang menjadi suatu kebijakan politik dan menjadi politik resmi Pemerintah Afrika Selatan yang ...

terdiri dari program-program dan pertaruran-peraturan yang bertujuan untuk melestarikan pemisahan rasial.
Secara struktural, Apartheid berarti adalah kebijaksanaan mempertahankan dominasi minoritas kulit putih atas mayoritas bukan kulit putih melalui pengaturan masyarakat di bidang social-budaya, politik, militer dan ekonomi.Kebijakan ini berlaku tahun 1948.
Pada saat itu Afrika Selatan dibagi menjadi 4 golongan ras utama yaitu:
a. Kulit putih
b. Kulit hitam
c. Kulit berwarna
d. Asia

B.Latar Belakang
Masalah Apartheid berawal dari pendudukan yang dilakukan oleh bangsa-bangsa Eropa di Afrika. Bangsa Eropa yang pertama kali datang ke Afrika Selatan adalah bangsa Belanda.Bangsa Belanda datang ke Afrika Selatan dipimpin oleh Jan Anthony van Riebeeck. Kedatangan Bangsa Belanda ini menimbulkan masalah dalam kehidupan masyarakat Afrika Selatan. Masyarakat Afrika Selatan menjadi di bawah pendudukan bangsa Eropa (Bansa Belanda atau kulit putih), sehingga masalah kulit ini yang menjadi titik pangkal munculnya masalah Apartheid

C.Kedatangan Bangsa Boer
Bangsa Belanda langsung menetap di Afrika Selatan. Mereka sering disebut dengan bangsa Boer. Kedatangan bangsa Belanda diikuti oleh bangsa Inggris yang berhasil melakukan penguasaan dari Afrika-Utara (Mesir), Afrika -Selatan (Cape Town). Kedatangan Inggris menyebabkan “perang Boer” antara Inggris dan Belanda. Inggris berhasil mengalahkan Belanda sehingga wilayah Afrika-selatan menjadi daerah kekuasaan Inggris. Akhirnya,Inggris menjadi penguasa Afrika Selatan. Dengan kemenangan Inggris maka banyak orang Inggris yang datang ke Afrika Selatan. Pada tahun 1910 dibentuk Uni Afrika Selatan yangg merupakan gabungan dari kedua Republik kaum Boer, yaitu Transvaal dan Orange Kree Style dengan Cape Colony dan Natal. Uni Afrika Selatan adalah dominion Inggris.

D. Kekuasaan Inggris di Afrika Selatan
Inggris membentuk sistem pemerintahan yang berada di bawah pengawasan Inggris. Inggris juga menjalankan politik rasial (pemisahan berdasarkan ras).Dengan kemenangan Partai Nasional pada pemilu tahun 1948 maka Apartheid menjadi kebijaksanaan resmi negara Afsel. Kebijaksanaan ini memungkinkan bangsa kulit putih di Afrika Selatan mengatur segala masalah di Afrika Selatan.

E.Reaksi Terhadap Politik Rasial
Pemisahan suku di Afrika Selatan mendapat tanggapan dari dunia lnternasional. Di Afrika Selatan sering terjadi pemberontakan-pemberontakan untuk menghapus pemerintahan Apartheid.Gerakan yangn terkenal dilakukan oleh rakyat kulit hitam di Afrika Selatan yang dipelopori oleh African National Congrees (ANC) dibawah pimpinan Nelson Mandela. Pada pemerintahan Frederick Willem de Klerk,Nelson memimpin aksi rakyat Afrika Selatan untuk tinggal di rumah, aksi tersebut mendapat tanggapan oleh pemerintah dengan menjebloskan Nelson Mandela ke penjara,tetapi kemudian ia dibebaskan. Pembebasan ini membawa dampak positif terhadap perjuangan rakyat Afrika Selatan. Maka untuk pertama kalinya pada tanggal 2 Mei 1990 pemerintah Afrika Selatan mengaadakan perundingan dengan ANC utuk membuat Undang - Undang non Rasial. Pada tanggal 3 Juni 1990 de Klerk menghapus Undang-Undang Darurat Negara yang berlaku hampir di setiap bagian Afrika selatan.

F.Perjuangan Nelson Mandela
Perjuangan Nelson Mandela memakan waktu yang cukup lama. Nelson Mandela terus berjuang untuk mencapai kebebasan negerinya baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Upaya-upaya yang ditempuh Nelson Mandela mulai menampakan hasil yang menggembirakan ketika F.W.de Klerk memberikan angin segar kebebasan bagi warga kulit hitam.

G.Perubahan Kebijaksanaan Apartheid
Pada tanggal 21 Februari1991, Presiden de Klerk mengumumkan penghapusan semua ketentuan dan eksistensi sistem politik Apartheid di hadapan parlemen Afrika Selatan. Pengumuman itu diikuti penghapusan 3 Undang-Undang yang memperkuat kekuasaan Apartheid,yaitu:
1. Land Act:
Undang-Undang yang melarang orang kulit hitam mempunyai tanah di luar
wilayah tempat tinggal yang ditentukan.
2. Group Areas Act :
Undang-Undang yang mengatur pemisahan tempat tinggal orang-orang kulit putih
dengan kulit hitam.
3. Population Registration Act :
Undang-Undang yang mewajibkan orang kulit hitam untuk mendaftarkan diri
menurut kelompok suku masing-masing.
Penghapusan Undang-Undang tersebut diikuti dengan janji pemerintahan de Klerk
untuk menyelenggarakan pemilu tanpa pembatasan rasial.
H.Pemilu Multirasial
Pada pemilu Multirasial tahun 1994,partai yang dipimpin oleh Nelson Mandela yaitu ANC, berhasil menjadi pemenang. Pada tanggal 9 Mei 1994 Nelson Mandela dipilih oleh Majelis Nasional sebagai Presiden Afrika Selatan yaitu Presiden pertama orang kulit hitam. Pada tanggal 10 Mei 1994 Nelson Mandela dilantik sebagai presiden dalam upacara megah di Union Building,Pretonia. Peristiwa ini merupakan perjuangan rakyat Afrika Selatan. Sejak terhapusnya Apartheid, Afrika Selatan mulai membangun negerinya agar sederajat dengan negara lain di dunia.


Silahkan baca juga artikel di bawah ini...



Widget by Hoctro | Jack Book

Tidak ada komentar:

Posting Komentar