mungkin rizqi anda :

Selamat Datang ! Selamat Membaca ! jumlah pengunjung dari negara: ...

free counters

Senin, 07 Juni 2010

CONTOH SOAL SEJARAH KLAS X


Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas : X
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
1.1 Kemampuan memahami prinsip dasar ilmu Sejarah dan perkembangan kehidupan masyarakat Indonesia

RUANG LINGKUP MATERI
1.1.1 Pengertian Sejarah dan Ciri utama sejarah serta ruang lingkup Sejarah
1.1.2 Sejarah Sebagai kisah peristiwa dan ilmu
1.1.3 Periodesasi , kronologi, kronik dan Histeriografi
1.1.4 Kegunaan / Manfaat Sejarah

Soal Pilihan Ganda
1.Kata sejarah berasal dari bahasa Arab ...

“Syajarotun” Arti kata tersebut dimungkinkan untuk bermakna berikut ini, kecuali :…..
a. pohon
b. dongeng
c. silsilah
d. keturunan
e. asal –usul

2.Secara etimologis, sejarah diartikan sebagai ...
a. Kisah-kisah masa lalu
b. pohon peristiwa
c. fakta masa lalu
d. daftar silsilah
e. laporan

3. Sesuatu yang telah berlalu tidak mugkin akan terulang pada keadaan yang sama,
namun hanyalah sebagai suatu hal yang sudah pasti terjadi sekali saja. pernyataan ini merupakan pendukung utama pengertian sejarah sebagai….……
a. peristiwa
b. seni
c. ilmu
d. cerita
e. kisah

4. Belajar Sejarah pada hakekatnya adalah mempelajari kesuksesan dan kegagalan dari
peristiwa di masa lalu ,artinya ke masa depan hal-hal yang menjadikan sukses
dipersiapkan, hal-hal yang menjadikan gagal disingkirkan. Pemahaman ini
menunjukkan bahwa Sejarah bermanfaat ….
a. edukatif
b. inspiratif
c. rekreatif
d. instruktif
e. kewaspadaan

5. Penyusunan peristiwa sejarah harus dilakukan secara kronologis, maksudnya …..
a. Peristiwa sejarah harus disusun berdasarkan urutan waktu penemuan peninggalannya
b. Peristiwa sejarah harus disusun berdasarkan urutan waktu kejadiannya
c. Pengungkapan waktu sejarah harus dilakukan secara detail
d. kisah sejarah yang panjang harus disusun dengan memberikan periodesasi-periodesasi tonggak-tonggak sejarah
e. Pengungkapan peristiwa sejarah harus diseleksi sesuai dengan tingkat urgensinya

6. Bangsa yang besar adalah bangsa yang mengenal sejarah bangsanya.Pernyataan ini
menunjukkan bahwa mempelajari fakta sejarah yang ada akan dapat menimbulkan
gagasan baru untuk bertindak atau membangun bangsa. Manfaat sejarah ...
a. Rekreatif
b. Instruktif
c. Inspiratif
d. Konstruksi
e. Kewaspadaan

7. Langkah-langkah penelitian sejarah yang menjawab elementer waktu adalah …..
a. what
b. why
c. when
d. where
e. who

8. Kronologi sejarah Indonesia pada jaman Pra Sejarah babakan waktu/ periodisasinya
dibatasi pada ...
a. datangnya Hindu/Budha sampai datangnya Islam
b. sebelum aday manusia sampai adanya manusia tertua
c. munculnya manusia dalam kelompok primata sampai datangnya nenek moyang
d. datangnya nenek moyang dari Cina selatan sampai datangnya pengaruh Hindu/Budha
e. munculnya manusia dalam kelompok primta sekitar 1,5 juta tahun lalu sampai munculnya sumber tertulis

9. Berdasarkan hasil penelitian “ Kyokenmodinger “ dapat diperkirakan tradisi
sejarah masyarakat belum mengenal tulisan bertempat tinggal di……
a. gua-gua yang sangat tinggi tempatnya ( di tebing )
b. perkampungan yang padat penduduknya
c. perkampungan yang penduduknya jarang
d. bukit-bukit karang tepi sungai
e. gua-gua tepi sungai

10.Tugu Monas dibangun berdasarkan konsep candi Borobudur, hal ini merupakan
manfaat ...
a. edukatif
b. inspiratif
c. rekreatif
d. konstruksi
e. kewaspadaan

11. Dalam rangka untuk menyelidiki peristiwa di Masa lampau. Sumber-sumber arkeologi
sangat penting artinya Benda-benda itu antara lain, kecuali:...
a. candi
b. nekara
c. Sarkofah
d. Dokumen
e. Kapak genggam

12. Kronologi sejarah Indonesia pada jaman Pra Sejarah babakan waktu/ periodisasinya
dibatasi pada ...
a. datangnya Hindu/Budha sampai datangnya Islam
b. sebelum aday manusia sampai adanya manusia tertua
c. munculnya manusia dalam kelompok primata sampai datangnya nenek moyang
d. datangnya nenek moyang dari Cina selatan sampai datangnya pengaruh Hindu / Budha
e. munculnya manusia dalam kelompok primta sekitar 1,5 juta tahun lalu sampai munculnya sumber tertulis

13. Datangnya pengaruh Islam menurut R. Soekmono merupakan zaman ...
a. Pra Sejarah
b. Purba
c. Modern
d. Madya
e. Baru

14. Menurut Prof . Dr. Soekmono , periodesasi sejarah Indonesia berdasarkan pada ..
a. Sosionateral
b. Sosio kultural
c. Budaya
d. ekonomi dan sosial
e. Politik

15. Masa Majapahit ada sekitar tahun ...
a. 1300 – 1500
b. 1400 – 1500
c. 1300 – 1600
d. 1400 – 1600
e. 1500 – 1600

16. JA. Brown membagi periodesasi jaman menjadi ...
a. 3
b. 4
c. 5
d. 6
e. 7

17. Three Age system adalah gagasan system 3 zaman menurut ...
a. CJ Thomsen
b. JA Brown
c. Dr. Sartono
d. RP Soeroso
e. T. Jacob

18. Peristiwa berdirinya kerajaan Mataram Islam ditulis dengan aksara Jawa yang dikenal dengan ...
a. Sejarah Melayu
b. Nagara Kertagama
c. Babad tanah Jawi
d. Babad Mataram
d. Desa Warnana

19. Berikut ini tradisi pada masyarakat yang belum mengenal tulisan, kecuali ...
a. Mitologi
b. Tambo
c. Dongeng
d. Folklore
e. Legenda

20. Urutan waktu dari sejumlah kejadian disebut ...
a. Kronologi
b. Periodesasi
c. Sistematika
d. Tautology
e. temporal

21. Sejarah Melayu adalah Historiografi karya ...
a. Abdullah bin abdul kadir Munsyi
b. Mpu Prapanca
c. Muhamad Hisayam
d. Mpu Tamntular
e. Jan Harold Brunvard

22. Pada Masa kolonial ( penjajahan ) di Indonesia penulisan peristiwa Sejarah oleh
orang Barat lebih banyak menekankan pada peranan orang ...
a. Indenesia
b. Arab
c. Cina
d. India
e. Eropa

23. Catatan dan tulisan orang – orang Belanda tentang kehidupan masyarakt, politik
serta kegiatan mereka di Indonesia termasuk historiografi ...
a. Modern
b. Nasional
c. Belanda
d. Tradisionil
e. Kolonial

24. Tingkat perkembangan masa dalam sejarah atau pembabakan masa dalam sejarah
sering disebut ...
a. Periodesasi
b. Kronologi
c. Kronik
d. Historiografi
e. Skema sejarah

25. Sebenarnya Periodesasi Sejarah tidak dikenal dalam sejarah karena peristiwa yang
satu dengan yang lainnya saling berkesinambungan dan tidak terputus –putus dalam
suatu periodesasi. Penyusunan periode – periode dalam penulisan bersejarah
bertujuan untuk ...
a. memepermudah dalam mencari fakta – fakta
b. mempermudah dalam mepelajari sejarah
c. mewariskan kronologis yang berbeda – beda
d. mempermudah menjelaskan peristiwa yang satu dengan yang lain
e. membedakan peistiwa yang telah terjadi

26. Peristiwa – peristiwa yang telah diklasifikasi dan disusun secara berurutan
berdasarkan waktu kejadian disebut ...
a. Periodesasi
b. Kronologi
c. Kronik
d. Historiografi
e. Skema sejarah

27. Setiap bangsa berusaha untuk menggali sumber-sumber sejarah dengan tujuan ...
a. untuk mengumpulkan sejarah yang belum ditulis
b. sebagai pedoman suatu bangsa untuk menentukan langkah selanjutnya
c. untuk mempelajari sejarah seluruhnya
d. untuk mengetahui lketepatan dengan data yang sekarang
e. mengetahui kehidupan bangsanya di masa lampau

28. Presiden Soekarno berpesan dalam pidatonya agar ” Jangan sekali – kali melupakan
Sejarah ” . selanjutnya lebih dikenal dengan sebutan ...
a. jas Baja
b. Jago Merah
c. Pengibar Semangat
d. Jas Merah
e. cahaya Timur

29. Dengan mempelajari sejarah kita akan memperoleh pelajaran yang banyak. Pernyataan ini sesuai dengan kegunaan ...
a. Pendidikan
b. Pengajaran
c. Inspiratif
d. Rekreatif
e. Pengetahuan

30. Kepribadian seseorang atau suatu bangsa sangat khas atau berbeda dengan yang lain karena ...
a. letak wilayahnya yang berbeda
b. berasal dari suku yang berbeda
c. Anugerah Tuhan Yang Maha Esa
d. masing –masing memiliki latar belakang
e. memilii pengalaman sejarah yang ebrbeda – beda

Soal Essay
1. Salah satu contoh Historiografi yang belum bermuatan sejarah adalah ..............
2. Folklore adalah................
3. Sebutkan tiga periode penulisan sejarah Indonesia ..........
4. Sebutkan periodesasi menurut Prof. Dr. Soekmono Kartodirdjo .........
5. Masa perundagian dalah pembagian periodesasi menurut .......
6. Sebutkan tujuan diadakan penyusunan periodesasi dalam sejarah......
7. Jelaskan pengertian Kronologi ? Jelaskan !
8. Adakah kaitan antara periodesasi dengan kronologi ? Jelaskan !
9. Sebutkan manfaat mempelajari Sejarah !
10. Jelaskan Pengertian Kronik !


Bumiayu, Agustus 2008
Guru Mata Pelajaran
Sejarah



Drs. Harun Nurosid

Silahkan baca juga artikel di bawah ini...



Widget by Hoctro | Jack Book

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar