mungkin rizqi anda :

Selamat Datang ! Selamat Membaca ! jumlah pengunjung dari negara: ...

free counters

Jumat, 26 Februari 2010

Kisah David vs Goliath


kekuatan iman
Ada sebuah kisah nyata yang populer baik bagi orang Islam maupun Kristen. Kisah itu tentang David vs Goliath (nama dalam kristen) atau Daud vs Jalut (nama dalam Islam). Ini adalah kisah seorang remaja yang berhasil membunuh seorang raja musuh yang berbadan besar dengan menggunakan ketapel. Kisah ini populer sebagai ...

cerita tentang lebih pentingnya kecerdikan daripada fisik untuk meraih keberhasilan. Nah, di sekitar kisah itu ada kisah lain yang tak kalah dahsyat, yaitu tentang para pasukan yang berperang, dimana Daud ikut di dalamnya. Kisah ini dicantumkan di Al Qur’an dalam surat Al Baqarah 246 - 251.

Kisah ini dimulai saat Musa telah meninggal dan Bani Israil menjadi bangsa yang lemah lagi terancam. Kemudian para petinggi kaum Israil itu minta kepada Nabi mereka (saat itu masih jaman turunnya nabi-nabi dengan tanda-tanda kenabian mereka, jumlah nabi itu ada ratusan ribu, demikian menurut para ulama). Kemudian Nabi tersebut menyampaikan bahwa Thalut, seorang dari kalangan biasa, adalah raja yang terpilih. Tentu saja kaum bangsawan sempat protes, namun kemudian mereka tunduk setelah melihat bukti-bukti kebenaran tentang hal itu. Thalut adalah seorang yang berilmu dan berfisik kuat.

Kemudian Thalut membawa tentaranya (tepatnya adalah para laki-laki, termasuk pula Daud yang masih remaja) pergi menyambut tentara Jalut. Thalut, yang mengetahui dari ilmunya, menyampaikan bahwa mereka akan menemui sungai, dan Tuhan akan menguji para laki-laki itu dengan sungai tersebut. Hingga setelah perjalanan jauh yang melelahkan, tibalah mereka di sebuah sungai yang membatasi tentara Thalut dan Jalut. Thalut berkata bahwa mereka yang sungguh-sungguh akan berperang tidak boleh minum air sungai itu, atau kalau pun minum hanya boleh satu cakupan tangan. Maka terpisahlah tentara Thalut itu menjadi dua golongan, mereka yang taat sehingga tidak minum atau hanya minum seteguk dari cakupan tangannya, dan sebagian lain yang menganggap perintah Thalut itu tidak masuk akal dan karenanya cuek saja minum sepuasnya. Bagi yang ingkar, sungguh tak masuk akal tentara yang kelelahan setelah berjalan jauh, kok malah tidak boleh minum padahal sebentar lagi akan berperang dengan musuh yang menakutkan.

Namun di situlah letak keajaibannya. Setelah minum air sungai, golongan yang ingkar dan minum sepuasnya di sungai tadi, tiba-tiba diliputi kecemasan dan ketakutan yang mat sangat, sehingga gentarlah hati mereka dan bergetarlah lutut-lutut mereka. Sementara golongan yang taat dan beriman terhadap apa yang disampaikan Thalut ternyata bersemangat dan memiliki keyakinan kuat dalam menghadapi musuh mereka. Mereka yang telah minum berkata, ” “Tak ada kesanggupan kami pada hari ini untuk melawan Jalut dan tentaranya.” Sementara mereka yang taat menjawab, “Berapa banyak terjadi golongan yang sedikit dapat mengalahkan golongan yang banyak dengan izin Allah. Dan Allah beserta orang-orang yang sabar.” Thalut dengan pasukannya yang beriman kemudian menyeberangi sungai tersebut untuk menyambut tentara Jalut.
Pertempuran dengan jumlah tentara yang tidak seimbang itu akhirnya dimenangkan oleh pasukan kecil Thalut, dimana Daud berhasil membunuh Jalut.

Dalam kisah itu, mereka yang ingkar dan kemudian meminum air sungai telah mengandalkan logika mereka dalam menjalani tugas yang berat. Hal itu dikarenakan mereka tidak yakin atas kepemimpinan Thalut. Sementara mereka yang setia dengan Thalut meyakini bahwa dengan ilmunya itu Thalut memberitakan hal yang benar, karena itu mereka taat dan meyakini bahwa untuk sukses menunaikan tugas yang sangat berat tersebut bukanlah kekuatan fisik yang bisa mereka andalkan, namun kekuatan keyakinan.

Kutipan Surat Al Baqarah 146 - 151
Apakah kamu tidak memperhatikan pemuka-pemuka Bani Israil sesudah Nabi Musa, yaitu ketika mereka berkata kepada seorang Nabi mereka: “Angkatlah untuk kami seorang raja supaya kami berperang di jalan Allah”. Nabi mereka menjawab: “Mungkin sekali jika kamu nanti diwajibkan berperang, kamu tidak akan berperang”. Mereka menjawab: “Mengapa kami tidak mau berperang di jalan Allah, padahal sesungguhnya kami telah diusir dari anak-anak kami?” . Maka tatkala perang itu diwajibkan atas mereka, merekapun berpaling, kecuali beberapa saja di antara mereka. Dan Allah Maha Mengetahui siapa orang-orang yang zalim.

Nabi mereka mengatakan kepada mereka: “Sesungguhnya Allah telah mengangkat Thalut menjadi rajamu.” Mereka menjawab: “Bagaimana Thalut memerintah kami, padahal kami lebih berhak mengendalikan pemerintahan daripadanya, sedang diapun tidak diberi kekayaan yang cukup banyak?” Nabi berkata: “Sesungguhnya Allah telah memilih rajamu dan menganugerahinya ilmu yang luas dan tubuh yang perkasa.” Allah memberikan pemerintahan kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah Maha Luas pemberian-Nya lagi Maha Mengetahui.

Dan Nabi mereka mengatakan kepada mereka: “Sesungguhnya tanda ia akan menjadi raja, ialah kembalinya tabut kepadamu, di dalamnya terdapat ketenangan dari Tuhanmu dan sisa dari peninggalan keluarga Musa dan keluarga Harun; tabut itu dibawa malaikat. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda bagimu, jika kamu orang yang beriman.

Maka tatkala Thalut keluar membawa tentaranya, ia berkata: “Sesungguhnya Allah akan menguji kamu dengan suatu sungai. Maka siapa di antara kamu meminum airnya; bukanlah ia pengikutku. Dan barangsiapa tiada meminumnya, kecuali menceduk seceduk tangan, maka dia adalah pengikutku.” Kemudian mereka meminumnya kecuali beberapa orang di antara mereka. Maka tatkala Thalut dan orang-orang yang beriman bersama dia telah menyeberangi sungai itu, orang-orang yang telah minum berkata: “Tak ada kesanggupan kami pada hari ini untuk melawan Jalut dan tentaranya.” Orang-orang yang meyakini bahwa mereka akan menemui Allah, berkata: “Berapa banyak terjadi golongan yang sedikit dapat mengalahkan golongan yang banyak dengan izin Allah. Dan Allah beserta orang-orang yang sabar.”

Tatkala Jalut dan tentaranya telah nampak oleh mereka, merekapun berdo’a: “Ya Tuhan kami, tuangkanlah kesabaran atas diri kami, dan kokohkanlah pendirian kami dan tolonglah kami terhadap orang-orang kafir.”

Mereka mengalahkan tentara Jalut dengan izin Allah dan Daud membunuh Jalut, kemudian Allah memberikan kepadanya pemerintahan dan hikmah dan mengajarkan kepadanya apa yang dikehendaki-Nya. Seandainya Allah tidak menolak sebahagian umat manusia dengan sebagian yang lain, pasti rusaklah bumi ini. Tetapi Allah mempunyai karunia atas semesta alam.
Kisah ini memberi pelajaran bahwa kepercayaan atau keimanan lebih penting dari pada keuatan fisik , mereka yang ingkar dan kemudian meminum air sungai telah mengandalkan logika mereka dalam menjalani tugas yang berat. Hal itu dikarenakan mereka tidak yakin atas kepemimpinan Thalut. Sementara mereka yang setia dengan Thalut meyakini bahwa dengan ilmunya itu Thalut memberitakan hal yang benar, karena itu mereka taat dan meyakini bahwa untuk sukses menunaikan tugas yang sangat berat tersebut bukanlah kekuatan fisik yang bisa mereka andalkan, namun kekuatan keyakinan.


baca selengkapnya ( klik ) di sini...

Minggu, 21 Februari 2010

Sekilas Tentang Asal - Usul Pagenjahan


Pagenjahan : legenda dan mitosnya
Pagenjahan adalah sebuah desa kecil yang termasuk dalam wilayah kelurahan kalierang Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Desa Kalierang terbagi dalam 9 RW, desa Pagenjahan termasuk dalam wilayah RW 06 Kalierang kecamatan Bumiayu.Desa yang berpenduduk kurang lebih 400 KK ini terbagi dalam 7 ( tujuh ) Rt
Desa Pagenjahan terbagi dalam 2 ( dua ) wilayah yaitu sebagian di bagian barat masuk wilayah Kalierang dan bagian Timur masuk wilayah Kelurahan Langkap. Rata- rata penduduk desa Pagenjahan adalah petani. Sebagian penduduk memiliki kegiatan industri perumahan ( Home industri ) berupa : produksi Emping Mlinjo, tempe, dll. Pembuatan Emping Mlinjo menjadi kegiatan yang hampir merata di setiap rumah, sehingga desa Pagenjahan terkenal sebagai sentra produksi Emping Mlinjo di kecamatan Bumiayu.

Legenda dan asal - usul desa Pagenjahan Bumiayu
Alkisah Sultan Agung Hanyakrakusuma melakukan perjalanan dari

Mataram pada tahun 1645, tepat enam tahun setelah berhasil menaklukan Blambangan tahun 1939. Sultan Agung telah berhasil melakukan ekspansi ke seluruh daerah di Jawa dan Madura (kecuali Banten dan Batavia) dan beberapa daerah luar Pulau Jawa, seperti ; Palembang, Jambi dan Banjarmasin. Mangkatnya Sultan Agung membuat sang putra mahkota Pangeran Arum didaulat untuk memimpin Mataram, dengan gelar Sunan Amangkurat I. Sejak kepemimpinannya, wilayah Mataram berangsur-angsur menyempit karena politik yang dilakukan oleh Belanda. Perpecahan tersebut disamping atas peran Belanda, juga akibat adanya kegusaran masyarakat atas ekspansi yang dilakukan oleh Mataram yang menjelang mangkatnya Sultan Agung. Banyak pemberontakan-pemberontakan terhadap kekuasaan raja dilakukan
Atas gencarnya aksi pemberontakan tersebut, mengakibatkan posisi Sunan Amangkurat I terpojok sehingga ia berinisiatif untuk menyelamatkan diri dan hendak meminta bala bantuan kepada Gubernur Jenderal De Cock.
Perjalanan Sunan Amangkurat I dikawal para prajurit keraton dengan mengambil rute perjalanan Kedu-Banyumas-Tegal , sesampainya di suatu daerah barat Banyumas, Rombongan Gusti Sunan kehabisan perbekalan. Kemasygulannya bertambah setelah ia harus menerima kenyataan bahwa ia harus kehilangan puluhan prajuritnya yang mati akibat jarak tempuh perjalanan secara berjalan kaki dengan medan yang berat dan sangat jauh.
Di daerah tersebut, abdi setia Sunan Amangkurat I, bernama Kyai Pancurawis yang juga bertindak sebagai kusir kereta kencananya, kemudian berusaha menjual barang-barang bawaan yang masih tersisa demi untuk kemudian ditukar atau dibelikan kembali dengan bahan-bahan makanan pokok sebagai perbekalan untuk meneruskan perjalanan yang masih jauh. Usaha Kyai Pancurawis beserta para Ponggawanya ternyata berhasil. Baik barang yang memiliki nilai jual tinggi ataupun rendah semuanya terjual dan tertukar habis sehingga berhasil mendapatkan perbekalan yang dikehendaki.
Bukan main senangnya hati Gusti Sunan melihat usaha abdi-abdinya. Sebagai wujud rasa syukurnya, ia menamakan daerah tersebut dengan nama AJIBARANG, yang berarti barang apapun yang dijual didaerah tersebut “Barange aji” atau ada harganya.
Perjalanan kembali dilanjutkan. Dalam perjalanan, kuda penarik kereta kencananya mendadak jatuh . Berbagai cara ia lakukan untuk dapat mengembalikan kondisi kudanya. Hal tersebut terutama dilakukan oleh Kyai Pancurawis, dimana Kyai Pancurawis terkenal sebagai abdi keraton yang memiliki daya linuwih yang cukup tinggi. Di tengah suasana keprihatinan itu, Gusti Sunan beserta rombongannya beristirahat sembari menunggu hasil laku tapa yang dilakukan oleh Kyai Pancurawis di sebuah tempat petilasan Senopati Linduaji . Tempat tersebut sekarang dikenal dengan sebutan Curug Pereng dekat mata air Kali Pemali Desa Winduaji Kecamatan Paguyangan. Sementara tempat peristirahatan Sunan Amangkurat I di kawasan tersebut sekarang dikenal dengan nama Desa Pesanggahan .
Dari petunjuk yang dihasilkan dari laku tapa tersebut, Kyai Pancurawis mendapatkan perintah supaya ia mengambil air yang berasal dari sebuah telaga (danau) di lereng Gunung Slamet yang dihuni oleh makhluk air jejadian jelmaan ponggawa Nyai Roro kidul. Segeralah Kyai Pancurawis terhenyak dari laku semedinya, untuk kemudian mencari tempat yang dimaksud. Cukup lama ia mencarinya, akhirnya ditemukanlah tempat yang ia tuju. Sebuah telaga di tempat yang sangat sejuk yang sekarang dikenal oleh masyarakat dengan sebutan TELAGA RANJENG, dengan ribuan ikan lele sebagai penghuninya. Penduduk setempat mempercayainya, bahwa ikan-ikan tersebut diutus untuk menjaga area pesawahan di Desa Pandansari. Konon, sawah-sawah di desa ini tidak pernah terkena hama tikus. namun daerah sekitar, banyak ditemukan sawah yang terkena hama tersebut, yang diyakini kalau tikus-tikus tersebut bersumber dari ikan-ikan lele yang berada di Telaga Ranjeng.
Kyai Pancurawis menerima petunjuk, jika air yang berasal dari sendang tersebut kemudian dapat disiramkan ke sekujur tubuh kuda penarik kereta kencana Gusti Kanjeng Sunan Amangkurat I yang dalam kondisi sekarat. Hasilnya ternyata sungguh mengejutkan, setelah sekujur tubuh kuda itu diGUYANG ,basah terkena siraman air Telaga Ranjeng, secara berangsur-angsur namun dalam waktu yang cukup singkat, kuda itu dapat pulih seperti sedia kala. Atas keberhasilan usaha Sang Sais, Gusti Sunan berujar, “Tempat ini aku namakan PAGUYANGAN, dan aku yakin kalau tempat ini tidak akan kekurangan air sampai kapanpun sebagai sumber kehidupan masyarakatnya kelak.”
Di tengah kegembiraan wajah Gusti Sunan, terdengar helaan berat nafas Kyai Pancurawis yang masih berfikir tentang adanya pantangan bagi kuda kesayangannya itu. Dalam petunjuk yang ia terima, jika kuda itu telah pulih, maka hal yang tidak boleh ia lakukan adalah menginjak bambu kering. Jika pantangan itu terlanggar, maka tak ayal lagi kematian yang akan menimpa kuda tersebut.
Tibalah di suatu tempat dimana kejadian yang tidak diinginkan kembali terjadi. Dalam perjalanan berikutnya, secara tiba-tiba kereta kencana terangkat ke atas sampai hampir menjatuhkan Sunan Amangkurat I. Seekor ular besar tampak berada di depan kereta kencana. Seketika kuda penarik kereta kencana mengangkat kakinya tinggi-tinggi. Dengan tenang, Kyai Pancurawis mencoba menenangkan gelisah dan ketakutan si kuda. Diambilnyalah sebuah bambu kuning yang digunakan untuk mengusir ular yang menghadangnya. Tampak si ular tak kuasa menghadapi kekuatan batin Kyai Pancurawis, sehingga ia terpaksa harus meninggalkan mangsanya. Kepergian ular itu membuat tenang perasaan seluruh rombongan, tak terkecuali Kyai Pancurawis dan kuda kesayangannya. Dibuangnyalah bambu kuning pengusir ular tadi, namun tak disangka , Kyai Pancurawis tak menyadari jika kudanya menginjak bambu kuning yang ia buang di hadapan kereta kencana Gusti Sunan sehingga mengeluarkan bunyi “kre..tek !”. (tempat tersebut kemudian dinamakan Desa KRETEK).
Suara angin menderu dan membahana seolah memecah keheningan rombongan Sunan Amangkurat I. Ia dan rombongannya merasa seolah-olah ada yang sedang memburunya dengan kekuatan yang sangat dahsyat. Lari secepat kilat adalah pilihan terbaik yang dapat dilakukan rombongan saat itu, sehingga tempat berlarinya rombongan tersebut oleh masyarakat sekarang dikenal dengan nama PAGOJENGAN, berasal dari kata “nggojeng” yang berarti ; berlari cepat.
Sunan Amangkurat I dan wadya balanya memasuki suatu wilayah, dimana ia dan rombongannya dihadapkan pada suatu kejadian yang amat serius dan sangat membingungkan. Hal ini terjadi setelah rombongan masuk sebuah desa bernama DAHA Sekarang : desa NEGARADAHA. Tanpa sebab musabab yang jelas, mendadak kuda penarik kereta kencana yang tidak lama telah melewati masa kritis, tiba-tiba terkulai lemas dan mati.di carilah obat untuk mengembalikan kesehatan antara lain dengan mencari air kelapa GENJAH , kelapa hijau yang dipercaya mujarab menyembuhkan berbagai penyakit, di daerah yang banyak kelapanya yang sekarang dikenal dengan desa PAGENJAHAN.
Bukan main sedihnya hati Gusti Sunan, terlebih Kyai Pancurawis yang merasa telah menyatu dengan kuda tersebut. Beberapa prajuritnya juga hilang tak berbekas seperti lenyap ditelan bumi. Dengan penuh rasa haru, dikuburkannyalah kuda itu di suatu tempat yang sekarang bernama KARANGJATI. Dukuh Karangjati terletak di Desa Kalierang Kecamatan Bumiayu. Terdapat sebuah tempat dimakamkannya Kyai Pancurawis dan kuda kesayangannya, yang sekarang tempat tersebut dikenal oleh masyarakat dengan nama CANDI PANCURAWIS. Sampai dengan akhir hayatnya, konon Kyai Pancurawis yang memiliki kelebihan-kelebihan tertentu kemudian ditokohkan oleh masyarakat sekitar. Ia dimakamkan disamping kuda kesayangannya sesuai dengan wasiat sebelum wafatnya.
Agak lama Gusti Sunan dan rombongan berada di tempat tersebut. Ia telah mengalami beberapa peristiwa yang mengguncangkan hatinya. Ia sadar, jika ia telah lalai dalam menjalankan amanat sebagai Sultan Mataram sesuai dengan pesan dan petuah ayahanda dan kerabat keluarga kasultanan Mataram. Ia tidak memiliki siapa-siapa lagi selain Allah SWT dan prajurit-prajurit yang masih setia kepadanya.
Begitu mendalam pula kesedihan yang dialami Kyai Pancurawis, yang kemudian ia meminta izin kepada Sunan Amangkurat I untuk diperkenankan tetap tinggal di Karangjati mengurus kuburan kuda kesayangannya sampai ajal menjemputnya. Walhasil dengan tidak ikut sertanya Kyai Pancurawis menemaninya melanjutkan perjalanan, maka Gusti Sunan pun menjadi tidak memiliki semangat. Satu-satunya harapan yang sekarang ia miliki hanyalah bertemu dengan seseorang yang dapat mengobati kegundahan hatinya dan meluruskan langkah kehidupannya.
Sesaat ia memandang sekeliling, tampak di pelupuk matanya Gunung Slamet yang menjulang tinggi ke angkasa, didampingi perbukitan yang setia menemani keperkasaannya. Sementara lerengnya, terhampar area pesawahan yang merupakan panorama keindahan alam sangat luar biasa. Sebuah wilayah yang masih dalam kekuasaan pemerintahannya di Mataram dengan masyarakat yang ramah dan religius, begitu pikirnya. kekagumannya, mengundang hasratnya untuk memberikan nama wilayah ini dengan nama BUMI RAHAYU yang pada perkembangannya menjadi Kota BUMIAYU.
Di Bumiayu inilah Sunan Amangkurat I kemudian bertemu dengan sosok wanita jelita yang memikat hatinya. Ia berusaha menghampiri wanita itu, namun semakin cepat ia berusaha meraihnya semakin cepat pula wanita itu lenyap dari pandangan matanya. Sampailah Gusti Sunan di sebuah tempat dimana ia melihat wanita itu masuk dan hilang tak berbekas. Betapa terkejutnya Gusti Sunan, ketika secara tiba-tiba muncul suara tanpa rupa yang menasehatinya supaya selalu mendekatkan diri kepada Tuhan dan untuk memperolehnya ia harus terus berjalan ke utara bukan ke barat.
Di bawah pohon beringin besar ia tertunduk lesu sembari menyadari kealpaannya selama ini. Tempat tersebut kini bernama Dukuh Kramat (yang berarti Kramat ; Wingit atau angker) dan terdapat CANDI KRAMAT yang dipercaya masyarakat setempat dihuni oleh Nyai Rantansari. Masyarakat mempercayai Sosok Nyai Rantansari adalah sebagai Danyang atau sebangsa Jin perempuan yang masih memiliki ikatan dengan penguasa Pantai Selatan, Nyai Roro Kidul. Konon, ia suka memakai pakaian hijau pupus. Maka, kepercayaan masyarakat Bumiayu, adalah pantang bagi orang memakai pakaian dengan warna yang sama saat masuk ke Dukuh Kramat, terlebih saat memasuki kawasan Candi Kramat.
Sosok wanita ayu itu juga yang ikut memiliki peran atas penamaan Bumiayu ini. Menurut Sunan Amangkurat I, pemberian nama Bumiayu ini memang selain memiliki panorama alam yang sangat indah, juga karena wilayah ini “dikuasai” oleh Nyai Rantansari yang memiliki kecantikan tiada tanding.
Demikian sekilas info ( jere simbah !! )

baca selengkapnya ( klik ) di sini...

Jumat, 19 Februari 2010

PERKEMBANGAN MUTAKHIR SEJARAH DUNIA


Standar Kompetensi :
Memahami perkembangan sejarah dunia sejak Perang Dunia II sampai dengan perkembangan mutakhir
Kompetensi Dasar :
 Menganalisis perkembangan mutakhir sejarah dunia
Perkembangan Mutakhir Sejarah Dunia
 Peristiwa-peristiwa penting menjelang dan ...

setelah berakhirnya perang dingin
 RUNTUHNYA UNI SOVIET
 REUNIFIKASI JERMAN
 MASALAH KAMBOJA
 PERANG TELUK
 UPAYA PERDAMAIAN DI TIMUR TENGAH
 Nasionalisme Baru dan Persoalan Etnisitas Setelah Berakhirnya Perang Dingin
 MASALAH APARTHEID DI AFRIKA SELATAN
 PERKEMBANGAN DI BEKAS YUGOSLAVIA
 KERJASAMA UTARA SELATAN

RUNTUHNYA UNI SOVIET
latar belakang :
sifat totaliter
komunisme sebagai doktrin
bubarnya pakta warsawa
kemunduran ekonomi
banyaknya etnis
teknologi informasi
lahirnya generasi baru
GERAKAN PEMBARUAN DI UNI SOVIET
dipelopori oleh Presiden MIKHAIL GORBACHEV
 GLASNOST ( KETERBUKAAN )
Yaitu mengacu untuk membuka diskusi umum tentang beberapa masalah baik
masalah politik, ekonomi, sosial dan kebudayaan
 PERESTROIKA
Yaitu restrukturisasi ekonomi atau penataan kembali bidang ekonomi

REUNIFIKASI JERMAN
IDE PENYATUAN JERMAN
Wilayah Jerman yang dibagi dua oleh sekutu menjadi Jerman Barat dan Jerman Timur melalui konferensi Postdam. Jerman Barat dibawah pengaruh Amerika Serikat dan Jerman Timur dibawah pengaruh Uni Soviet
Ibukota Berlin juga dibagi dua dan ditengah kota Berlin dibangun tembok berlin sebagai simbol pemisahan.
Ide penyatuan Jerman muncul pada pertemuan di Ottawa Kanada pebruari 1990 yang dihadiri oleh para menlu yang dikenal dengan rumusan Dua Plus Empat yang terdiri dari Jerbar,Jertim,AS,US,Inggris dan Perancis. Ide penyatuan Jerman juga tidak terlepas dari peran presiden Uni Soviet Mikhail Gorbachev.
Penyatuan Jerman jadi kenyataan pada tgl 3 Oktober 1990. Republik Federasi Jerman(Jerbar) bersatu dengan Republik Demokrasi Jerman(Jertim)

MASALAH KAMBOJA
 Kamboja terletak di kawasan Asia Tenggara.Dijajah oleh Perancis sejak 1863 dan merdeka 9 November 1953 dengan rajanya bernama Norodom Sihanouk sedangkan oposisinya berhaluan komunis yang dikenal Khmer Merah pimpinan Pol Pot. Ketika dia berkuasa terjadi peristiwa The Killing Field. Setelah Pol Pot jatuh berdiri pemerintahan baru pimpinan Heng Samrin. Ketika Vietnam invasi ke Kamboja timbulah pertikaian antar faksi yang berkepanjangan, inilah yang dinamakan masalah Kamboja.
 Faksi-faksi yang bertikai antara lain:
a. Rep Rakyat Kamboja pimp Heng Samrin
b. Pemerintahan koalisi Demokratik Kamboja terdiri dari: Funcinpec pimp Norodom Sihanouk, Khmer Merah pimp Khiieu Sampan dan KPNLF pimp Son San.
 Langkah penyelesaian melalui: JIM, ICK dan Pemilu.

PERANG TELUK I
 Perang Teluk I berawal dari penyerbuan Irak ke Iran September 1980 hal ini dikarenakanIrak khawatir jika semangat revolusi Islam Iran menjalar ke Irak sehingga pemerintahan Iran dipimpin raja Shah Reza Pahlevi terguling. Revolusi Iran terjadi 1979 pimpinan Ayatullah Khomeini
 Latar belakang:
a. Kekhawatiran Irak akan mluasnya revolusi Iran
b. Irak membatalkan perjanjian Aljiers
c. Ambisi Saddam Hussein jadi penguasa Arab
 Akhirnya PBB memerintahkan gencatan senjata melalui Resolusi DK PBB no 598
PERANG TELUK II
 Perang teluk II dimulai ketika Irak melakukan Invasi ke Kuwait tgl 2 Agustus 1990.
Latar belakang Irak invasi ke Kuwait antara lain:
a. Irak punya hutang besar akibat perang teluk I. Irak ingin menguasai
Kuwait yang kaya minyak.
b. Irak beranggapan Kuwait bagian dari wilayahnya.
c. Kuwait menolak tuntutan Saddam Hussein menyerahkan Rumaila dan
Bubiyan yang kaya minyak kepada Irak.
d. Ambisi Saddam Hussein menjadi penguasa Arab.
Perang Irak – Kuwait berkembang jadi perang antara Saddam Hussein melawan
George Bush dengan pasukan multi nasional.
Perang Teluk II diakhiri dengan Resolusi DK PBB no 660.

UPAYA PERDAMAIAN DI TIMUR TENGAH
• Konflik Timur Tengah bermula dari adanya perjuangan Zionisme thn 1895 yang berusaha mencari tempat bermukim orang Yahudi yang akan dijadikan sebagai tanah air dan negaranya.
• Dalam penyelesaian konflik ini PBB mengeluarkan Resolusi no 181 thn 1947
• Yahudi memproklamasikan berdirinya Israel tgl 14 Mei 1948
• PLO berusaha membebaskan tanah Palesina yang diduduki Israel
• Orang Palestina melakukan gerakan Intifada yaitu gerakan yang memperlihatkan sikap bemusuhan terang-terangan terhadap orang-orang Israel dalam berbagai bentuk

MASALAH APARTHEID DI AFRIKA SELATAN
• Penyusun teori Apartheid : Presiden Francois Malan berkuasa thn 1947-1954 dia mengajarkan bahwa setiap ras mempunyai panggilan tertentu dan harus memberkan sumbangan budaya pada dunia.
• Tokoh anti apartheid: Uskup Agung Desmont Tutu yang mendirikan United Democratic Front(UDF) dan Nelson Mandela pendiri Africa National Congress(ANC)
• Presiden F.W De Klerk adalah tokoh yang menghapus apartheid dari bumi Afrika Selatan.

PERKEMBANGAN DI BEKAS YUGOSLAVIA
 Joseph Broz Tito adalah pendiri negara sosialis Yugoslavia yang terdiri dari enam kelompok etnis yaitu Serbia, Kroasia, Slovenia, Montonegro, Macedonia, dan Bosnia.
 Faktor penyebab pecahnya Yugoslavia:
a. Faktor etnik
b. Penyelewengan resolusi 1974
c. Krisis ekonomi
d. Krisis Kosovo
e. Konflik Serbia dan Bosnia

KERJA SAMA UTARA SELATAN
 Negara kelompok Selatan adalah sebutan negara-negara berkembang yang terletak di belahan dunia bagian selatan (dunia ketiga). Disebut juga kelompok 77.
 Negara kelompok utara adalah sebutan bagi negara-negara yang maju atau negara industri yang terletak di belahan dunia bagian utara. Di sebut juga Kelompok 7
 Dalam hubungan utara selatan terjadi ketidakberimbangan yang disebabkan:
a. Negara berkembang terbebani utang yang besar dan bunga yang tinggi
b. Produk ekspor negara berkembang sulit menembus pasar di negara maju



baca selengkapnya ( klik ) di sini...

Senin, 15 Februari 2010

wanita suka menangis, kenapa ?


AIR MATA WANITA

ada 5 alasan kenapa wanita suka menangis :
1. Saat teringat sesuatu
Teringat kenangan masa silam baik itu menyenangkan atau menyedihkan tentunya pernah dialami setiap orang. Reaksinya pun akan

berbeda-beda jika mengingat kenangan tersebut. Khususnya bagi kaum hawa, jika teringat kenangan manis, biasanya Ia akan tersenyum sambil mencoba kembali kemasa itu, tetapi jika teringat hal yang menyedihkan sikapnya pun bisa berubah secara tak terduga, entah itu marah atau sedih, tergantung dari situasi pada kala itu.
2. Ketika Marah
Saat marah wanita kecenderungan untuk berteriak, cemberut, bersikap atau berkata kasar sampai menangis bisa saja terjadi. Hal itu kadang membuat orang disekitarnya dan terutama sang pacar ikut terkena imbas dari amarahnya. Jika sudah dalam situasi demikian, biasanya wanita ingin sekali diperhatikan, didampingi dan didengarkan keluhannya oleh orangtua, teman dan terutama pacar. Dengan cara itulah yang bisa menurunkan amarahnya karena wanita merasa memiliki kekuatan dari orang-orang yang bisa mengerti situasinya
3. Faktor hormon
Memasuki saat Pra menstruasi atau PMS, wanita cenderung sering bersikap yang tidak biasanya, seperti sering marah-marah, sulit mengatur emosi dan sangat sensitif dengan hal-hal yang bersinggungan dengan perasaan. Maka dari itu wanita yang sedang mengalami saat pra menstruasi kadang tidak bisa mengontrol tingkat emosinya dan seketika meledak dan membuat si pria kebingungan menghadapi sikap tersebut.

4. Ingin memanipulasi keadaan
Rasa bersalah atau malu seringkali diungkapkan oleh wanita dengan menangis, hal ini dilakukan semata-mata untuk menarik rasa simpati dan usaha untuk menutupi kesalahan dari sang kekasih agar tidak marah atau kecewa dengan dirinya. Memang hal ini bisa dibilang tidak mencerminkan sikap kedewasaan didepan pria, namun sebagian wanita yang menjalin hubungan dengan pria, menganggap cara ini cukup efektif untuk mendapatkan maaf atau sekedar bermanja-manja dengan kekasihnya.

5. Perasaan Emosi
Saat air mata bukan menjadi alasan faktor PMS atau manipulasi, barangkali faktor emosilah yang berperan saat wanita sedang diliputi emosi. Banyak faktor yang menyebabkan wanita merasa emosi seperti frustasi, sakit hati atau masalah lainnya yang melibatkan perasaan. Saat perasaan emosi wanita sedang memuncak dan tidak menemukan tempat untuk mencurahkan isi hatinya, biasanya menangis menjadi solusi yang dipilih untuk melepaskan rasa sesak pada perasaannya.
baca selengkapnya ( klik ) di sini...

Jumat, 12 Februari 2010

Manusia Purba


KEHIDUPAN AWAL MASYARAKAT PRA SEJARAH

STANDAR KOMPETENSI :
Mendeskripsikan prinsip dasar ilmu sejarah dan perkembangan kehidupan masyarakat Indonesia.
KOMPETENSI DASAR :
Menganalisis kehidupan awal masyarakat di Indonesia.
1. Mengidentifikasi jenis-jenis manusia

purba dan hasil budayanya diIndonesia berdasarkan bukti arkeologis
2. Menyusun secara kronologis perkembangan biologis manusia Indonesia.
INDIKATOR :
JENIS-JENIS MANUSIA PURBA DI INDONESIA
• MEGANTHROPUS PALEOJAVANICUS :
Penemu :von koeningswald di sangiran tahun 1936 & 1941
• PITHECANTHROPUS ERECTUS
Penemu :Eugene Dubois di Trinil tahun 1891
* PITHECANTHROPUS MODJOKERTENSIS
Penemu :von koeningswald di modjokerto tahun 1936, 1939
* PITHECANTHROPUS DUBIUS
Penemu : V. Koenigswald Di Sangiran, 1939
* HOMO WAJAKENSIS
• Penemu:Rietschoten,Eugene Dubois Di Campurdarat,Tulungagung(Jatim)Tahun 1889

Tabel Hasil Penemuan :
Tahap Tahun Peneliti Tempat Hasil Temuan
I 1889-1909 Eugene Dubois
Ny. Selenka Trinil

Trinil Pithecanthropus Erectus
Fosil hewan & tumbuhan
II 1931-1941 Von Koeningswald
Teer Haar
Oppernoorth Ngandong

Mojokerto
Sangiran
Wajak Homo Soloensis

P. Mojokertensis
M. Paleojavanicus
III 1952-skrg Badan Paleo antropologi
Pimpinan Teuku Jacob Sangiran
Sambung-macan Temuan yg sekarang ada di museum Sangiran

PETA PENYEBARAN & ENEMUNYA

manusia purba hidup di lembah sungai, seperti sungai benawan solo, sungai berantas. hal tersebut tentu bukan kebetulan tetapi dilatar belakangi oleh beberapa faktor.

EVOLUSI MANUSIA PURBA JENIS HOMO

EVOLUSI SIKAP TUBUH DAN CARA BERGERAK
perhatikan sikap tubuh dan cara bergerak mulai dari manusia yang terprimitif sampai yang termodern

EVOLUSI TENGKORAK
Evolusi tengkorak meliputi volume otak, bentuk tengkorak

EVOLUSI BAHASA
isyarat
tertata

PEMBAGIAN KERJA
menurut gender
keahlian

ORGANISASI SOSIAL
berkelompok
individual
baca selengkapnya ( klik ) di sini...

Rabu, 10 Februari 2010

materi sejarah klas X


SEJARAH KELAS X
SEMESTER I

STANDAR KOMPETENSI
Memahami prinsip dasar ilmu sejarah
KOMPETENSI DASAR
Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup ilmu sejarah

INDIKATOR
1.Menjelaskan pengertian sejarah
a. Secara etimologi

b. pendapat para ahli
c. Secara harfiah
2. Menjelaskan 3 ciri utama sejarah

MATERI PEMBELAJARAN
1. Pengertian sejarah
a. Secara etimologi ( asal usul kata ) Kata sejarah berasal dari bahasa Arab, Syajarotun
yang berarti pohon. Pohon yang dimaksud adalah silsilah, atau bagan asal-usul keturunan.
Dalam bahasa Inggris disebut history
Dalam bahasa Yunani Istoria yang berarti ilmu atau sebagai pengkajian terhadap segala
sesuatu mengenai manusia secara Kronologis
Dalam bahasa Jerman disebut geschichte yang artinya sesuatu yang telah terjadi
b. Pendapat para ahli tentang sejarah
1. Ibnu Khaldun
Sejarah sebagai catatan tentang masyarakat umat manusia atau peradaban dunia
tentang perubahan perubahan yang terjadi pada watak masyarakat itu.
2. Herodotus ( Bapak Sejarah dunia )
Sejarah tidak berkembang ke arah depan dengan tujuan pasti melainkan bergerak
seperti garis lingkaran yang tinggi rendahnya diakibatkan oleh keadaan manusia
3. W.J.S Poerwadarminta
• Sejarah sebagai
• 1). Kesustraan lama, silsilah, asal usul
• 2). Kejadian dan peristiwa yang benar benar terjadi pada masa lampau
• 3). Ilmu Pengetahuan, cerita pelajaran tentang kejadian yang benar benarterjadi pada masa
lampau
4. Moh. Ali
1). Sejumlah perubahan, kejadian kejadian dan peristiwa dalam kenyataan sekitar kita
2). Cerita tentang perubahan, kejadian,peristiwa yang realita
3). Ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan, kejadian peristiwa yang merupakan
realitas tersebut
c. Pengertian sejarah secara harfiah
Ilmu pengetahuan yang mempelajari semua kejadian atau peristiwa pada masa lampau
dalam kehidupan umat manusia
2. Ciri ciri utama sejarah
1. Abadi
Peristiwa sejarah tidak berubah ubah dan tetap dikenang sepanjang masa
2. Unik
Peristiwa sejarah hanya terjadi sekali dan tidak pernah terulang untuk kedua kalinya
3. Penting
peristiwa sejarah dapat dijadikan momentum dan dapat menentukan kehidupan orang
banyak

INDIKATOR
Mendeskripsikan sejarah sebagai peristiwa, kisah, ilmu, dan seni

MATERI PEMBELAJARAN
• Sejarah sebagai Peristiwa, Yaitu :
Setiap peristiwa atau kejadian yang telah terjadi hanya sekali terjadi dan tidak mungkin
untuk di ulang lagi.
Contoh : Peristiwa pembacaan teks proklamasi.
* Sejarah sebagai kisah
Cerita atau kisah tentang sesuatu peristiwa yang telah terjadi.
• Sejarah sebagai Ilmu, karena memenuhi syarat keilmuan, yaitu :
a. ada masalah yang menjadi obyek
b. terdapat suatu metode
c. Tersusun secara sistematis
d. Kebenaran yang obyektif
e. Berdasarkan pemikiran yang rasional
* Sejarah sebagai Seni
Untuk menyusun cerita sejarah dibutuhkan kekuatan , antara lain :
a. Intuisi
b. Imajinasi
c. Emosi
d. Gaya Bahasa

INDIKATOR
Menjelaskan manfaat sejarah
• Manfaat sejarah dalam kehidupan Masyarakat, antara lain :
a. Edukatif
b. Memberi inspirasi
c. Memberikan kesadaran Waktu
d. membentuk rasa kebangsaan ( Nasionalisme )
e. Rekreatif dan estetis
f. Membentuk identitas nasional

INDIKATOR
Menjelaskan Pengertian sumber, bukti dan Fakta sejarah
• Pengertian :
a. Sumber sejarah adalah Bukti atau peninggalan peninggalan sebagai jejak jejak sejarah.
b. Bukti sejarah adalah hal hal yang memperkuat kenyataan bahwa sebuah peristiwa benar
benar telah terjadi
c. Fakta sejarah adalah sesuatu yang benar benar ada atau terjadi

INDIKATOR
Menjelaskan sumber dan Fakta sejarah
1. a . Sumber sejarah dilihat dari wujudnya
1). Tertulis
2). Lisan
3). Benda / Artefak
4). Rekaman
b. Sumber sejarah dilihat dari prioritas penggunaannya
1). Primer
2). Sekunder
3). Tertier
2. Fakta sejarah, terdiri atas :
a. Fakta Mental
b. Fakta sosial

INDIKATOR
Mendeskripsikan peristiwa 5 hari dan monumen tugu muda di Semarang
• a. Latar belakang
• b. Jalannya peristiwa
• c. Akibat peristiwa

INDIKATOR
Menyusun periodisasi dan kronologi sejarah Indonesia
• Pengertian Periodisasi sejarah, Yaitu Pembabakan berdasarkan tingkat perkembangan masa dalam sejarah
Periodisasi Indonesia, terbagi atas :
a. Zaman Prasejarah
b. Zaman Proto
c. Zaman Sejarah, terbagi atas
1). Indonesia kuno
2). Indonesia Madya
3). Indonesia Modern

Pengertian Krnologi Sejarah
• a. Secara etimologi kata Kronologi terdiri atas chonos artinya Waktu logos artinya ilmu
b. secara harfiah berarti ilmu tentang waktu
Dalam ilmu sejarah berarti penentuan urutan waktu terjadinya suatu peristiwa.

Contoh Kronologi sejarah
Orang Eropa di Indonesia
• Tahun Peristiwa Sejarah
1511 Portugis datang di Pasai
1512 Portugis menguasai Gowa
1596-7 Belanda mendarat di Banten
1602 VOC berdiri
1799 VOC bubar

KOMPETENSI DASAR
• 1.2 Mendeskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa Pra aksara
dan masa aksara

INDIKATOR
Mendeskripsikan cara masyarakat masa praaksara mewariskan masa lalunya
Cara masyarakat masa praaksara mewariskan masa lalunya, melalui :
• 1. Keluarga, antara lain tentang :
a. Adat istiadat
b. Cerita atau dongeng
2. Masyarakat, antara lain :
a.Nilai moral keagamaan
b.Adat istiadat
c.Lagu, mantra dsb.

INDIKATOR
Mengidentifikasi jejak sejarah di dalam folklore, mitologi, legenda, upacara, dan nyanyian rakyat dari berbagai daerah di Indonesia

Folklore, Mitologi, Legenda, Upacara, dan Nyanyian Rakyat

Folklore,adalah bagian dari sastra lisan yang berisi cerita kisah, adat istiadat, keagamaan, upacara
ritual dan pengetahuan rakayat daerah tertentu yang diwariskan secara lisan dan turun
temurun.
Bentuk folklore :
a.Lisan, terdiri atas : Bahasa, teka teki, puisi dan cerita rakyat
b.Bukan lisan terdiri atas : arsitektur, kerajinan, pakaian, perhiasan dan obat obatan tradisional

Mitologi / Mite
Mitologi / Mite, Yaitu cerita tentang dongeng dongeng suci, kehidupan para Dewa, mahluk halus
dan dianggap benar benar ada dan terjadi.

Legenda, dongeng dan upacara adat
• Legenda, cerita tentang terbentuknya suatu daerah.
• Dongeng, cerita rakyat yang tidak dianggap benar benar terjadi dan bersifat hiburan.
• Dongeng, terdiri atas Fabel dan biasa
• Upacara adat bertujuan mencari hubungan dengan Tuhan,para Dewa dan mahluk halus yang mendiami alam gaib.
• Contoh : Upacara Mitoni, sekaten, Larung sesaji laut, Mutilasi dsb.
Nyanyian Rakyat / Folksong
• Salah satu bentuk Folklore yang terdiri dari kata kata dan lagu yang beredar secara lisan.
• Macam folksong :
a.Berdasarkan materinya, lagu anak,umum dan religius
b.Berdasarkan fungsinya,Pelipurlara,pembangkit semangat dan untuk memelihara sejarah
setempat
c.Nyanyian berkisah, Epos dan Balada

INDIKATOR
Mendeskripsikan cara masyarakat masa Aksara mewariskan masa lalunya melalui tulisan
Cara masyarakat masa Aksara mewariskan masa lalunya,melalui :
1. Prasasti
2. Kitab
3. Dokumen

KOMPETENSI DASAR
1.3 Menggunakan prinsip prinsip dasar penelitian sejarah

INDIKATOR
a. Mendeskripsikan langkah langkah dalam penelitian sejarah
b. Membedakan arti Heuristik, Verifikasi, Interpretasi dan Historiografi
langkah langkah dalam penelitian sejarah
1. Heuristik
2. Verifikasi
3. Interpretasi
4. Historiografi
Perbedaan antara
1. Heuristik artinya menemukan,mencari dan mengumpulkan sumber sejarah.
2. Verifikasi artinya melakukan uji kebenaran atau kritik sumber.
3. Interpretasi artinya penafsiran terhadap sumber sejarah setelah diseleksi
4. Historiografi artinya penulisan sejarah

INDIKATOR
Mendeskripsikan prinsip prinsi dasar penelitian sejarah lisan

Sejarah lisan pada dasarnya tentang peristiwa sejarah masa lampau yang disampaikan secara
lisan dari suatu generasi ke generasi.

Ada 5 faktor yang mendukung penelitian sejarah lisan, antara lain :
a. Sumber berita dari pelaku sejarah
b. Sumber berita dari saksi sejarah
c. Tempat peristiwa sejarah
d. Latar belakang munculnya peristiwa sejarah
e. Pengaruh dan akibat peristiwa sejarah
Disamping itu penelitian sejarah lisan ada kelebihan dan kekuarangannya.
Tahap tahap penelitian yang harus dilakukan, antara lain :
1. Perencanaan penelitian / proposal
2. Pelaksanaan penelitian
3. Penyusunan lapora

baca selengkapnya ( klik ) di sini...

Minggu, 07 Februari 2010

PERISTIWA RENGAS DENGKLOK


Peristiwa Rengas Dengklok
Standar Kompetensi
2. Merekonstruksi perjuangan bangsa indonesia sejak masa Proklamasi hingga lahirnya orde baru
Kompetensi Dasar
2.1.Merekonstruksi perkembangan masyarakat Indonesia sejak Proklamasi hingga Demokarasi Terpimpin
Indikator
 Menjelaskan latar belakang terjadinya peristiwa Rengas Dengklok
 Menjelaskan hubungan peristiwa Rengas Dengklok dengan Perumusan naskah Proklamasi
 Menjelaskan proses perumusan naskah proklamasi

Peristiwa Rengas Dengklok
 Latar Belakang
Perbedaan pendapat antara golongan tua dengan muda
- Golongan Tua
Kemerdekaan harus dilaksanakan melalui revolusi yang terorganisir, maka akan
dibicarakan dulu dengan PPKI
- Golongan Muda
Kemerdekaan adalah hak rakyat Indonesia dan tidak tergantung bangsa lain
Hubungan PRD – Perumusan Naskah Proklamasi
Dengan PRD, maka terjadi kesepakatan antara golongan tua dan golongan muda untuk merumuskan dan melaksanakan Proklamasi
Proses Perumusan Naskah Proklamasi
 Tempat : Rumah Laksamana Maeda
 Perumus : Ir.Soekarno, Drs.Hatta, Ahmad Subardjo
 Saksi : Sukarni, BM Diah, Sudiro
 Pengetik : Suyuti Melik
 Hasil :
- Naskah Proklamasi ditanda tangani Soekarno-Hatta atas
nama bangsa Indonesia
- Pembacaan Proklamasi dilaksanakan Tgl 17-8-1945 di
Jl.Pegangsaan Timur No.56 Jakarta Jam 10.00 WIB

baca selengkapnya ( klik ) di sini...

PERANG DUNIA II


PENDAHULUAN
Dimulai tahun 1939 – 1945
Blok Sentral & Blok Sekutu
Periode Jalannya PD II :
1. Periode Permulaan ( 1939 – 1942 )
2. Turning Point /saat – saat membalik (1942)
3. Periode Terakhir ( 1943 – 1945 )

LAHIRNYA NEGARA TOTALITARIAN
1. Fascisme Italia
2. Naziisme Jerman
3. Militerisme Jepang
SEBAB – SEBAB PERANG

1. Sebab Umum
* Kegagalan Liga Bangsa – Bangsa Menjalankan Tugasnya
* Munculnya Politik Aliansi
* Kekacauan Bidang Ekonomi MenyebabkanTimbulnya Pemerintahan Diktaktor
* Munculnya Nasionalisme Berlebihan
* Munculnya Paham – Paham Baru
* Munculnya Politik Agresi Militer
* Jerman Tidak Mengakui Lagi Perjanjian Versailles
* Cita – Cita Jerman Membalas Kekalahan pada Perang Dunia I
2. Sebab Khusus
- Serangan Jerman atas Polandia tanggal 1 September 1939 mengawali pertempuran
di front Eropa dan Afrika Utara
- Serangan Jepang terhadap pangkalan angkatan laut Amerika Serikat di Pearl
Harbour, Hawai tanggal 7 Desember 1941 mengawali pertempuran di Front Pasifik
JALANNYA PERANG
Tahun 1939
a. 1 September 1939 Jerman menyerbu Polandia
b. 3 September Inggris dan Prancis mengumumkan perang kepada Jerman
Tahun 1940
1) 9 April, pasukan Jerman menyerbu Denmark dan Norwegia
2) 10 Mei, Pasukan Jerman menyerbu Belgia dan Belanda
3) 10 Juni, Italia mengumumkan perang kepada Inggris dan Prancis
4) 13 Juni, Paris jatuh ke tangan Jerman, Prancis menyerah dan Daerahnya dibagi
2 yaitu bagian utara dikuasai Jerman dan bagian selatan dikuasai Jendral Henry
Philippe Petain. AL Prancis direbut Inggris
5) 22 Juni, Prancis menandatangani gencatan senjata dengan Jerman
6) 10 Juli, Pertempuran Britain dimulai
7) 27 September, Jerman, Italia dan Jepang bersatu dalam perjanjian 3 negara
membentuk poros Roma-Berlin-Tokyo
Tahun 1941
i. Tentara Jerman menyerbu Balkan sampai ke Pulau Kreta. Rumania dan Bulgaria
memihak Jerman. Tentara Italia dipukul mundur di Afrika bagian utara oleh
Inggris. Tentara Jerman di bawah Erwin Rommel menyerbu Afrika
ii. 6 April, pasukan Jerman menyerang Yunani dan Yugoslavia
iii. 13 April, Rusia dan Jepang mengadakan perjanjian non-agresi
iv. 22 Juni, Jerman menyerang Uni Soviet, Jerman terpaksa mengurangi
kekuatannya di front barat dalam menghadapi Sekutu. Oleh sebab itu, Inggris
terbebas dari serangan AU Jerman dan menang dalam The Battle of Britain
v. 8 September, pasukan Jerman memblokade yang berlangsung sampai Januari
1944
vi. 7 Desember, Jepang menyerang Pearl Harbour, Hawaii ( awal perang Pasifik )
vii 8 Desember, AS, Inggris, Kanada mengumumkan perang kepada Jepang
Tahun 1942
a) 15 Februari, Singapura jatuh ke tangan Jepang
b) 26 – 28 Februari, armada laut Jepang mengalahkan kekuatan laut Sekutu dalam Pertempuran Laut Jawa
c) 9 April, pasukan AS dan Filipina menyerah di semenanjung Bataan
d) 18 April, armada udara AS membom Tokyo dalam Serangan Doolitle
e) 4 – 8 Mei, armada laut Sekutu membendung serangan Jepang dalam Pertempuran Terumbu Karang
f) 4 – 6 Juni, pasukan Sekutu mengalahkan Jepang dalam Pertempuran Midway
g) 7 Agustus, pasukan marinir AS mendarat di Guadalcanal
h) 25 Agustus, Hitler memerintahkan pasukannya merebut Stalingrad
i) 23 Oktober, pasukan Inggris menyerangkedudukan pasukan Sentral di El Alamein, Mesir
j) 8 November, pasukan Sekutu mendarat di Aljazair dan Maroko
k) 12 November, Jerman dipukul mundur dalam Pertempuran di el-Alamein di muka Alexandria oleh Jendral Montgomery
Tahun 1943
1) 2 Februari, pasukan Jerman menyerah di Stalingrad
2) 13 Mei, pasukan Sentral di Afrika Utara menyerah
3) 4 Juli, pasukan Jerman menyerang kota Kursk, Uni Soviet
4) 10 Juli, pasukan Sekutu menyerang Sicilia
5) 3 September, Italia menyerah kepada Sekutu
6) 9 September, Pasukan Sekutu mendarat di Salerno, Italia
7) 20 November, pasukan AS menyerang Tarawa
Tahun 1944
I. 1 Mei, Italia menyerah pada Sekutu yang dipimpin oleh Jenderal Eisenhower
II. 6 Juni, pasukan Sekutu mendarat secara besar – besaran di Normandia, Prancis.
Peristiwa itu terkenal dengan sebutan D-Day
III. 19 – 20 Juni, AL AS mengalahkan Jepang dalam Pertempuran Filipina
IV. 18 Juli, PM Tojo mengundurkan diri
V. 20 Juli, persekongkolan untuk membunuh Hitler mengalami kegagalan
VI. 24 Agustus, Rumania menyerah kepada Rusia, diikuti Bulgaria. Prancis berhasil
direbut AS
VII. 2 September, Belgia dibebaskan oleh AS
VIII 8 September, Yugoslavia dibebaskan bersama dengan pasukan gerilyanya IX. 20 Oktober, pasukan Sekutu mendarat di Filipina
X. 23 – 26 Oktober, pasukan Sekutu menghancurkan armada laut Jepang dalam
Pertempuran Teluk Leyte di Filipina
XI. 16 Desember, pasukan Jerman menyerang pasukan AS dalam pertempuran Bulge
Tahun 1945
a. 13 Februari, Hongaria menyerah kepada USSR
b. 16 Maret, pasukan marinir AS merebut Iwo Jima
c. 30 April, Hitler bunuh diri di Berlin
d. 7 Mei, Jerman menyerah tanpa syarat di Reims, Prancis. Peristiwa itu mengakhiri
PD II di Eropa
e. 21 Juni, pasukan marinir AS merebut Okinaw
f. 6 Agustus, bom atom dijatuhkan di Hiroshima
g. 8 Agustus, Uni Soviet mengumumkan perang kepada Jepang
h. 9 Agustus, bom atom dijatuhkan di Nagasaki
i. 14 Agustus, Jepang menyerah tanpa syarat
j. 2 September, Jepang menandatangani penyerahan di kapal perangU.S.S. Missouri
di Teluk Tokyo
PERJANJIAN – PERJANJIAN PERDAMAIAN
 Perjanjian Perdamaian Sekutu dengan Jepang (1945) di Jepang
 Perjanjian Perdamaian Sekutu dengan Italia (1945) di Paris
 Perjanjian Perdamaian Sekutu dengan Austria (1945) di Austria
 Perjanjian Perdamaian Sekutu dengan Hongaria, Bulgaria, Rumania, Finlandia (1945) di Paris
AKIBAT PD II
Sektor politik
Sektor ekonomi
Sektor sosial
Sektor kerohanian
baca selengkapnya ( klik ) di sini...

Sabtu, 06 Februari 2010

MERKANTILISME


PAHAM-PAHAM BARU DAN PERISTIWA – PERISTIWA PENTING MASA IMPERIALISME KUNO SAMPAI AWAL IMPERIALISME MODERN

MERKANTILISME :
suatu paham atau politik ekonomi dengan tujuan utama mengumpulkan emas dan perak ke dalam kas negara

ciri – ciri negara eropa penganut paham merkantilisme abad ke – 16 dan 17


1. Negara ikut campur dalam perkembangan perekonomian (etatisme)
2. Meningkatkan industri dalam negeri dengan sasaran eksport
3. Mencegah masuknya hasil industri dari negara lain dengan mengenakan bea masuk
tinggi (proteksionisme)
4. Hanya mengijinkan import bahan mentah/bahan baku dari negara-negara produsen
yang dikuasai secara tunggal (monopoli perdagangan)
5. Mencari negeri-negeri dengan kekayaan alam yang tinggi sebagai daerah
koloni/penjajahan

kebijakan pemerintah kolonial di indonesia pada abad ke – 19 dan abad ke – 20
• KEDATANGAN BELANDA KE INDONESIA SAMPAI TERBENTUKNYA VOC :
1. Latar belakang kedatangan Belanda
yaitu dipersatukannya Spanyol dan Portugis mengakibatkan Belanda tidak dapat
mengambil rempah-rempah dari Lisabon yang dikuasai Spanyol
2. Perjalanan Belanda ke Indonesia
a. Tahun 1595 - Harapan – Banten
b. Tahun 1598 - Jacob van Neck - Maluku
3. Terbentuknya VOC
a. Berdiri tahun 1602
b. Tujuan :
- menghindari persaingan tidak sahat antar pedagang Belanda untuk keuntungan
maksimal
- memperkuat posisi Belanda dalam menghadapi persaingan bangsa eropa
dengan bangsa Asia
- membantu dana pemerintah Belanda yang sedang berjuang menghadapi Spanyol

Hak-hak istimewa VOC
• Monopoli perdagangan
• Mencetak dan mengedarkan uang
• Mengangkat dan memberhentikan pegawai
• Mengadakan perjanjian dengan raja-raja
• Memiliki tentara untuk mempertahankan diri
• Mendirikan benteng
• Menyatakan perang dan damai
• Mengangkat dan memberhentikan penguasa –penguasa setempat

baca selengkapnya ( klik ) di sini...

Praktek Kolonialisme Belanda


CULTURE STELSEL

VAN DEN BOSCH

latar belakang :
 kas negara kosong yang disebabkan adanya perang
 disebabkan banyaknya hutang yang ditanggung belanda
 pemasukan uang dari penanaman kopi tidak banyak

Pengertian Cuulture Stelsel (Tanam Paksa) :

PRIBUMI DIWAJIBKAN

MENANAM SUATU JENIS TANAMAN YANG BERLAKU DI PASARAN EROPA

Aturan-aturan Tanam Paksa :
 1/5 tanah pribumi harus ditanami tanaman yang sudah ditentukan pemerintah belanda (lada,cengkeh,dll)
 gagal panen ditanggung oleh pemerintah
 hasil panen diserahkan kepada pemerintah
 bagi pribumi yang tidak mempunyai lahan dipekerjakan di perkebunan/pabrik milik pemerintah selama 65 hari setiap tahun
 pekerjaan yang diperlukan untuk menanam tidak boleh melebihi pekerjaan menanam padi

Pelaksanaan :
 Tanah yang disediakan tidak hanya 1/5 bahkan lebih dari itu
 Pengerjaan tanaman melebihi tanaman yang diwajibkan
 Kegagalan panen ditanggung rakyat
 Kelebihan hasil panen tidak dikembalikan rakyat

Akibat Tanam Paksa
Bagi Belanda
Meningkatnya hasil tanaman eksport
Belanda mendapat keuntungan Besar
Pelayaran berkembang pesat

Bagi Indonesia
Kemiskinan dan penderitaan merajalela
Banyak timbul penyakit
Beban pajak berat
Pribumi mengenal tanaman eksport

Reaksi Tanam Paksa :
 Rakyat Indonesia banyak yang melawan
 Kaum pengusaha/kapitalis di negari Belanda menentang tanam paksa
 Kaum humanis Belanda menentang pelaksanaan tanam paksa

baca selengkapnya ( klik ) di sini...