mungkin rizqi anda :

Selamat Datang ! Selamat Membaca ! jumlah pengunjung dari negara: ...

free counters

Rabu, 05 Mei 2010

ASAL MULA NAMA INDONESIA


Standar Kompetensi : 2. Menganalisis Perkembangan Bangsa Indonesia sejak
Masuknya Pengaruh Barat sampai dengan Pendudukan Jepang
Kompetensi Dasar : 2.2. Menganalisis Hubungan antara Perkembangan Paham - paham
Baru dan Transformasi Sosial dengan Kesadaran dan Pergerakan Kebangsaan
Indikator : - Mengidentifikasi proses terbentuknya transformasi etnik dan berkembangnya identitas kebangsaan Indonesia

Kata Indonesia pertama kali dilontarkan oleh ...

George Samuel Earl, bangsa Inggris, untuk menamai gugusan pulau di Lautan Hindia. Namun, para ilmuwan Eropa menyebutnya dengan Melayunesia. J.R. Logan, bangsa Inggris, dalam majalah Journal of the Indian Archipelago and Eastern Asia (Volume IV, 1850:24) menyebut gagasan pulau di Lautan Hindia dengan Indonesian.
Kemudian, Adolf Bastian , bangsa Jerman, dalam bukunya Indonesian Order die Inseen des Malaysichien Archipel menggunakan kata Indonesia untuk menyebut nama kepulauan yang bertebaran di lautan Hindia tersebut. Kata Indonesia itu, kemudian dalam perjalanana sejarahnya menjadi nama sebuah negara dan bangsa di Kepulauan Nusantara yang terletak di kawasan Asia Tenggara.
Peristiwa Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 dan Undang-Undang Dasar 1945, memiliki makna historis kedudukan Bangsa Indonesia
Bangsa Indonesia lahir pada tanggal 28 Oktober 1928. pada saat itu, para pemuda dari berbagai pelosok Nusantara berkumpul dalam Kerapatan Pemuda dan berikrar (1) bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia, (2) berbangsa yang satu, bangsa Indonesia, dan (3) menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Ikrar para pemuda ini dikenal dengan nama Sumpah Pemuda.
Unsur unsur dari Sumpah Pemuda merupakan pernyataan tekad bahwa bangsa, tanah air dan bahasa Indonesia merupakan persatuan bangsa Indonesia. Pada tahun 1928 itulah suku-suku bangsa di Indonesia dikukuhkan kedudukannya sebagai bangsa yang bersatu , bangsa Indonesia.

Silahkan baca juga artikel di bawah ini...



Widget by Hoctro | Jack Book

Tidak ada komentar:

Posting Komentar