mungkin rizqi anda :

Selamat Datang ! Selamat Membaca ! jumlah pengunjung dari negara: ...

free counters

Sabtu, 09 Oktober 2010

MAKALAH SEMINAR NASIONAL


PENDIDIKAN YANG BERETIKA
Oleh :
Ir. Indra Djati Sidi, MSc.PhD.

DISAMPAIKAN DALAM RANGKA HUT
YAYASAN PERGURUAN TAALLUMUL HUDA, BUMIAYU
TANGGAL 29 JULI 2009

HASIL PENDIDIKAN DI INDONESIA


PENDIDIKAN:
RUMAH, SEKOLAH, DAN MASYARAKAT TERMASUK TOKOH-TOKOH

HUMAN DEVELOPMENT INDEX
HDI provides a composite measure of three dimensions of human development: living a long and healthy life (measured by life expectancy), being educated (measured by adult literacy and enrolment at the primary, secondary and tertiary level) and having a decent standard of living (measured by purchasing power parity, PPP, income).

HDI for Indonesia 2008 is 0.726, which gives the country a rank of 109th out of 179 countries.This puts Indonesia in the medium human development category.

GLOBAL COMPETITIVENESS INDEX
• INDONESIA MENEMPATI PERINGKAT 54 DARI 131 NEGARA YG DIEVALUASI
• SINGAPURA PERINGKAT 7, THAILAND PERINGKAT 28
• USA DAN SWISS PERINGKAT 1 DAN 2
• DIBAWAH INDONESIA PHILIPINA, VIETNAM, BRAZIL, DLL

HUMAN POVERTY INDEX
Human poverty index HPI-1
The HPI-1 value of 17.2 % for Indonesia, ranks 69th among 135 developing countries.

HARUSNYA PENDIDIKAN
MELENYAPKAN KEMISKINAN

HASIL STUDI TIMSS DAN PISA
• TIMSS = TRENDS IN INTERNATIONAL MATHEMATICS AND SCIENCE STUDY,
• PISA = PROGRAMME FOR INTERNATIONAL STUDENT ASSESSMENT,
• HASIL STUDI TIMSS DAN PISA PD BIDANG MATEMATIKA, SAIN, DAN MEMBACA, INDONESIA TERLETAK PADA RANKING BAWAH
• LITERASI MATEMATIKA, INDONESIA MENEMPATI PERINGKAT 35 DARI 46 NEGARA PESERTA TIMSS
• UTK LITERASI SAINS PERINGKAT 37, LEBIH BURUK DARI PALESTINA (35)
• LITERASI MEMBACA, INDONESIA MENEMPATI PERINGKAT 39 DARI 40 NEGARA (USIA 15 TH) PESERTA PISA, BEGITU JUGA SURVEI WORLD BANK MENUNJUKAN HAL YANG SAMA

INDEKS OBJEKTIFITAS 2006/2007
UJIAN NASIONAL
SMA - IPA
NO PROVINSI BIN ING MAT % TL RATA UN
1 BALI 0.485 0.777 0.716 0.62 8.38
2 JATIM 0.306 0.435 0.370 2.42 7.85
13 JATENG 0.239 0.158 0.172 6.5 7.44

1 INA 0.279 0.411 0.383 4.98 7.31

INDONESIA MASIH MEMPUNYAI
MASALAH DENGAN KEJUJURAN







INDEKS PERSEPSI KORUPSI 2008
KOTA IPK
YOGYAKARTA 6.43
PALANGKARAYA 6.1
BANDA ACEH 5.87
MATARAM 5.4
KENDARI 3.43
TEGAL 3.32
KUPANG 2.97

BAGAIMANA KITA MEMBACA ARTI DARI INDEKS-INDEKS DI ATAS
• TIDAK PROFESIONAL, STRATEGI TIDAK MENGENAI SASARAN
• ETOS KERJA RENDAH
• MOTIVASI RENDAH / MALAS
• TIDAK BERMORAL / BERETIKA

SIAPA DAN APA YANG SALAH
WHAT’S WRONG !

DATA-DATA APA LAGI …..
• MEROKOK DI SEMBARANG TEMPAT
• TIDAK BISA ANTRI…BAHKAN DALAM PEMBAGIAN BLT ADA YG MENINGGAL DUNIA
• BUANG SAMPAH DI JALANAN
• SEKOLAH KELIHATAN KUMUH
• DAN LAIN-LAIN BANYAK LAGI INDIKATOR LAINNYA
• TIDAK DEMOKRATIK

LALU BAGAIMANA ….
APA YANG PERLU DILAKUKAN …..

KITA HARUS BERUBAH
SEKOLAH HARUS BERTINDAK MENERAPKAN ETIKA DALAM AKSI BUKAN DALAM BENTUK PELAJARAN ATAU CERAMAH-CERAMAH ETIKA

DOING, DOING SEKALI LAGI DOING !

PHILOSOPI
CONFUSIUS
I hear, and I forget;
I see, and I remember;
I do, and I understand.

KAPASITAS VIRTUAL
• ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI
• JARINGAN KERJA
• MORAL…BERETIKA
MENGAPA !

JALUR AKTIFITAS
SISTEM PENDIDIKAN
• KURIKULER
• EXTRA KURIKULER

SECARA TERPADU DAN SINERGI
KERJA KERAS, DAN MENYENANGKAN. KEGIATAN EXTRA KURIKULER AKAN BANYAK MEMPENGARUHI KARAKTER PESERTA DIDIK

Strategic Priorities for Student Affairs
• Illinois Experience
• Leadership and Illinois Leadership Center
• Diversity
• Career Development
• Wellness
• Facilities

Guiding Values/Principles
of Student Affairs Staff Members
Through words and actions, Student Affairs staff members aspire to serve students and treat students, campus colleagues, and other key constituents with honesty, respect, and civility. Student Affairs staff members value:
Excellence,
Diversity and inclusiveness,
Risk taking, innovation and the ability to recognize failure as part of the learning process,
Responsibility, accountability and integrity
Education and development of the whole person
Life-long learning and achievement

TERAPKAN STUDENT CONDUCT AND REGULATION SECARA KONSISTEN
DAN GURU MENJADI TELADAN

BERKOMUNIKASI DENGAN WALI MURID, MEREKA JUGA BERPERAN
BEROLAH RAGA
• RISK TAKER: OLAHRAGA BELADIRI
• DISIPLIN: ATLETIK
• STRATEGIK: BULUTANGKIS DAN TENIS
• KERJA SAMA: SEPAK BOLA, BOLA BASKET

SPORTIF

KARAKTER DEMOKRAT
Amy Gutmann in Democratic Education (1987) argues that the central aim of the schools of a democratic society must be to develop democratic character.

CONTOH
KEGIATAN EXTRA DI UoI
USA
UNIVERSITY OF ILLINOIS
• MEMPUNYAI LEBIH DARI 1012 UNIT KEGIATAN MAHASISWA
• JENIS KEGIATAN SANGAT BERVARIASI: BUDAYA, OLAHRAGA, ORGANISASI BERBASIS BIDANG STUDI, INTEREST GROUP, RELIGIUS, DLL.
• MENDAPATKAN DUKUNGAN DARI UNIVERSITY

JANJI MAHASISWA
MARCHING BAND
PERTOLONGAN PERTAMA
RAMAI DAN GEMBIRA
KEBEBASAN
JURNALIST
FIT AND FUN
TAEKWONDO
CLUB DIABET

PESAN BUNG KARNO
• KEBESARAN DAN KEMAKMURAN DAN SUATU BANGSA MERUPAKAN HASIL KERJA KERAS BANGSA TERSEBUT, TIDAK JATUH DARI LANGIT
• KEBERHASILAN MERUPAKAN KRISTALISASI KERINGAT PRIBADI-PRIBADI YANG BEKERJA KERAS
• HUKUM ALAM YANG DIPEROLEH DARI SEJARAH
• DISAMPAIKAN DALAM PROKLAMASI YANGG KE 6

ORA et LABORA
BERDOA dan BEKERJA

PENUTUP
DEMIKIANLAH PANDANGAN DAN PIKIRAN YANG DAPAT SAYA SAMPAIKAN DALAM FORUM TERHORMAT INI.
SEMOGA BERMANFAAT DALAM PEMBANGUNAN
YAYASAN PERGURUAN TAALLUMUL HUDA BUMIAYU
TERIMA KASIH


Silahkan baca juga artikel di bawah ini...



Widget by Hoctro | Jack Book

Tidak ada komentar:

Posting Komentar